Categories
Dapur

Cara Membuat Bakso Ikan Rumahan yang Enak

Cara membuat bakso ikan itu bagaimana, ya? Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara membuat bakso ikan yang enak, lembut, dan kenyal.

Jenis ikan yang saya gunakan pada resep ini adalah ikan nila. Namun, Anda pun dapat menggunakan jenis ikan lainnya yang memiliki daging berwarna putih dan tidak berduri banyak.

Diintip dulu, yuk: Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

cara membuat bakso ikanMembuat bakso ikan tidaklah serumit membuat bakso sapi. Untuk membuat bakso sapi yang super gurih dan kenyal, daging yang digunakan sebaiknya daging yang masih segar betul dan belum dibekukan. Jadi, daging sapi yang segar ini harus segera diolah menjadi bakso. Bisa saja sih, disimpan di freezer dulu, namun akan mempengaruhi rasanya. Selain itu, daging pun harus terbebas lemak dan urat agar dihasilkan tekstur yang halus.

Sementara, untuk membuat bakso ikan ini, daging ikan yang digunakan justru harus yang setengah beku. Supaya bakso yang dihasilkan kenyal. Jadi, jika Anda sudah memiliki ikan, namun belum sempat mengolahnya menjadi bakso, Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu di freezer.

Penting untuk dibaca: Merawat Kesehatan dan Kecantikan dengan Minyak Ikan

Mencetak adonan bakso ikan pada resep ini pun tidak terlalu merepotkan. Ini karena tekstur adonan yang tidak terlalu lembek sehingga dapat dipulung dengan mudah.

Selain itu, proses merebusnya pun tidak pakai repot. Cukup dicemplungkan pada air mendidih dan dimasak dengan api kecil saja. Ini karena adonan bakso ikan ini tidak mudah hancur.

Lalu, bagaimana bakso ikan yang dihasilkan? Rasanya enak dan gurih. Untuk rasa bakso ikan ini, jenis ikan yang digunakan tentu akan berpengaruh ya, Mak.

Sementara untuk teksturnya, lembut dan agak kenyal. Jika ingin menghasilkan bakso ikan yang lebih kenyal, Anda dapat menambahkan jumlah tepung sagu atau tapioka menjadi 150 gr serta putih telur menjadi 3 butir. Tentu jumlah bumbu-bumbu (garam, dll) pun ikut menyesuaikan.

Dicoba dulu yuk, resep bakso lainnya:

Nah, sekarang langsung saja kita intip cara membuat bakso ikan yang enak dan kenyal.


Cara Membuat Bakso Ikan

langkah-langkah membuat bakso ikanBahan

300 gr daging ikan nila filet setengah beku, dipotong-potong kecil  (dapat juga menggunakan ikan jenis lain yang dagingnya berwarna putih)

2 putih telur dingin (baru dikeluarkan dari lemari es)

1/2 sdt garam

1/2 sdt kaldu ayam bubuk

1/2 sdt gula pasir

1/4 sdt merica bubuk

100 gr tepung sagu atau tepung tapioka

Bumbu halus:

  • 3 bawang putih (digoreng utuh terlebih dahulu)
  • 3 bawang merah (digoreng utuh terlebih dahulu)

Pelengkap (opsional):

  • Sayuran rebus
  • Kuah bakso
  • Saus atau cabai bubuk

Cara membuat

  1. Siapkan air yang cukup banyak di dalam panci untuk merebus bakso, didihkan. Sementara itu, siapkan adonan bakso.
  2. Masukkan seluruh bahan (kecuali tepung sagu) ke dalam food processor atau blender, proses hingga halus. Jika menggunakan blender, proses penghalusan dapat dilakukan dalam beberapa tahap.
  3. Pindahkan adonan yang telah halus ke dalam mangkuk, tambahkan tepung sagu, aduk hingga rata. Adonan bakso siap dicetak. Tekstur adonan ini tidak terlalu lembek sehingga dapat dengan mudah dibentuk.
  4. Koreksi rasanya. Tambahkan garam atau bumbu lain jika perlu.
  5. Kecilkan api yang digunakan untuk merebus air.
  6. Ambil sekitar 1/2 sdm adonan atau disesuaikan dengan besarnya bakso yang diinginkan. Pulung adonan hingga berbentuk bola-bola kecil. Masukkan ke dalam air rebusan, lalu masak hingga mengapung.
  7. Angkat, lalu rendam dalam air es yang dicampur es batu hingga bakso dingin. Lalu, tiriskan.
  8. Bakso ikan siap dinikmati bersama pelengkapnya. Dapat juga dimasak menjadi bakso bakar ataupun hidangan lain.

Untuk kuah bakso, air rebusan bakso dimasak bersama kaldu ayam. Lalu, bumbui dengan bawang putih, bawang daun, garam, gula pasir, dan merica bubuk secukupnya.

Anda pun dapat membuat kuah bakso ini dengan menggunakan kaldu jenis lain. Misalnya, kaldu dari tulang ikan, tulang sapi, kulit udang, bahkan sayuran.

bakso ikan enak dan kenyal


Cara membuat bakso ikan ini mudah, kan? Oiya, jangan lupa untuk menyimpan bakso ikan pada wadah tertutup di freezer jika ingin menyimpannya dalam waktu yang cukup lama. Selamat mencoba, Mak.

Dicoba juga yuk, berbagai resep minuman segar dan sehat ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *