Categories
Dapur

Cara Membuat Bakso Ayam Kenyal, Praktis Tanpa Alat Giling

Wah, ternyata bukan hanya daging sapi saja yang dapat diolah menjadi bakso. Daging ayam pun bisa, lho. Bagaimana cara membuat bakso ayam? Seperti apa ya hasilnya?

Jangan khawatir ya, Mak. Di sini, saya akan share bagaimana cara membuat bakso ayam. Hasilnya adalah bakso yang kenyal dan ada sensasi kres kres-nya. Seperti pada saat makan tulang rawan ayam. Selain itu, rasanya pun tak kalah enak dengan bakso daging sapi.

bakso dari daging ayamSaya membuat bakso ayam ini menggunakan daging dada ayam giling yang dibeli di swalayan. Jadi, tidak perlu menyiapkan alat untuk menggiling. Tinggal campur-campur saja semua bahannya. Prakstis, kan?

Dicoba dulu, yuk:

Pada saat membuat adonan bakso, daging ayam giling harus dalam keadaan dingin. Kebetulan, daging ayam yang saya gunakan telah saya bekukan. Jadi, harus dilunakkan terlebih dahulu di dalam chiller. Saya mulai membuat adonan bakso pada saat daging ayam tersebut belum lunak sepenuhnya. Jadi, masih ada sedikit bagian daging yang masih beku. Dengan demikian, suhu daging ayam masih super dingin.

Selain itu, adonan bakso ayam pun harus dibanting-banting sebelum dibentuk. Agar hasil baksonya lebih kenyal.

Kemudian, adonan bakso dicetak dan dimasukkan ke dalam air panas (tanpa api). Baru kemudian dimasak dengan api kecil hingga benar-benar matang. Cirinya, bakso mengembang dan mengapung.

Baca juga: resep bubur ayam rumahanĀ di sini.

Cara Membuat Bakso Ayam dan Kuahnya

Ini nih, cara membuat bakso ayam yang enak dan kenyal. Selain itu, dilengkapi pula dengan resep kuah bakso yang terbuat dari kaldu ayam. Hmmm, yummy!


Bakso Ayam

cara membuat bakso ayamBahan

300 gr dada ayam giling yang masih benar-benar dingin, tetapi tidak beku (baru dikeluarkan dari lemari es)

4 kotak kecil es batu, dihancurkan (atau air es)

2 sdm tepung tapioka

30 gr putih telur (dari 1 telur)

1 sdt kaldu ayam bubuk

1/2 sdt garam

1/2 sdt merica bubuk

1 sdt gula pasir

1/4 sdt baking soda

1/2 sdt baking powder

Kecap asin secukupnya

Bumbu (dihaluskan):

  • 3 bawang merah (digoreng utuh)
  • 2 bawang putih (digoreng utuh)

Pelengkap (opsional):

  • Kuah bakso
  • Ceker ayam
  • Kecap dan saus
  • Taburan (bawang goreng, daun seledri cincang)
  • dan lain-lain

Cara membuat

Masukkan seluruh bahan (kecuali kecap asin) ke dalam mangkuk yang cukup besar. Lalu, aduk cepat hingga adonan benar-benar rata dan menyatu.

Setelah adonan rata, adonan harus dibanting-banting. Caranya, basahi tangan dengan air, ambil seluruh adonan oleh tangan yang basah, kemudian banting ke dalam mangkuk. Lakukan sebanyak 10 kali.

bakso ayam kenyal

 

Sebelum direbus, cicipi terlebih dahulu adonan bakso. Caranya, siapkan air yang cukup banyak di dalam panci, didihkan. Ambil sedikit adonan, lalu rebus hingga mengapung. Cicipi rasanya. Tambahkan kecap asin jika kurang asin, atau bumbu lainnya sesuai selera. Aduk rata kembali. Sekarang, adonan bakso telah siap untuk dicetak.

Matikan api yang dipakai untuk merebus air. Jadi, adonan bakso nantinya akan dimasukkan ke dalam air panas (tanpa api) terlebih dahulu, baru setelah itu direbus.

Ambil adonan secukupnya menggunakan tangan kiri yang telah dibasahi. Kepalkan tangan hingga adonan keluar dari atas kepalan. Lalu ambil dengan menggunakan sendok basah. Masukkan perlahan ke dalam air panas.

Untuk lebih jelas bagaimana cara mencetak bakso disertai dengan fotonya, dapat dilihat di sini.

resep bakso enak

Jika adonan telah habis atau panci sudah cukup penuh, masak adonan dengan menggunakan api kecil. Pada awal merebus, aduk perlahan bagian bawah bakso agar bakso yang menempel pada panci dapat terlepas.

Bakso harus direbus hingga mengembang dan air rebusan mulai mendidih, tetapi tidak sampai bergolak-golak.

Angkat bakso yang telah matang, lalu masukkan ke dalam air es. Setelah dingin, tiriskan airnya. Bakso ayam pun siap disajikan bersama pelengkapnya atau dimasak menjadi hidangan lain.

Jika Anda hendak menyimpan bakso ayam ini dalam waktu yang cukup lama, masukkan ke dalam wadah tertutup, lalu simpan di dalamĀ freezer.


Kuah Bakso dari Kaldu Ayam

Bahan kaldu ayam

cara membuat kaldu ayam
Kaldu ayam yang sudah jadi
  • 250 gr ceker ayam (dapat juga menggunakan tulang ayam bagian lainnya)
  • Air secukupnya (sekitar 1 liter)
  • 1/2 bawang bombay
  • 1 batang bawang daun, dipotong 2

Bahan kuah bakso

  • 1.500 ml air sisa rebusan bakso ayam
  • 500 ml kaldu ayam
  • 3 siung bawang putih (digoreng utuh, lalu dimemarkan)
  • 1 cm jahe, dimemarkan
  • 1 batang bawang daun, dipotong-potong
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 2 sdt gula pasir

Cara membuat

Kaldu ayam:

Masukkan seluruh bahan kaldu ke dalam panci, lalu tutup. Masak dengan api kecil sekitar 3 jam. Sesekali, cek rebusan kaldu. Buang buihnya. Setelah 3 jam, saring dan dinginkan. Kaldu ayam siap digunakan. Cekernya jangan dibuang, masih bisa digunakan untuk tambahan pelengkap bakso.

Jika menginginkan kaldu yang benar-benar bebas lemak, masukkan kaldu ke dalam lemari es. Setelah beberapa lama, kaldu akan membeku seperti jeli dan lemaknya akan mengapung di permukaan. Sendoki bagian lemaknya tersebut.

Kuah bakso:

Masak air rebusan bakso dan kaldu ayam hingga mendidih. Tambahkan bahan lainnya. Koreksi rasanya. Masak beberapa saat hingga bumbu meresap ke dalam kuah. Kuah bakso siap dihidangkan bersama bakso ayam dan pelengkap lainnya.

membuat bakso tanpa food processor


Nah, gampang banget kan resep bakso ayam ini? Selamat mencoba.

Dicoba yuk, berbagai resep minuman segar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *