Categories
Kesehatan & Kecantikan

Tahap Perkembangan Anak Saat Lahir Sampai Enam Bulan

infant_baby_beauty

Kehidupan anak di 5 lima tahun kehidupannya merupakan rangkaian perubahan yang memukau, tahap perkembangan anak tentunya berbeda sesuai dengan potensinya, meskipun berbagai faktor, seperti lingkungan dan banyaknya perhatian yang mereka terima mempengaruhi kemajuan mereka. Tapi yang perlu mak ketahui urutan perkembangan fisik dan perolehan keterampilan baru, tidak berubah, ada yang maju dalam bidang tertentu tetapi lambat dalam bidang lainnya, tetapi urutan perkembangan dan pembelajaran anak adalah sama. Dalam pembahasan tahap perkembangan anak ini akan di bagi menjadi 4 periode, yakni saat lahir sampai enam bulan, enam bulan sampai satu tahun, satu tahun sampai dua tahun, dan dua tahun sampai lima tahun. Berikut ini akan dibahas periode lahir sampai enam bulan.

Makan

selama tiga bulan pertama, bayi mendapat nutrien yang dibutuhkan lewat susu, idealnya air susu ibu (ASI). Bila diberi susu botol, pilihlah susu khusus bayi dan formulanya harus dibuat tepat, tidak terlalu kental. Susu formulanya diberikan sampai usia 1 tahun (pemberian susu sapi sebelum 1 tahun menimbulkan alergi produk susu). Makanan padat harus diperkenalkan sedikti demi sedikit, mulai dari 3 atau 4 bulan. Menjelang usia 6 bulan bayi sudah makan tiga kali sehari dan minum susu botol atau ASI di malam hari, makanan padat harus digerus halus.

Baca juga : 3 Alasan Kenapa MP-ASI Diberikan Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Menangis

Tangisan satu-satunya cara komunikasi bayi. Orang tua memahaminya dengan mengira-ngira kenapa bayi menangis dan belajar menginterpretasikan dengan cepat. Bayi yang kecil menangis saat bajunya dilepas atau diperlakukan dengan kasar. Sejak 6 minggu keatas hampir semua bayi berhenti menangis bila dibelai. Menjelang 6 bulan, bayi menangis bila merasa bosan atau sendirian dan berhenti bila digendong ibu atau ayahnya.

Perkembangan Fisik

Pada beberapa bulan pertama, bayi belajar menopang kepalanya dan berguling. Akhirnya, bayi dapat duduk dengan sedikit ditopang dan bila tangannya dipegang, bayi melompat-lompat di atas pangkuan. Bayi juga belajar menyelaraskan gerak mata dan tangan, sudah mampu menggapai dan menggenggam degan dua tangan. Gigi pertama keluar di usia 6 bulan.

Perkembangan sosial dan bermain

Sejak awal bayi suka memandangi wajah dan mendengarkan suara manusia. Menjelang usia 4 minggu bayi mengeluarkan bunyi mendeguk dan sekitar 6 minggu, mulai timbul bunyi fonetis dan menjawab bila disapa.

Senyuman pertama juga muncul sekitar 6 minggu. Bayi tersenyum ketika mendengar suara dan melihat wajah seseorang tersenyum kepadanya. Semakin berkembangnya keterampilan fisik, membuat bayi menginginkan mainan yang menarik bentuk dan tampilannya. Bayi gembira jika dipegang, diajak bicara atau bermain.

Baca juga : 4 Manfaat Menggendong Bayi yang Menakjubkan

Hubungan dengan ibu

Menjelang 4 bulan, bayi rileks dan bahagia bila bersama ibunya. Bayi kecil memperlakukan tubuh ibu sebagai perpanjangan tubuhnya sendiri dan sebagai orang yang mengajaknya bermain dan menghiburnya.

Setiap periode tumbuh kembang anak merupakan hal yang menarik untuk diperhatikan bagi kita ya mak selaku orang tua. Pada bahasan berikutnya akan di ulas tahap perkembangan anak 6 bulan sampai satu tahun. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *