Sejuta Manfaat Daun Sirsak yang Ajaib, Mak Harus Tau

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai banyak manfaat dari daun sirsak ini mari kita lihat lebih dekat apa saja kandungan yang terdapat dalam daun sirsak ini. Daun dari buah yang dikenal dengan nama sirsak atau ada juga yang menyebutnya nangka Belanda, atau durian Belanda yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan ini.

Tumbuhan yang bernama latin Annona Muricata ini memiliki kemampuan untuk beregenerasi secara cepat. Sehingga ketika daunnya dipetik maka akan tumbuh kembali daun tepat pada pangkal daun yang dicabut tersebut. Sehingga selama pohon sirsaknya tetap hidup Anda bisa terus memanfaatkan buah daunnya yang terkenal memiliki banyak manfaat ini.

Ada 3 Kandungan inti dari daun sirsak ini:

  1. Lactones

Terdiri dari Annohexocina, Annomuricina A,B, C, dan E, Annomutacina, Annopentocinas A, B, dan C, Muricoreacina,Gigantetronemina, Murihexocina A dan C, dan Javoricina.

  1. Isoquinoline, terdiri dari Anonaine, Anoniine, Atherospermine, dan Coreximine.
  2. Lipid, Terdiri dari senyawa Asam Gentisic, Asam Lignoceric, CLA, dan Asam Stearat.

Manfaat Daun Sirsak Kering

Daun sirsak kering adalah sebuah subjek penelitian yang dilakukan Solaksono Sastrodiharjo bersama dengan Dr. Jerry Mc. Laughin. Seorang professor dalam bidang entomology yang berasal dari Indonesia, dan proffesor asal Amerika. Penelitian yang cukup memakan waktu karena manghabiskan waktu kurang lebih 2 tahun.

Untungnya, hasil penelitian tersebut membawa kabar baik yang menjadi kabar baik juga untuk semua orang di dunia, terutama mereka atau orang yang mereka sayangi yang mengidap kanker. Karena ternyata, dari hasil penelitian lebih lanjut mengenai manfaat daun sirsak kering ini mampu melawan 12 jenis kanker. Senyawa-senyawa aktif yang berperan diantaranya yaitu Anopentosin A, B, dan C, Murikatosin Acetoginin A, Murikapetosin B, Murikapetosin, Anomusirin E dan Acetoginin.

Mengingat manfaat dari daun sirsak yang sangat banyak tersebut. Pengeringan adalah salah satu pilihan yang bisa diambil. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang sama namun lebih efisien karena lebih awet, terhindar dari jamur, lebih mudah dan praktis untuk digunakan. Bahkan kapanpun Anda butuhkan Anda akan lebih mudah untuk memperoleh khasiatnya. Cukup seduh dengan air panas maka senyawa-senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh bisa aktif kembali dan dapat langsung dimanfaatkan.

Tidak harus menunggu lama atau bahkan puluhan menit untuk bisa merasakan khasiat dari ekstrak daun sirsak, tapi cukup 3-5 menit saja. Hanya saja untuk mengubah daun sirsak menjadi bubuk untuk menjadikannya sebagai serbuk yang siap seduh untuk diambil khasiatnya. Mengubah 80% daun sirsak alami menjadi tersisanya ektraknya saja sebanyak 20% yang betul-betul bisa dimanfatkan untuk pencegahan berbagai penyakit serta pengobatan. Tentunya untuk mengambil bnyaknya manfaat dari daun sirsak ini.

Ada 3 teknik pengeringan yang dapat dilakukan untuk mengambil manfaat dari daun sirsak kering ini:

Metode Through Drying

Pengeringan daun sirsak dilakukan dengan menggunakan tekanan udara. Biasanya dilakukan di pabrikan. Ini adalah cara yang paling baik untuk menmastikan khasiat dari daun sirsak diperoleh secara optimal. Alasannya tentu karena hasilnya lenih sempurna. Kita mendapatkan serbuk daun sirsak yang higyenis dengan lebih cepat dan mudah. Hanya saja alatnya cukup mahal hingga hanya mereka yang memiliki modal besar saja yang sudah tentu bisa mengupayakannya sebagaiĀ  modal usaha.

Daun sirsak kering yang didapat benar-benar sudah tidak lagi mengandung air. Dengan begitu tahan lebih lama karena jamur enggak untuk tumbuh pada zat yang kering. Artinya, serbuk daun sirsak bisa disimpan dengan baik tanpa harus khawatir terena jamur, dan lebih awet.

Pengeringan Menggunakan Oven

Cara yang kedua ini tentunya lebih mungkin untuk Anda lakukan sendiri di rumah. Asalkan Anda memiliki oven dengan teperatur yang bisa diukur. Hal ini tentunya dilakukan agar pengeringan yang dilakukan tidak merusak kandungan senyawa-senyawa penting dan bermanfaat yang terdapat di dalam daun sirsak. Pun dengan berbagai enzim penting yang terdapat dalam daun sirsak itu sendiri.

Ada beberapa hal yang penting yang harus diperhatikan dalam pemanasan daun sirsak dalam oven ini:

  1. Gunakan alumunium foil sebagai alas ketika kita akan melakukan pengeringan daun sirsak ini pada oven. Hal ini dilakukan untuk menjaga kandungan dari daun sirsak.
  2. Panaskan Oven hingga mampu bertahan dalam suhu 58 derajat celcius, tidak boleh lebih dari 60 derajat celcius. Hal ini dilakukan untuk menjaga bahan kimia aktif dan berbagai enzim yang terdapat dalam daun sirsak tetap aman meskipun dilakukan pemanasan.
  3. Susun daun sirsak dengan rapi dan teratur. Sebanyak-banyaknya asalahkan tidak sampai berumpuk lebih dari 3. Selain untuk mendapatkan pemanasan yang merata juga untuk efisiensi bahan bakar, baik listrik maupun gas.
  4. Matikan oven jika daun sirsak sudah terlihat menguning tiriskan lalu ubah bentuknya hingga menjadi serbuk dan siap untuk disimpan dalam toples dan digunakan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan atau bahkan setiap hari untuk perawatan rutin.

Pengeringan Alami dengan cara Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Teknik ini adalah teknik yang paling sederhana dan mudah hingga semua orang sudah pasti bisa melakukannya. Cara pengeringan adalah dengan cara tradisional dan paling alami karena tanpa menggunakan alat apapun untuk mempercepat proses pengeringan daun sirsak. Tentunya hanya dengan mengandalkan panas dari sinar matahari. Sumber energi alami dari alam yang bisa mengeringkan daun sirsak secara alami.

Caranya yaitu dengan menjemur daun-daun sirask yang masih muda di bawah sinar matahari. Berkebalikan dengan cara pengeringan dengan cara dioven, untuk pengeringan di bawah sinar matahari justru bagian atas daun sirsak yang harus dilindungi agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Caranya yaitu dengan menutup bagian atas dari daun sirsak dengan kain. Tujuannya tentu agar kandungan senyama dan enzim bermanfaat yang terdapat dalam daun sirsak tidak rusak.

Jika daun sudah terlihat kaku dan kecoklatan barulah diangkat dan dibuat serbuk dengan cara ditumbuk. Walalupun hasilnya tidak sehalus menggunakan Throght dry atau oven namun tidak mengurangi khasiatnya. Alasannya tentu karena bubuk daun sirsak yang telah ditumbuk tersebut wujudnya sudah mendekati ekstrak murni daun sirsak. Hingga untuk menggunakannya Anda cukup menyeduhnya saja seperti menyeduh teh.

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Banyak sekali manfaat daun sirsakĀ  ini dalam bidang kesehatan. Inilah beberapa khasiat yang memang sudah terbukti dari daun sirsak ini:

  1. Daun sirsak mampu mengobati diabetes serta menjaga pankreas agar bisa tetap bekerja dengan baik. Tentunya dengan melindungi pankreas agar selalu aktif hingga tetap berfungsi untuk menghasilkan enzim-enzim yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan begitu fungsi organ bisa berjalan dengan baik.
  2. Daun sirsak, selain dapat mengobat penyakit yang menyerang hati manusia, bisa juga digunakan untuk merangsang regenerasi hati yang sudah rusak. Dengan begitu kondisi organ hati akan berangsur membaik hingga bisa bekerja optimal.
  3. Untuk kanker dan tumor sudah tentu menjadi salah satu obat herbal manjur yang sangat baik. Sudah banyak yang membuktikannya dan mendapatkan kesembuhan dari kanker dan tumor yang diderita. Bahkan mereka yang sudah berputus asa karena kemoterapi yang dilakukan tidak juga membuahkan hasil.
  4. Daun sirsak juga mampu menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan dari organ pencernaan. Sebut saja penyakit wasir, ambeien atau sering kita kenal dengan hemorroid.
  5. Daun sirsak juga menjadi sahabat bagi Anda yang bermasalah dengan kolesterol. Karena mengkonsumsi daun sirsak secara teratur mampu menjaga kadar kolesterol baik tetap dalam kadar yang tinggi.
  6. Mengkonsumsi ekstrak daun sirsak secara teratur juga dapat mengobati penyakit asam urat yang seringkali menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Pun dengan masalah pada persendian termasuk radang sendi yang menyakitkan.
  7. Daun sirsak kering juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kista pada kaum wanita. Penyakit yang serikngkali menjadi kendala untuk mereka yang ingin memiliki keturunan.
  8. Jika Anda atau kerabat Anda bermasalah dengan penyakit eksim maka daun sirsak kering juga bisa digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit eksim ini.
  9. Batu empedu yang menggumpal akan membahayakan dan sudah seharusnya dihancurkan atau dibuang. Daun sirsak ini ternyata juga bisa dijadikan solusi untuk menghancurkan batu empedu sehingga tidak beresiko menjadi ginjal.

Selain penyakit di atas masih banyak lagi manfaat dari daun sirsak kering yang bisa diperoleh termasuk untuk kecantikan, pengobatan berbagai penyakit fistula, diabetes, kelenjar getah benih, menurunkan darh tinggi, berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, vertigo, reumatik, untuk kesuburan bahkan untuk membasmi kutu rambut. Beberapa diantaranya akan dibahas lebih dalam dalam artikel ini. Jadi jangn sampai ada yang terlewatkan yah.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kolesterol

Kolesterol yang dianggap masalah bagi tubuh tiada lain yaitu kolesterol jahat atau yang dikenal dengan istilah LDL (Low Density Lipoprotein) yang berfungsi untuk mengangkat kolesterol dari hati menuju bagian terkecil tubuh kita yaitu sel-sel tubuh yang memang membutuhkan. Namun demikian, ketika jumlahnya terlalu banyak, maka LDL ini akan mengendap di bagian dinding-dinding arteri.

Pengendapan inilah yang akhirnya membuat masalah bagi tubuh karena menjadi sebab timbulnya beberapa penyakit di tubuh. Mulai dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, asam urat, diabetes atau bahkan stroke. Bahaya lainnya yaitu terjadinya kekurangan oksigen karena terhambatnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Pun ke bagian otak sehigga tubuh akan merasakan gejala mengantuk, mudah lelah, penurunan konsentrasi, sesak nafas, rasa berat di tengkuk, atau bisa juga timbul rasa pegal pada bagian pundak.

Akibat lain kelebihan kolesterol ini juga bisa menjadi penyebab utama tersumbatnya pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung atau bahkan anemia. Bisa juga membuat tubuh kita sering merasa kesemutan. Mereka yang memiliki koleterol berlebih biasanya juga memiliki berat badan yang berlebih. Penyebabnya tentu karena penimbunan lemak pada beberapa bagian di tubuhnya atau bahkan pada seluruh tubuhnya.

Nah, salah satu mafaat dari daun sirsak ini adalah membantu mengatasi kolesterol tinggi dengan cara menurunkan kadarnya. Terutama dengan kandungan anti oksidannya yang tinggi. Hasilnya akan membuat kolesterol dapat terkontrol dengan baik. Itulah sebabnya kelebihan kolesterol dapat ditanggulangi dengan baik. Bahakan mereka yang belum mengalami masalah kelebihan kolesterol juga mampu mencegah kelebihan kolesterol ini dengan rutin mengkonsumsi ekstrak dari daun sirsak ini.

Caranya yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sirsak yang sudah dibersihkan dalam segelas air hingga tersisa setengahnya saja. Jika sudah terasa hangat, segera konsumsi paling sedikit 2 kali setiap harinya secara rutin. Dengan begitu Anda dapat meraskan manfaat dari daun sirsak ini dalam membantu mengatasi permasalahan kolesterol berlebih di tubuh Anda.

Manfaat Daun Sirsak untuk Asam Urat

Sirak termasuk salah satu obat yang dicari untuk mengatasi penyakit asam urat. Untuk membuat obat Asam Urat ini. Kandungan acetogenin, annocatalin, asam getisic, caclourin, annomuricin, dan asam linoleat yang terdapat pada daun sirsak ini juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Tentunya dengan mengambil ekstrak dari daun sirsak ini dengan cara direbus.

Anda cukup merebus 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang sudah tua, namun masih hijau segar dalam 3 gelas air. Jangan lupa untuk mencuci daunnya terlebih dahulu sebelum direbus untuk memastikan tidak ada kotoran atau bahkan kuman yang menempel pada daun sirsak. Air yang digunakan untuk merebus sebaiknya adalah air mineral agar lebih higiyenis serta mengandung mineral penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

Jika rebusan daun sirsak tersebut sudah menjadi 1 gelas yang merupakan eksrak daun sirsaknya saja maka sudah bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk onat asam urat. Sebaiknya minum secara teratur pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker

Rupanya daun sirsak ini cukup terkenal sebagai obat untuk Kanker. Terutama karena kandungan Acetogenin-nya yang sangat kuat untuk melawan sel kanker. Acetogeninnya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap adriamycin. Itulah sebabnya ekstrak daun sirsak ini dianggap lebih baik sebagai salah satu cara untuk mengobati kanker. Terutama jika dibandingkan dengan kemoterapi yang selama ini selalu digunakan untuk salah satu pengobatan kanker.

Benjolan yang didiamkan tanpa dilakukan tindakan apapun sangat besar kemungkinan bertambah parah. Hingga akhirnya tanpa sadar Anda sudah mengidap penyakit kanker yang menjadi salah satu penyakit yang ditakutkan karena menjadi penyebab kematian. Terutama bagi mereka yang hidup di perkotaan yang sangat rentan dengan berbagai penyebab kanker. Mulai dari radikal bebas, makanan, gaya hidup, dan lain sebagainya.

Tidak jauh berbeda dengan proses yang dilakukan untuk mengobatiĀ  asam urat, untuk pengobatan Kanker juga dilakukan proses ektraksi untuk mendapatkan ekstrak dari daun sirsak ini. Caranya dengan menyeleksi daun sirsak yang sudah tua namun masih segar 6 hingga 10 lembar, tergantung ukurannya. Selanjutnya cuci sampai bersih dan rebus dengan air mineral sebanyak 3 gelas. Jika sudah mulai surut dan tersisa 1 gelas maka minum dalam keadaan hangat atau dingin. Lakukan secara teratur setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Daun Sirsak untuk Tumor

Kanker bisa diobati dengan daun sirsak, tentu tumorpun demikian. Karena antioksidan yang senyawa lain yang terdapat dalam daun sirsak ini rupanya memang sangat efektif untuk berperan sebagai anti tumor. Sebuah penyakit yang disebabkan tumbuhan neoplasma yang muncuk akibat regenerasi sel tubuh yang sifatnya tidak wajar.

Biasanya sel-sel tubuh baru akan muncul ketika ada sel-sel tubuh ada yang mati hingga akhirnya beregenerasi. Lain halnya dengan orang yang mengindap tumor. Sel-sel baru muncul padahal belum ada sel-sel tubuh yang sudah ada atau sudah lama mati. Sehingga akhirnya nampak benjolan yang tidak wajar. Untuk itu ketika terasa atau tampak gejala tersebut sebaiknya segera periksakan secara medis sebelum terlambat hingga akhirnya menjadi tumor ganas atau bahkan kanker.

Jika ternyata sudah positif tumor, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengobatan dengan segera. Biasanya pengobatan alternatif tentu akan menjadi pilihan utama. Terutama untuk orang-orang yang takut untuk dioperasi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan terapi herbal menggunakan daun sirsak ini. Namun lebih baik lagi jika tetap diawasi pihak medis untuk memastikan perkembangan tumornya hingga bisa dipastikan sudah sembuh.

Untuk membuat ramuan herbal untuk tumor ini sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan 10 hingga 14 helai daun sirsak tua yang masih segar dalam air sebanyak 600 cc. Tunggu hingga mendidih dan air surut menjadi 200 cc saja. Setelah itu tiriskan hingga bisa dikonsumsi. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Biasanya jika sudah dikonsumsi akan membuat penderita merasa keringat keluar lebih banyak, perut menjadi lebih hangat dan tentunya tubuh akan terasa lebih fit dibandingkan sebelumnya. Terutama jika terapi ini sudah dijalankan beberapa hari secara teratur.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kista Ovarium (Kesuburan)

Kista ovarium adalah salah satu jenis tumor yang berada di ovarium. Bedanya benjolan tersebut sifatnya dinamis, sehingga ia bisa berkembang pada ovarium yang memang hanya dimiliki oleh wanita seperti kita Mak. Wujudnya bisa berisi udara, cairan kental, atau bahkan jika sampai inveksi berisi nanah di dalamnya. Apabila sampai berbentuk padat maka kista ini sudah berbentuk kanker yang memrlukan penanganan lebih optimal dan serius.

Ada beberapa tips yang harus diketahui untuk mendapatkan manfaat optimal dari terapi menggunakan daun sirsak ini. Berikut tipsnya:

  1. Pilih daun sirsak yang sudah tua, tapi masih segar.
  2. Gunakan air mineral untuk merebus untuk mendapatkan kualitas air yang baik dan sehat, dan juga berbagai kandungan mineral penting yang juga dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Jika ada gunakan tembikar yang terbuat dari tanah liat untuk merebus daun sirsak. Alasannya tentu agar rasanya lebih bersahabat di lidah dan juga lebih alami.
  4. Cuci bersih daun sirsak dengan air mengalir hingga benar-benar bersih dan siap untuk direbus.
  5. Sebaiknya pilih daun sirsak yang lokasinya jauh dari polusi untuk memastikan kualitas daun sirsak yang belum terkontaminasi zat-zat berbahaya.
  6. Minum ekstrak daun sirsak ini secara teratur untuk mendapatkan khasiat dari daun sirsak ini. Bahan alami yang telah terbukti mampu mengobati berbagai penyakit seperti yang telah diuraikan dalam artikel ini.