More

    5 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

    Bagaimana tips membersihkan rumah setelah banjir? Di musim penghujan ini, beberapa wilayah telah terendam banjir. Banjir ini memang sungguh merepotkan. Tidak hanya ketika dia datang. Juga ketika dia telah berlalu pergi. Akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan pada saat membersihkan rumah setelah banjir.

    Baca juga: 7 Tips Sehat Saat Musim Hujan.

    tips membersihkan rumah setelah banjir
    Kredit: mitigasibencana.com

    Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

    Berikut ini beberapa tips membersihkan rumah setelah banjir.

    1. Matikan Listrik

    Pada saat banjir, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan aliran listrik. Begitu pula ketika banjir telah mulai surut dan Anda hendak membersihkan rumah. Aliran listrik sebaiknya jangan dulu dinyalakan. Ini bertujuan untuk antisipasi, dikhawatirkan masih ada air yang menggenang.

    2. Membersihkan Isi Rumah
    • Furniture

    Furniture yang telah terendam banjir mungkin masih dapat berfungsi dengan baik. Namun untuk sofa dan tempat tidur, jika telah cukup lama terendam air, kotor, dan bau, sebaiknya tidak digunakan lagi. Kalaupun dicuci dan dijemur kering, kemungkinan jamur dan kuman yang menempel tidak akan hilang begitu saja.

    Namun, jika kondisinya tidak terlalu basah dan kotor, dapat dibersihkan dengan cara menyikatnya dan menyiramnya dengan air bersih. Lalu, beri desinfektan dan jemur hingga kering. Setelah kering, semprotkan pewangi dan pelembut agar nyaman kembali ketika digunakan. Alternatif lain adalah dengan mencucinya di tempat pencucian kasur dan sofa.

    • Karpet

    Perhatikan kondisi karpet. Karpet yang telah lama terendam banjir dan telah berjamur, sebaiknya dibuang saja. Jika dipaksakan tetap digunakan, akan mengganggu kesehatan keluarga. Jika kondisinya masih layak pakai, dapat dicuci seperti halnya kasur dan sofa. Anda pun dapat menggunakan jasa laundry untuk membersihkannya.

    • Barang-Barang dari Kayu

    Perhatikan kondisi barang-barang yang yerbuat dari kayu. Misalnya, ranjang, kursi, meja, bingkai foto, dan lain-lain. Jika kondisinya memungkinkan untuk dibersihkan, bersihkan dengan cara menyemprotnya dengan air bersih terlebih dahulu. Keringkan dengan lap bersih. Lalu, gosok dengan minyak guna menghilangkan kotoran yang menempel. Anda pun dapat mengoleskan antijamur dan rayap agar barang-barang dari kayu tidak cepat berjamur dan ditumbuhi rayap. Setelah itu, barang-barang tersebut dapat diplitur agar terlihat baru kembali.

    • Laci dan Lemari

    Pastikan air yang menggenang di dalam laci dan lemari dikeluarkan terlebih dahulu. Perhatikan isi lemari dan laci. Pakaian dan perabotan dapur dapat dicuci kembali hingga bersih. Namun, barang-barang seperti bukuyang sudah tidak jelas bentuknya, sebaiknya dibuang saja.

    Sementara, untuk laci dan lemari dapat dibersihkan dengan cara seperti barang-barang dari kayu lainnya.

    Baca juga: Waspada, Demam Berdarah Kembali Mewabah.

    3. Membersihkan Area Rumah
    • Lantai

    Sebaiknya, bersihkan lantai secara berulang kali. Agar terbebas dari kuman, gunakan cairan desinfektan dan lap yang mudah menyerap air. Perhatikan pula kondisi lantai. Kemungkinan, setelah lama terendam banjir, air akan merembes melalui lantai.

    • Tembok

    Tembok yang telah terendam banjir sebaiknya disikat dengan air bersih dan cairan desinfektan. Jika ada bagian cat yang terkelupas, sebaiknya dicat ulang.

    • Atap

    Perhatikan pula atap rumah Anda. Kemungkinan ada yang bocor. Sebaiknya, segera diperbaiki.

    • Pintu dan kusen

    Perhatikan kondisi pintu dan kusen. Kayu yang telah lama terendam banjir, akan mudah dijadikan tempat berkembang biak jamur. Segera bersihkan dengan air bersih. Lalu, gosok dengan minyak agar kotoran hilang. Lalu, biarkan kering. Anda dapat mempliturnya agar terlihat mengkilap kembali.

    4. Panggil Tukang Jika Diperlukan

    Bagian-bagian rumah, seperti tembok, lantai, pintu, dan atap sebaiknya ditangani oleh tukang jika diperlukan. Begitu pula dengan furniture dan barang-barang lainnya. Jika kondisinya agak rusak, sebaiknya diperbaiki oleh tukangnya.

    5. Asuransi

    Jika rumah Anda diasuransikan, jangan dulu terburu-buru membersihkan rumah yang telah terkena banjir. Hubungi terlebih dahulu pihak asuransi. Sebelum mereka datang, jangan dulu memindahkan barang-barang di rumah Anda. Perusahaan asuransi akan mengirimkan petugas ahli untuk memindahkan barang-barang Anda dan membersihkannya.

    Semoga tips membersihkan rumah setelah banjir ini bermanfaat.

    Baca juga: Belajar Pada Negara Asia dan Afrika untuk Mengurangi Sampah Kantong Plastik.

    Latest articles

    Related articles