Categories
Inspirasi

Menata Kamar Anak Agar Lebih Menyenangkan

http://rumahm.com/
http://rumahm.com/

Mak menata kamar anak berbeda dengan menata kamar dewasa ya, bila salah dalam soal menata kamar anak nantinya anak-anak tidak merasa betah di kamarnya. Untuk itu diperlukan tips menata kamar anak agar lebih menyenangkan sehingga anak-anak betah di kamarnya sendiri.

  • Kamar ranak biasanya membutuhkan tempat tidur, meja mulfungsi, lemari pakaian, tempat penyimpanan barang/mainan, papanag untuk menempelkan foto atau gambar, dan juga tempat sampah. Selain itu, bisa juga ditambah dengan bangku-bangku kecil yang berwarna cerah.
  • Penataan furniture untuk kamar yang berukuran kecil dapat digabungkan satu dengan yang lain. Misalnya, tempat tidur digabuaain.
  • Kalau bisa, penataan kamar dibentuk berdasarkan tema. Banyak tema yang dapat digunakan untuk kamar anak. Tema kartun dengan tokoh kartun yang lucu biasanya menjadi pilihan. Baik untuk anak laki-laki ataupun anak perempuan.

Baca juga : Tips Hemat Membangun Rumah Impian

Menata kamar anak remaja

Untuk remaja, furniture yang digunakan biasanya disesuaikan dengan kreativitas remaja tersebut. Masa-masa pertama pubertas bisa mempengaruhi suasana kamar. Penataan kamar juga dapat disesuaikan dengan hobi dan minat, misalnya yang suka dengan film spiderman atau  olahraga yang disuka akan memasukkan aksesori film ataupun olahraga tersebut. Misalnya pada topi, jersey sepak bola, T-shirt Spiderman di pajang di sudut kamar.

Poster dan aksesori yang sedang tren bisa juga digunakan untuk menghiasi kamar para remaja ini. Perlengkapan yang ada di dalam kamar remaja biasanya terdiri dari meja belajar dan tempat komputer, tempat tidur, lemari pakaian, rak buku, tempat sampah, serta tempat tidur cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika ada kawan yang menginap.

Furniture yang ada di kamar remaja wanita tentu berbeda dengan kamar remaja laki-laki. Di kamar remaja wanita biasanya rapi dan terkesan lebih formal. Dekorasi yang ditampilkan lebih sederhana, seperti gambar hati dan pita. Demikian juga perkakas yang digunakannya. Rata-rata, terdapat meja rias dan lemari berisi buku cerita atau novel atau boneka.

Berbeda dengan kamar remaja laki-laki, koleksi mobil-mobilan dan robot biasanya berserak di atas meja belajar atau di atas lemari pakaian. Remaja laki-laki lebih bebas dan dinamis, mereka lebih suka memilih dudukan tempat tidur yang rendah dari umumnya. Remaja laki-laki pada umumnya tidak menghendaki banyak barang, sebaliknya yang harus ada adalah radio tape atau gitar.

Baca juga : Tips membuat dan merawat kamar mandi 

Menghias Jendela Kamar Anak

Jendela merupakan salah satu yang patut mendapat perhatian khusus di kamar anak. Selain keindahannya, yang harus diperhatikan dari jendela adalah  keamanannya. Apalagi jika anak masih belajar jalan atau masih senang menarik segala sesuatu yang ada di dekatnya, akan lebih baik menghindari list yang berat dan gorden yang banyak lipatan. Di khawatirkan, ia menarik gorden dan lis menimpa badannya. Untuk mencegah kecelakaan semacam itu, maka cobalah tips berikut ini.

  • Hindari Gorden yang menjuntai sampai ke lantai, terutama jika anak anda masih berusia dibawah 5 tahun.
  • Hati-hati dalam pemilihan lis dan perangkat pelengkap lainnya, terutama jika jendela dekat dengan tempat tidur, meja atau yang mudah dijangkau lainnya. Gunakan tali saja untuk mengikatkan gorden dari ujung kiri ke kanan.
  • Bisa juga pilih kerai dari kayu.
  • Model gorden bisa dibedakan untuk kamar anak laki-laki dan anak perempuan.
  • Kamar anak juga bisa dihiasi seperti kamar orang tua.
  • Pilihlah hiasan yang sesuai dengan tema yang dipilih, demikian juga dengan penggunaan warnanya.
  • Gunakan hiasan yang menarik pada jendela, seperti pita-pita.

Bingung lemari yang jamuran ? baca : Isi Lemari Anda Jamuran? Pakai Serap Air

Anak merupakan amanah yang harus dijaga, menjaga anak dari pengaruh buruk di luar rumahnya bisa dimulai dari kamar yang menyenangkan untuknya. Tips menata kamar anak agar lebih menyenangkan ini semoga bisa menajdi inspirasi mak super agar anak-anaknya betah untuk tinggal dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *