More

    Apa Sih Puff Pastry Itu? Dilengkapi Resep & Tips

    Apa Itu Puff Pastry?

    Puff pastry atau yang dikenal juga dengan pâte feuilletée, merupakan sejenis roti khas Perancis yang berlapis-lapis tipis dan ringan. Teksturnya renyah sekali dan cenderung akan hancur membentuk remahan-remahan ketika digigit.

    Puff pastry dan roti sama-sama mengembang. Namun, keduanya mengembang dengan cara yang berbeda. Jika roti mengembang karena bantuan ragi dan membentuk tekstur yang lembut. Berbeda halnya dengan puff pastry. Dia mengembang karena bantuan lemak khusus yang dioleskan pada sela-sela adonan. Pada saat dipanggang, lemak tersebut akan meleleh dan membuatnya mengembang menjadi berlapis-lapis tipis.

    Mau resep makanan dan kue enak lainnya? Klik di sini ya, Mak.

    adonan puff pastry

    Bagaimana Cara Membuat Adonan Puff Pastry?

    Membuat adonan puff pastry memerlukan waktu yang tidak sebentar. Ini karena diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat lapisan-lapisannya. Secara singkat, berikut ini cara membuatnya.

    Tepung, air es, dan sedikit margarin diuleni hingga lembut. Setelah diistirahatkan di dalam lemari es, adonan tersebut diberi lapisan korsvet atau pastry shortening. Korsvet ini merupakan lemak sejenis margarin yang berjasa dalam terbentuknya lapisan-lapisan tipis pada pastry yang dihasilkan.

    Setelah korsvet dibungkus oleh adonan, gilas adonan agak tipis, dilipat, lalu diistirahatkan di dalam lemari es agar korsvet tidak meleleh. Lalu adonan digilas, dilipat, dan diistirahatkan kembali. Begitu seterusnya, lakukan hingga sekitar 7 kali proses gilas dan lipat. Setelah itu, adonan pun siap dikreasikan menjadi berbagai camilan lezat. Seluruh proses ini akan memakan waktu sekitar 6 jam.

    Adonan Puff Pastry Siap Pakai

    Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk membuat adonan puff pastry, jangan khawatir ya. Sekarang, adonan ini siap pakai sudah dapat Anda dapatkan di berbagai supermarket dan toko bahan kue. Biasanya, terdapat pada bagian makanan beku-bekuan.

    Tips Menggunakan Adonan Puff Pastry

    Adonan puff pastry harus selalu disimpan dalam keadaan beku agar tidak mudah rusak dan basi. Berikut ini beberapa tips dalam menggunakannya.

    1. Sebelum digunakan, adonan beku harus disimpan pada suhu ruang terlebih dahulu hingga melunak. Setelah itu, buka lembaran adonan, lalu bentuk sesuai selera.
    2. Meja kerja yang digunakan untuk meletakkan adonan, sebaiknya ditaburi dengan tepung terigu tipis-tipis. Ini bertujuan agar adonan tidak lengket pada saat digilas.
    3. Jangan membiarkan adonan disimpan dalam keadaan terbuka terlalu lama agar tidak menjadi kering. Adonan akan sulit dibentuk.
    4. Pada saat memotong-motong adonan, gunakan bantuan penggaris bersih.

    cara menggunakan adonan puff pastry

    1. Tata adonan yang telah dibentuk di atas loyang yang diberi alas kertas roti atau kertas silikon. Selain itu, beri jarak yang cukup antar-adonan untuk mengembang.
    2. Istirahatkan adonan di dalam lemari es sekitar 15-30 menit sebelum di panggang.
    3. Olesi permukaan adonan dengan kuning telur jika perlu.
    4. Panggang dalam oven panas dengan suhu sekitar 200 derajat Celsius. Setelah mengembang, turunkan suhunya, lalu panggang hingga matang.
    5. Angkat pastry yang telah matang, dinginkan, lalu simpan di dalam wadah kedap udara. Pastry yang telah melempem dapat dihidupkan kembali dengan menghangatkannya di dalam oven atau microwave selama 5-10 menit.

    Kreasi Puff pastry

    Ini dia beberapa resep kreasi puff pastry, Mak. Semuanya mudah dan simple.

    Waffle

    resep puff pastry waffle

    Stik Keju

    stik keju renyah

    Croissant

    Palmiers

    Apple Tart

    Pizza

    Zuppa Soup

    Stik Cokelat Kacang

    Bolen Pisang Keju

    Sosis Gulung

    Chicken Patties

    Cheese & Vegetable Puffs


    Cek juga info-info super lainnya mengenai serba-serbi Rumah Tangga ya, Mak.

    Latest articles

    Related articles