Categories
Teknologi

Cara Mengirim Email Berisi Foto, Dokumen, atau File Lainnya di Gmail

Bagaimana sih, cara mengirim email di Gmail? Apakah kita bisa mengirimkan berbagai file dalam bentuk gambar, dokumen, dan lain-lain via Gmail?

cara mengirim email di Gmail

Jangan bingung ya, Mak. Di era yang serba canggih ini, Anda dapat mengirimkan berbagai dokumen melalui email. Ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan dan dokumen kepada seseorang yang tengah berada di kota bahkan di negara yang berbeda. Sangat cepat dan praktis.

Yuk, disimak saja tutorial cara mengirim email di Gmail berikut. Oya, pada tutorial ini hanya dibahas cara mengirim email di Gmail melalui komputer, laptop, atau tablet dengan OS Windows. Adapun cara mengirim email melalui Android akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Cara Mengirim Email di Gmail Lewat Komputer, Laptop, atau Tablet dengan OS Windows

Berikut ini cara mengirim email dengan menggunakan komputer, laptop, atau tablet.

1.  Masuk ke halaman Gmail

Ketikkan www.gmail.com pada address bar browser atau langsung saja klik pada link tersebut. Anda akan memasuki halaman Gmail berikut.

cara mengirim email di gmail

Namun, jika Anda hanya memiliki satu akun Gmail, Anda akan mendapati halaman berikut.

cara mengirim email

Bagi Anda yang belum memiliki akun Gmail, silakan buat terlebih dahulu. Ikuti panduannya pada artikel ini.

2.  Sign in dengan akun Gmail Anda

Jika Anda memiliki lebih dari satu akun Gmail, pilih akun yang akan digunakan. Dengan cara, mengeklik atau mengetap pada akun yang dikehendaki. Kemudian, masukkan password atau kata sandi. Lalu, pilih “Sign in” atau “Masuk“.

langkah-langkah mengirim emailJika akun Gmail yang Anda ingin gunakan tidak terdapat pada pilihan, klik/tap “Add account” atau “Tambahkan akun“. Selanjutnya, masukkan nama akun Gmail yang dikehendaki. Klik/tap “Next” atau “Selanjutnya“. Kemudian, masukkan password dan klik/tap “Sign in” atau “Masuk“.

tutorial mengirim emailBagaimana jika pada saat masuk ke halaman Gmail, Anda langsung diminta Sign in dengan suatu akun, padahal Anda menginginkan menggunakan akun Gmail yang lain?

Klik/tap “Sign in with a different acoount” atau “Masuk dengan akun lain“. Langkah selanjutnya, sama seperti pada gambar sebelumnya (pilih “Add account“, masukkan nama akun, dan seterusnya).

cara mengirimkan email

Selanjutnya, Anda akan memasuki dashboard akun Gmail.

3.  Masuk ke jendela penulisan isi email

Untuk menulis email baru, klik/tap “COMPOSE” yang terletak di sebelah kiri dahboard Gmail.

cra mengirimkan foto lewat gmail

Selanjutnya, akan muncul jendela kecil tempat menulis email di sebelah kanan bawah. Jika Anda menginginkan tampilan jendela yang lebih besar, klik/tap ikon berbentuk panah yang diberi tanda merah pada gambar.

mengirim gambar di gmail

Kemudian, tampilan jendela tersebut akan seperti berikut.

mengirim-email-di-gmail

Jika Anda menginginkan tampilan dengan jendela yang kecil kembali, klik/tap lagi ikon panah tersebut.

4.  Isi alamat tujuan, Cc, dan Bcc

Ketikkan alamat email penerima email Anda pada kolom isian “To” atau penerima utama email. Anda dapat menuliskan lebih dari 1 alamat email. Antara alamat email yang satu dengan yang lain cukup dipisahkan dengan spasi.

cara mengirimkan email

Kemudian, isi juga Cc dan Bcc jika ada. Dengan cara, mengeklik atau mengetap tulisan Cc yang diberi tanda warna merah dan Bcc yang diberi tanda warna hijau pada gambar. Lalu, ketikkan alamat email yang dikehendaki. Cc dan Bcc ini dapat dikosongkan.

Apakah Cc dan Bcc itu? Cc kependekan dari carbon copy. Sementara, Bcc kependekan dari blind carbon copy.

Secara sederhana, Cc dan Bcc dapat diartikan alamat email yang ingin dijadikan saksi atau yang ingin Anda beri tahu bahwa Anda telah mengirimkan email ke suatu atau beberapa alamat yang dituju.

Perbedaannya adalah si penerima utama email dapat melihat alamat email Cc. Sementara alamat email Bcc tidak dapat dilihat oleh si penerima utama.

5.  Subjek email

Selanjutnya, isi subjek email Anda. Secara sederhana, subjek email dapat dikatakan sebagai judul email. Subjek email ini berisi keterangan singkat mengenai isi email Anda. Fungsinya agar si penerima email dapat mengetahui gambaran singkat isi email yang diterimanya.

cara mengirim email via gmail

6.  Isi email

Setelah mengisi alamat email penerima utama, Cc dan Bcc (jika ada), serta subjek, selanjutnya adalah mengetik isi email Anda pada kotak di bawah subjek email.

langkah-langkah mengirimkan email

Jika email yang Anda kirim hanya berisi pesan teks saja, Anda dapat langsung mengirimkannya. Dengan cara mengeklik atau mengetap tombol “Send“.

Jika Anda ingin mengirimkan dokumen, menambahkan gambar pada teks, dan lain-lain, sila ikuti langkah selanjutnya.

7.  Mengedit teks email

Anda dapat mengedit teks email Anda dengan mengeklik atau mengetap ikon “A” yang terletak di bagian bawah. Kemudian, pada bagian atasnya akan muncul sederetan tool untuk mengedit teks.

menulis email baru
Kiri: Teks yang belum diedit. Kanan: Teks yang sudah diedit.

Silakan edit teks pesan Anda sesuai dengan keperluan. Anda dapat mewarnai, menebalkan, memiringkan, dan menggarisbawahi teks tersebut. Jenis, besar, dan warna huruf pun dapat diatur.

8.  Menambahkan emosikon

Anda pun dapat menyisipkan emosion pada teks email. Caranya, simpan kursor pada bagian yang akan disisipi emosikon. Lalu, klik/tap ikon smiley yang terdapat pada bagian bawah (ditandai dengan warna hijau). Selanjutnya, pilih jenis emosikon yang diinginkan.

cara menyisipkan emoticon di email

9.  Menambahkan attachment atau lampiran

Untuk mengirimkan suatu dokumen, Anda dapat meng-attach atau melampirkan file dokumen tersebut pada email Anda. Sehingga si penerima email dapat mengunduh atau men-download file tersebut.

cara mengirimkan file lewat email

Caranya adalah dengan mengeklik atau mengetap ikon berbentuk klip yang terletak pada bagian bawah. Kemudian, akan terlihat tampilan berikut seperti pada gambar di sebelah kiri. Pilih file yang akan Anda kirim, lalu klik/tap “Open”.

attachment emailTunggu hingga file selesai diunggah. Selanjutnya, pada email Anda akan terlihat daftar lampiran file yang telah Anda unggah seperti pada bagian yang ditandai dengan warna hijau pada gambar di sebelah kanan.

Jika masih ada file lain yang ingin diunggah, silakan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Besarnya file yang dapat diunggah secara keseluruhan adalah 25 MB.

Jika Anda hendak menghapus file yang sudah telanjur diunggah, tinggal klik/tap saja tanda “x” di sebelah kanan nama file.

10. Menambahkan attachment atau lampiran file melalui Google Drive

Selain dengan menggunakan attachment atau lampiran pada email, pengiriman suatu file pun dapat melalui Google Drive. Keuntungan pengiriman melalui Google Drive ini, ukuran file yang dapat dikirim hingga sebesar 10 GB.

Klik/tap ikon berbentuk segitiga pada bagian bawah badan email.

cara mengirim file lewat google drive

Kemudian, akan terlihat tampilan berikut (perhatikan gambar di sebelah kiri atas). Pilih “Upload” (bagian yang ditandai warna biru) untuk menggunggah file yang akan dikirim.

Kemudian, akan tampak jendela seperti pada gambar kanan atas. Pilih file yang dimaksud. Lalu pilih “Open” (ditandai dengan warna ungu).

mengirimkan gambar lewat google drive

Pilih “Add more files” (bagian yang diberi tanda warna biru muda) jika Anda masih ingin mengunggah file yang lain. Jika sudah cukup, klik/tap “Upload” (bagian yang diberi tanda warna merah) untuk memulai proses pengunggahan. Tunggu hingga file selesai diunggah.

Kemudian, link file yang telah diunggah pada Google Drive tersebut akan tampak pada badan email. Perhatikan bagian yang diberi tanda warna hijau.

Nantinya, si penerima email akan masuk ke halaman Google Drive tempat file tersebut berada ketika mengeklik link tersebut. Kemudian, dia akan dapat mengunduhnya.

11. Menambahkan gambar pada badan email

Selain berupa file gambar yang dilampirkan, Anda pun dapat menambahkan suatu gambar pada badan email yang akan dikirim. Klik/tap pada ikon berbentuk kamera, perhatikan bagian yang ditandai dengan warna merah.

Kemudian, akan muncul jendela seperti pada gambar di sebelah kanan atas. Pilih “Choose photo to upload” (bagian yang ditandai dengan warna ungu).

cara menambahkan gambar pada emailSelanjutnya, akan terlihat tampilan seperti pada gambar di sebelah kiri bawah. Pilih foto yang akan ditambahkan pada email Anda. Lalu, klik/tap open (bagian yang ditandai dengan warna hijau).

Tunggu hingga foto tersebut muncul pada badan email Anda seperti pada gambar di sebelah kanan bawah.

12. Menambahkan link pada badan email

Selanjutnya, Anda juga dapat menambahkan link suatu website pada email yang akan dikirim.

Pertama, letakkan kursor pada tempat di mana link akan ditempakan. Kemudian, klik ikon berbentuk rantai, yaitu bagian yang ditandai dengan warna merah pada gambar.

cara membuat email

Selanjutnya, akan terlihat jendela seperti pada gambar di sebelah kanan atas. Masukkan alamat website yang dikehendaki pada bagian yang ditandai dengan warna biru. Lalu, klik/tap “OK”.

Link website tersebut pun akan muncul pada badan email yang sedang Anda buat.

Langkah terakhir, cek kembali email yang sedang Anda buat tersebut. Setelah lengkap, klik/tap “Send” untuk mengirimkan email tersebut ke penerima email. Jika tidak terjadi kesalahan dalam penulisan alamat email, tidak lama kemudian email tersebut akan sampai ke alamat email tujuan.

Baca juga: 7 Langkah Cara Ganti ID Line di Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *