Categories
Uncategorized

7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia

Mak, tertarik dengan bisnis online? Jualan di tokopedia saja, yuk. Cara jualan di tokopedia cukup mudah, lho. Dan yang terpenting, semuanya gratis! Anda hanya tinggal bermodal internet saja. Yuk, simak saja bagaimana cara jualan di tokopedia.

Baca juga tips bisnis online ini: Seri Bisnis Ibu Rumah Tangga: Bisnis Fashion Online.

tokopedia

Cara Jualan di Tokopedia

Berikut ini langkah-langkah untuk berjualan di tokopedia.

1. Registrasi

Pertama, Anda perlu membuat akun di tokopedia terlebih dahulu (jika sudah punya, lewati saja langkah ini). Cara membuatnya sebagai berikut. Klik pada gambar untuk memperbesar gambar.

  • Masuk ke https://www.tokopedia.com/register.pl
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda dapat registrasi melalui Facebook, Google+, Yahoo, atau pun secara manual dengan mengisi data yang disediakan.

cara jualan di tokopedia

  • Pada gambar tersebut, saya melakukan registrasi dengan mengisi data. Setelah melengkapinya, klik “Daftar Akun”.
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda akan menerima email konfirmasi dari Tokopedia.
  • Cek email Anda. Jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum juga mendapat email dari Tokopedia, klik “Kirim Ulang Email Aktivasi”

bagaimana cara jualan di tokopedia

  • Isi email aktivasi akan berbentuk seperti berikut. Klik pada “Aktifkan Akun Anda”.

cara berjualan di tokopedia

2. Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah mengaktifkan akun Tokopedia Anda, akan muncul tampilan berikut. Selanjutnya, untuk dapat membuka toko di Tokopedia, Anda perlu memasukkan nomor ponsel aktif. Klik pada “Verifikasi Sekarang”.

cara jual barang di tokopedia

Masukkan nomor ponsel aktif Anda. Lalu, tunggu SMS dari tokopedia yang berisi kode verifikasi. Lalu, masukkan kode tersebut pada form yang telah disediakan, klik “Submit”. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa nomor ponsel Anda telah diverifikasi, lalu klik “Kembali ke Beranda”

Sekarang, Anda telah dapat membuka toko di Tokopedia.

3. Buka Toko Anda

Untuk membuka toko, klik ikon toko seperti pada gambar. Lalu, klik “Buka Toko”.

jualan di tokopedia

Isi seluruh seluruh data yang diperlukan. Berhati-hatilah pada saat mengisi Nama Toko, karena tidak dapat diubah lagi. Klik “Cek Nama Toko” untuk mengetahui apakah nama tersebut telah digunakan atau belum. Jika sudah digunakan, Anda harus menggantinya dengan nama lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi nama domain toko Anda. Nama domain pun tidak boleh sama dengan orang lain. Klik “Cek Domain” untuk mengetahuinya.

toko online di tokopedia

Jika Anda menggulung layar ke atas, akan terdapat tampilan peta. Isi alamat toko Anda pada kolom berwarna putih. Jika alamat tersebut sudah dipastikan benar, klik pada “Gunakan Lokasi Ini”.

buka toko online di tokopedia

Setelah memilih jasa pengiriman dan cara pembayaran, klik “Buka Toko”.

jual online di tokopedia

Selamat, kini Anda telah memiliki sebuah toko online di Tokopedia. Selanjutnya, Anda perlu menampilkan produk-produk yang akan dijual. Klik pada “Tambahkan Produk Pertama Anda”.

buka toko di tokopedia

4. Masukkan Produk Anda

Isi seluruh data yang berkaitan dengan produk Anda. Meliputi foto dan detail produk.

cara memasukkan barang di tokopedia

Jika telah selesai, klik “Simpan”. Atau klik “Simpan & Tambah Baru” jika ingin menambahkan produk lain.

cara jualan di tokopedia

Jika Anda mengeklik “Simpan” maka akan ada tampilan berikut. Produk Anda telah masuk ke dalam etalase toko dan siap untuk dijual.

bisnis online

5. Tunggu Pesanan Datang

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pesanan datang dari pelanggan. Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan jika ada pesanan yang datang. Anda pun harus sering-sering mampir ke toko Anda dan memberikan respons secepat mungkin bagi pelanggan.

Untuk setiap pesanan yang datang, Tokopedia memberikan waktu 3 hari bagi Anda untuk merenpos. Anda dapat menerima ataupun menolak pesanan tersebut. Tentu saja, berikan alasan yang jelas jika Anda menolaknya.

6. Kirim Pesanan Pelanggan Anda

Setelah pelanggan mentransfer dana ke Tokopedia, Anda harus segera mengirimkan barang pesanan tersebut. Anda pun perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Agar pembeli dapat dengan mudah melacak paketnya.

7. Terima Dana Hasil Penjualan Anda

Setelah paket sampai di tangan pembeli, pembeli akan melakukan konfirmasi. Lalu, Tokopedia pun akan meneruskan dana hasil penjualan tersebut ke saldo Tokopedia Anda.

Lalu, bagaimana jika pembeli tidak melakukan konfirmasi, padahal barang sudah sampai? Jangan khawatir, ya. Jika setelah 2 hari sejak barang dinyatakan sampai oleh sistem dan tidak ada konfirmasi dari pembeli, dana hasil penjualan tersebut akan diteruskan ke saldo Tokopedia Anda.

Bagaimana, Mak? Hmmm, sepertinya cara jualan di Tokopedia ini sedikit rumit, ya. Namun, sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan jika Anda sudah menjalankannya. Selamat jualan di Tokopedia!

Baca juga: Inovasi Kreatif yang Efektif untuk Mendongkrak Bisnis Kuliner.

142 replies on “7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia”

Makasih banget, artikel ini sangat membantu untuk orang yang pingin mulai buka toko online di tokopedia.

thank emaksuper.com

Langkah-lankah untuk tarik dana:
– Masuk ke akun tokopedia.
– Pada pojok kiri atas, di bawah nama akun akan ada informasi saldo tokopedia (ada ikon bertuliskan Rp). Pilih ikon tsb.
– Kemudian, pilih “Tarik dana” di sebelah kanan bawah. Selanjut, ikuti petunjuk dari tokopedia.

Semoga membantu, terima kasih.

Ka itu jika ada yg pesan ke saya melalui tokopedia nanti kita kirim barangnya ke alamat customer apa ke tokopedia?

Kak saya mau tanya,
Klw saya mau jualan mainan anak², itu kan ukuran ada yg bsr & kecil, trkdg pihak jne,tiki menghitung ongkirnya pervolume (klw dipacking dlm dus)
Nah ksh info ongkir ke cust nya gmn kak/cntumin hrga ongkirnya gmn?

Trs Tokopedia memberikan konfirmasi pembayaran pembeli engga ke si penjual nyh?? Apa kita sbgai penjual tinggal kirim trs baru dapat konfirmasi / dana dari pembayaran barang orderan??

Tokopedia akan menghubungi penjual jika si pembeli sudah mentransfer uangnya. Jadi, uang yg sudah dibayarkan pembeli akan ditampung dulu oleh tokopedia.

Penjual diberi waktu sekitar 3 hari untuk mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Jika barang tsb sudah diterima pembeli, tokopedia akan mengirimkan pembayarannya ke saldo penjual.

Semoga membantu. Trims.

ka mau tanya , klo ada orderan itu kan ada notif , terima atau tolak,. nah orderan itu sudah jadi/ bayar kan ke tokopedia ? …apakah ada notif dari tokopedia misal ada yang baru order tapi blm bayar, untuk seller cek ketersediaan barang .. info ya ka , trims

Orderan hanya akan masuk ke seller jika buyer sudah membayar. Jadi, sebaiknya barang-barang yang dipajang di etalase ready stock. Karena jika seller menolak orderan tsb, akan mengurangi nilai reputasi toko. Trims, semoga membantu.

Kak mau nanya dong, klo ngomongin ongkirnya gimana tuh? Semisal saya penjual tinggal di bekasi, dan pembelinya membeli brng saya dri luar jabodetabek. Kan kena harga lbh dri 9k tuh. Harga ongkirnya itu akan otomatis di beritahukan ke si pembeli brp ribu? Bakal ada kemungkinan kita penjual nombok uang ongkir gak? Semisal ongkir ke medan 25k, tpi tokopedia cmn bilang 20k ke si pembeli, otomatis kita nombok 5k kan ke kurisnya nanti, bakal kaya gitu ga ya? Makasih kak hehe

Ongkir akan otomatis diinformasikan kepada pembeli sesuai dengan berat barang dan jarak tempuh pengiriman (dari mana barang akan dikirim (alamat toko) dan ke mana barang akan dikirim (alamat pembeli)).

Update barang seperti apa? Kalau status ketersediaan barang sebaiknya update terus. Jadi, dipastikan kalau barang2 yg dipajang itu ready stock. Kalau ada barang yg kosong tp masih dipajang, lalu diorder konsumen. Itu tanggung jawab toko untuk menyediakan barang tsb. Jika membatalkan pesanan, nanti akan berpengaruh pada reputasi toko.

Intinya, pengelolaan toko diserahkan kepada pemilik toko masing-masing. Semoga membantu. Trims.

maaf mau tanya. kalau barang yg saya jual hanya 1 buah, trus laku, gimana cara ubah barang habis . apa yg perintah “digudangkan”? lalu apa tunggu barang di terima oleh pembeli baru di gudangkan? thx

Iya, barang yg sudah habis digudangkan. Kalau barangnya sudah laku, berarti Mas enggak punya stok lagi kan? Digudangkan saja walaupun barang blm diterima pembeli.

Berarti nanti pas ngisi alamat toko, diisi dengan alamat pengiriman barang dari mana. Ini nanti ngaruh untuk perhitungan ongkir.

Trimakasih infonya mba.
Oiya.. Cara penarikan saldo tokopedia gmana? Apa harus punya rek bank tertentu trus didaftarkan ke tokopedia atau gmana? Mhn infonya

Untuk penarikan saldo tokopedia oleh si pemilik, apa ada rek tertentu yg harus dimiliki trus didaftarkan ke tokopedia? Mohon infonya mba

Iya ada. Pada saat melakukan tarik dana, nanti ada isian yang harus dilengkapi, salah satunya mengisi nomor rekening. Tinggal ikuti saja langkah-langkahnya.

untuk buka toko di tokopedia apakah boleh jual lebih satu item. misal saya jual alat-alat cake. n dilain waktu saya juga jual baju. apakah boleh seperti itu?

Boleh saja. Tapi sepertinya lebih enak kalau tokonya dipisah saja. Jadi, bikin 2 toko. Satu untuk alat-alat cake, satu lagi untuk baju. Namun, jika mau disatukan juga bisa.

Gold merchant (skrg diganti jadi power merchant) sistemnya langganan. Bisa per 1 bulan, per 3 bulan, atau per 6 bulan

kalau kita jualan tapi barang nya milik toko lain itu bagus nya kita buka toko juga di toko pedia apa bikin dropship ya kak,,terima kasih

Mbak bisa bikin toko di toped dengan sistem dropship. Jadi, setelah ada pesanan yang masuk di toko Mbak, segera pesankan barang tsb di toko lain, kemudian alamat pengirimannya ditujukan untuk customer Mbak. Semoga membantu.

Iya, akan masuk ke dompet toped terhitung 3 hari setelah barang berstatus terkirim dari pihak ekspedisi.

Mba kalau barang sudah kita kirimkan kepada pembeli bagaimana kita memberitahukan kepada pihak tokopedia dan pembeli nya.makasih mba

Pilih penjualan pada menu toko saya (atau bisa juga masuk ke inbox), lalu pilih “konfirmasi pengiriman”. Selanjutnya, isi data-data yang perlu diisi. Nanti, pihak toped akan mengkonfirmasikan kepada pembeli bahwa barangnya telah dikirim.

siang ibu saya mau tanya smisal saya jual barang harga 100rb kirim kluar kota yg onkirnya 60rb itu gimanah apa saya trima dana 40rb atau utuh 100rb kan disini sudah free ongkir . terimakasih

pagi ,,,mohon jawaban saya diatas mengenai biyaya kirim bagaimanah,,, misal saya jual barang diiklan tokopedia, nanti biyaya kirim bagai manah,

Biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli. Jadi, penjual akan menerima dana sesuai dgn harga barang yg tercantum plus dana untuk mengganti ongkos kirim.

Kak..saya sudah berhasil menjual.dan pembeli sudah kirim bukti transfer ke WA saya.tapi saya cek di saldo TOKOPEDIA’nya belum masuk..itu bagaimana ya kak.apa barang udah harus saya kirim atau belum?

Uang yang ditransfer pembeli tdk akan langsung masuk ke saldo tokopedia penjual, tapi akan ditampung dulu oleh pihak tokopedia. Jika penjual sudah menerima konfirmasi dari tokopedia bahwa ada order yg masuk, artinya pembeli sudah mentransfer ke rekening tokopedia. Maka panjual harus segera mengirimkan barang tsb. Nanti jika barangnya sudah diterima pembeli, uangnya akan ditransfer oleh tokopedia ke saldo penjual.

Pertanyaan itu yg mau saya tanya. Menurut saya…seandainya kita hanya sebagai dropshiper bukan penyedia barang..maka kita (penjual) harus bayar duluan ke penyedia/supplier.

Mak tanya…
Kalao misalkan dalam satu akun kita punya banyak toko yang berbeda lokasi, dan berbeda nomer rekeningnya gmn??

Setau saya, untuk satu akun, alamat fisik toko boleh lebih dari 1. Namun, alamat dari mana barang akan dikirim hanya bisa 1 alamat saja. Mungkin, solusinya Mas harus bikin beberapa akun sesuai dengan jumlah lokasi pengiriman barang.

Untuk nomor rekening, 1 akun bisa pakai beberapa nomor rekening. Jadi, setiap mau tarik dana, Mas bisa pilih mau ditransfer ke rekening mana. Semoga membantu.

Mak tanya…
Kalao misalkan dalam satu akun kita punya banyak toko yang berbeda lokasi, dan berbeda nomer rekeningnya gmn??
Ini dlm satu akun lho yaa

Untuk pencairan dana dari tokopedianya ke rekening penjual harus tunggu brp banyak.atau bisa langsung di cairkan meskipun baru satu pembeli.

Mba mau tanya..
Saya nggak punya toko tapi saya promosiin barang dari tokopedia untuk dijual kepada konsumen. Apakah saya hrus pakai hrga yg asli atau gmana…krna klau harga yg asli masih belum ditambah ongkir…makasih

Silakan Mbak Ritha atur aja, kira-kira harga yang cocok berapa. Yang penting Mbak bisa dapat untung dan masih terjangkau pembeli.

Ka klo misalnya pembeli udah order lalu udh bayar .tpi dri sini nya blm ada barang,barang nya sampai seminggu gmna tuh kira2 bisa ga

Untuk pengiriman barang, batasan waktu dari tokopedia hanya 3 hari. Jadi, kalau barang belum juga dikirim dlm 3 hr, otomatis pesanan akan dicancel pihak toped. Solusinya bisa dibikin sistem pre order atau bisa juga dropship.

Siang mba, saya mau tanya gimana caranya sekiranya saya mau jualan makanan, tetapi hanya bisa dikirim hari sabtu saja, karena saya kerja, misalnya, order dibuka hari senin-jumat, tetapi delivery hanya hari sabtu, bolehkah seperti itu ? trimakasih sebelumnya Mba

Mungkin bisa digunakan sistem pre order saja. Diberi keterangan juga kalau pengiriman hanya dilakukan tiap hari Sabtu.

mau tny nih, gmn klau pembeli mlkukan komplain dan penjual tdk merespon? dan apa uang penjualan tetap masuk di saldo kita?

Tergantung komplainnya tentang apa dan kapan. Jika pembeli melakukan komplain mengenai barang yg dibelinya (misal kualitas, akurasi barang yg diorder dan yg dikirim apakah sesuai, dll) sebelum melakukan konfirmasi penerimaan barang, kemudian penjual tdk merespon, lalu pembeli komplain ke tokopedia, maka uang penjualan akan ditahan tokopedia sampai masalah clear.

Sebaiknya penjual menanggapi komplain pembeli tsb, apalagi jika yg dikomplain terkait dengan sesuatu yg menjadi tanggung jwb penjual. Jika hal tsb di luar tanggung jwb penjual (seperti lamanya proses pengiriman oleh kurir), tinggal dijelaskan saja kepada pembeli.

Mau nanya saya pemula jika ada pembeli
Mau beli barang contoh sepatu tidak di bungkus kardus, apakah kita yg bungkus atau dari pihak jne/pos yg bungkus trus masalah pembayaran berat ongkir dan pengemasan bagaimana ? Trmakasih

penjual bertanggung jawab untuk mengemas barang jualannya sebaik mungkin agar paket diterima dengan baik oleh pembeli. Pihak ekspedisi hanya bertugas untuk mengirimkan barang saja.

Ongkir akan otomatis dihitung tokopedia berdasarkan berat/volume barang dan jarak alamat asal ke alamat tujuan.

Tanya, kalau misal saya dapat orderan dari pembeli, saya mengirim ke jne atau tiki sudah terbungkus rapi (tinggal kirim), atau pihak jne atau tiki yg membungkusnya, kalau harus terbungkus, dimana beli dus/boknya….apakah asal bungkus aja yg penting terkirim….?

Penjual yang harus membungkusnya sebaik dan seaman mungkin, ya. Agar barang sampai dengan selamat ke tangan pembeli dan pembeli pun puas.

Beli dus dmn? Silakan pakai dus bekas saja atau beli di tempat yg jualan dus. Atau kalau barangnya berupa baju dan sejenisnya, tidak perlu pakai dus juga tdk apa-apa. Yang penting barang dapat diterima pembeli dengan selamat.

Untuk lebih jelasnya, silakan browsing bagaimana cara membungkus paket jne. Semoga membantu.

Halo mbak, terimakasih atas artikel nya… sangat membantu!
Saya mau bertanya.. pada saat mau narik uang hsl penjualan (ketika transaksi sudah kelar) uang tersebut termasuk uang ongkir atau cuma harga dasar produk?

Maksudnya, pembeli boleh bayar dengan sistem nyicil? Boleh, tokopedia menyediakan fasilitas cicilan.

Apakah ongkirnya kita tanggung dulu.
Apa pihak tokped sudah konfirmasi ke jasa pengiriman?
Mohon penjelasan nya ya

Iya, ongkir ditalangin dulu penjual. Biaya ongkir akan otomatis dihitung oleh sistem tokopedia berdasarkan berat barang dan jarak tempuh pengiriman barang. Nanti setelah barang sampai ke pembeli, tokopedia akan membayarkan dana sesuai dgn harga barang + ongkir ke saldo tokopedia penjual.

Bisa. Nanti besarnya ongkir akan dihitung berdasarkan jarak tempuh pengiriman dan berat/volume barang.

Terima kasih tipsnya mak super.
Mau tanya nih misal produk kita dicicil 6 bulan oleh pembeli, terus penarikan dana dari tokopedia apakah bisa langsung kita tarik penuh? Ataukah harus menunggu cicilan tersebut lunas?
Terima kasih.

Maaf, saya kurang tau. Yang jelas, nominal dana yang dapat ditarik sesuai dengan nominal pada saldo tokopedia-nya.

Kak mo nanya kan uang pembeli ga langsung ke transfer di rekening saya kan harus melalui Tokopedia dulu nah cara saya tau nomor rekening Tokopedia gmna?
Saya pengen jualan online tapi masih bingung caranya tu?

Pada saat pembeli melakukan proses order barang, semuanya akan di-handle oleh pihak toped. Jadi, nanti pihak toped sendiri yg akan memberikan informasi norek nya ke pembeli. Jika pembeli sudah membayar pesanannya, toped akan mengirimkan konfirmasi ke penjual.

Jadi, bukan penjual yg memberikan informasi nomor rekening tokopedia ke pembeli. Penjual hanya tinggal menunggu konfirmasi orderan, lalu mengirimkan barangnya ke pembeli, selanjutnya menerima uangnya dari toped jika barang sudah sampai dan tdk ada komplain dr pembeli. Semoga membantu.

Mau tanya Mak Super, kalo tokonya jualan kue yg ga ready stock (harus order dulu) bisa kan? Ada ketentuan khusus ga cara daftarnya?
Terus mslah pengiriman kuenya, yg menentukan pilihan kurirnya pihak tokopedia ? atau boleh kita tentukan, misalnya harus pake kurir khusus kue.
Makasih infonya ya Mak,
Sukses selalu

Bisa ko, pakai sistem pre order saja. Caranya, pada saat “tambah produk” kan diminta mengisi data produk, fitur pre order nya diaktifkan saja. Lalu, diisi waktu prosesnya berapa lama.

Untuk pengiriman, jenis ekspedisinya dapat ditentukan oleh penjual di bagian “pengaturan toko” – tab “pengiriman”. Untuk lebih amannya lagi, di keterangan produk nya diberi tahu ekspedisi apa yang direkomendasikan penjual untuk pembeli agar kue aman pada saat pengiriman. Semoga membantu.

Bisa kok pakai HP. Tap “menu” yg ada di pojok kiri atas, yg ikonnya garis tiga. Terus, pilih “buka toko” yang ada di bawah. Selanjutnya, ikuti saja prosesnya.

Kak, mhn petunjuknya. Besaran biaya ongkir didapat stlh melalui proses di expedisi. Pertanyaannya : bgmn pihak pembeli tahu beban biaya ongkir yg ditanggung & menbeli, sedangkan harga yg tertera Hy harga produknya sj?. Di lain sisi ongkir dpt diketahui spt tsb diatas?, Mksh ..

Sistem pada toped memiliki data biaya ongkir setiap ekspedisi yg bekerja sama dgn toped. Setelah pembeli selesai mengorder barang, sistem toped akan menghitung biaya ongkir secara otomatis berdasarkan berat barang dan jarak pengiriman.

Barang yg sudah digudangkan atau statusnya kosong, otomatis tidak akan muncul di etalase. Jadi, tdk bisa dilihat oleh pembeli. Nanti, kalau barangnya sudah ada lagi, tinggal diganti statusnya sama yg punya toko menjadi “tersedia” lagi, baru bisa muncul lagi di etalase.

Mau nanya….,, Ketika kita membuka toko baru dan ingin menjual barang, kita tidak perlu mengisi saldo apapun kan??
Kemudian ketika ad pembeli yg membeli barang kita,, itu uangnya akan masuk ke saldo atau tokocash?
Terima kasih

Iya, tidak perlu isi saldo toped.
Nanti uang yg ditransfer pembeli akan masuk ke rekening toped dulu (bukan tokocash). kalau barang sudah sampai dan tdk ada masalah, baru akan masuk ke saldo toped. Jika Anda melakukan tarik dana, baru uang tsb akan dikirim ke rekening bank Anda.

tanya dong . misalkan saya punya 2 alamat . Satu rumah di bekasi dan saya tinggal dikotrakkan Cibubur. alamatnya bagaimana ya?

Assalamu’alaikum bu Icha , kalau pengiriman tersebut dikirim dengan jasa pengiriman sendiri Bgmn bu,bisakah?kalau memang bisa,Bgmn kah ongkir nya ? Terima kasih

Wa’alaikum salam… Jika jasa pengiriman tsb telah bekerja sama dgn toped, tentu bisa menggunakan jasa tersebut. Besarnya ongkir sesuai dgn standar yg digunakan jasa pengiriman tsb.

mbak mau tanya,sy bk toko di toped,seandainya sy menjadi dropsiper menjualkan produk tas dari kota Batam apa bisa,sedangkn rmh sy ada di Semarang.minta penjelasannya,tks

Bisa, Mbak… Nanti, di “Pengaturan toko” pada tab “Pengiriman” pada bagian “Shipment Origin Information”, diisi dengan kota dan kode pos dari mana barang akan dikirim.

Permisi mau tanya kak, kalaw s pembeli udah pesan barang apakah kita langsung kirim barangnya ataukah nunggu transfer dulu.
mksh.

Kalau toped sudah mengirimkan notifikasi pesanan barang dari pembeli, artinya pembeli sudah mentransfer biayanya ke rekening toped. Penjual harus segera memproses dan mengirimkan pesanan tsb. Kemudian jika barang sudah sampai, baru dana tsb akan ditransfer ke saldo tokopedia penjual.

Assalamualikum, mau tanya
Saya masih pemula jadi masih bingung untuk jualan onlen, jika kirim barang udah di bungkus rapi yang nulis alamat dari pihak jne/tiki ataukah kita sendiri ya. Makasih

Mbak saya mau tanya seandainya saya berjualan di tokped tapi saya ingin membuka juga untuk dropship dan reseller untuk org lain menjualkan barang saya apakah harus di setting di pengaturannya atau gmn ? Terimakasih sblmnya mbak

Saya tidak tau apakah ada setingan khusus atau tidak. Tapi, sepertinya tdk ada. Mungkin bisa dicantumkan saja pada keterangan tokonya atau ket produk, bahwa toko Mbak/Mas ini open reseller dan dropship. Semoga membantu…

MANTAABBB….. FAST RESPON, BINTANG LIMA BUAT MBA ICHA
DARI BACA TANYA-JAWAB DI ATAS AJA DAH BANYAK ILMU YG SAYA DAPAT….
DUA JEMPOL BUAT MBA ICHA.

Ass.. kak, saya sudah ikutin semua langkah pembuatan toko pedia.. sudah meng upload foto yg akan di jual..
Pas saya cek degan akun toko pedia lain.. kok tdk nimbul ya toko saya.. gmn tuh 😭😭
Tolong ya kak

Maaf, saya kurang tau… Memangnya dilihatnya dgn cara bagaimana? apakah dicari dgn menggunakan kotak cari di toped? kalo memang iya, mgkn saja tokonya blm cukup familiar dgn mensin pencari tokopedia, karena kan tokonya msh baru.

Misi mbak mau tanya kalau misalnya saya hanya menjual barang dalam bentuk Akun ( kan bisa di kirim langsung melalui chat ) nnti kirim ny gimana ya mbak?

Coba lihat olshop sejenis di toped atau market place lain deh. Kalo dari salah satu olshop yg jualannya akun seperti Mas, yg saya lihat itu kaya gini sistemnya… Pengiriman tetap dilakukan ada, agar didapatkan no resi yg sah dari toped. Namun, yg dikirim bukan berupa barang jualannya (krn akun tdk bisa dipaketkan), tetapi surat (atau apa saja, bisa juga bonus barang dariseller). Jadi, pengirimannya sebenarnya formalitas saja.

Kalo tdk salah, kalo di play store, tokopedia itu ada 2.
1. Tokopedia – Online Shopping & Mobile Recharge
2. Tokopedia Seller app
Untuk seller, kayanya bisa pakai keduanya. Saya sendiri belum pernah pakai yg Seller app. Tapi, kalo aplikasi yg pertama, bisa dipakai untuk membeli dan juga buka toko, jd bisa jualan jg.

Untuk sekarang ini saya buka tokonya pake tokopedia seller & belum di pake juga, gk pa2 x y kak,tolong y kak. Makasih.

Berapa persen margin utk tokopedia dr tiap satuan barang yg kita jual? Atau bagaimana sistem kempensasi ke tokopedia dr setiap transaksi.

Sudah dibahas di atas, ya… Semuanya gratis, tidak ada pajak, komisi, ataupun kompensasi. Kecuali, kalau tokonya mau di-upgrade jadi gold merchant supaya mendapat berbagai keuntungan lebih, baru harus bayar.

Mau nanya
Kalau misalnya ada yang order
Apakah barang nya kita yang kirim manual ke orang pembeli tersebut atau di pick up oleh kurir tokopedia langsung?

Penjual yang harus mengirimkan paket yg diorder melalui ekspedisi yg ditentukan oleh pembeli. Toped hanya media perantara saja…

Kalau tidak punya rekening, tidak bisa ya. Bisa sih pinjam rekening orang lain yang dipercaya. Tapi sebaiknya, bikin rekening saja dulu. Kalau rekening punya sendiri kan pemakaiannya lebih leluasa.

Mau tanya.. apa bisa jual barang dropsip..
Misalkan alamat di tokopedia berada di NTB.. sedangkan barangnya berada di bekasi.. jadi saya sebagai dropsiper.. tinggal saya kasi alamat ke agen yg di bekasi..
Misalkan ada yg mesan kan harus kita sebagai pengelola toko yg kirim barang.. apa bisa barang dikirim dari alamat yg di bekasi..??

Jual secara dropship di toped, bisa ko… Kalau dropship, berarti barang dikirim dari toko rekanan Anda, dalam hal ini dari Bekasi. Tinggal dikasih keterangan saja kalau barangnya dikirim dari Bekasi. Selain itu, alamat toko (untuk keperluan pengiriman) pun diisi dari Bekasi saja.

Jangan lupa pada saat order barang ke toko rekanan Anda, mencantumkan Anda debagai dropshipper

Ongkir ditanggung pembeli. Tapi, dibayarin dulu sama penjual. Nanti juga diganti, pas dana dari pembeli disampaikan ke penjual oleh toped.

Kak, mau tanya. Pada saat tokped mengirimkan notifikasi order ke penjual.

1. Apakah nanti kita sebagai penjual dikasih tau bahwa orderan nya harus dikirim menggunakan ekspedisi XXX ?

2. Dimana kita sebagai penjual melihat alamat lengkap si pembeli ? Apakah alamatnya juga diberikan saat dpt notifikasi order dari tokped ?

3. Setelah mengirim brg ke ekspedisi, apa yg harus kita lakukan ? Apakah harus langsung masuk ke menu konfirmasi pengiriman ?

Terima kasih atas bantuannya

Bentul, pada saat toped mengirimkan notifikasi, akan dikirimkan semua data tersebut. Setelah barang dikirimkan,isi konfirmasi pengiriman.

Ass mau tanya mba kalau di toped kan biasanya banyak cara pembayaran ya bisa melalui alfa atau indomart, tapi kalau misalkan kita cmn ada pembayaran melalui satu rekening aja gmn ?? Ap bisa …

Maksudnya mau pakai sistem pembayaran transfer ke rekening? Bisa mas… tinggal dipilih saja sistem pembayaran mana yg diinginkan

Kak, Mau tanya? Barangnya udah ada ditoko kita, lalu ada pembeli. Terus, Apakah orang dari tokopedia yang ngambil barang dirumah kita lalu diantar ke pembeli, apa kita yang harus ngantar ke pembeli tersebut kak?

Dikirimnya oleh penjual ya. Toped hanya sebagai perantara yg menyediakan tempat jualan saja.

Kak Icha mau tanya, bgmn cara proses transaksi jika brng nya byk type dlm 1 merek. Sdngkan di situs Toped penjelasan product secara umum saja. Jika ada kesepakatan yg mau dibeli tdk ada di Toped sy ?
Mhn solusi jawaban nya.
Makasih

Kak, boleh tanya.. jika sy mau jualan jasa bukan produk bisa ga ya di ToPed ? Sy punya lembaga pendidikan yg jual jasa memberi inhouse training ke suatu persh/lembaga atau sy buka kelas untuk publik ( sy buka kelas untuk umum dan sy penyelenggara trainingnya).
Klo bisa mohon infonya. Trimksh banyak.

Ka mau tanya. Kalo barangnya udah ready trus siap dikirim kan harus ada nomor resi yang diinput. Tapi kalo setelah barangnya dipesan penjualnya kirim langsung tanpa lewat jasa pengiriman yang dipilih pembeli, gimana cara dapat nomor resinya?

mbak mau tanya nih
1. kalau jual barang, kita harus nunggu pembelinya ngasih uang ke tokopedia dulu atau kita langsung kirim barangnya walaupun si pembeli belum nyetor uang.
2. kalu ngirim barang apakah kita yang pilih jasa kurir atau memang ada jasa kurir khusus dari tokopedia?
3. kalau kita ngirim barang sendiri trus yang biasa packing barang itu dari jasa kurir atau kita sendiri?
maaf mbak soalnya belum pernah jualan online.

Mas Herlambang, silakan dibaca lagi artikel dan tanya jawab di komentar. Semuanya sudah terjawab di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *