Categories
Kesehatan & Kecantikan

Hindari Makanan Ini untuk Mencegah Penuaan Dini!

Mak, sebaiknya hindari makanan-makanan ini jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini. Makanan yang mudah didapatkan hingga tanpa sadar membuat kita sering mengonsumsinya. Padahal, makanan ini dapat membuat Anda lebih cepat tua dari usia Anda yang sebenarnya. Agar tidak sampai  terjadi maka sebaiknya waspadai makanan-makanan ini:

Makanan yang Terlalu Asin 

aneka ikan asin penyebab penuaan dini

Berdasarkan sebuah studi di American Association’s Daily terungkaplah fakta bahwa seseorang yang mengonsumsi natrium sebanyak 1500 gram dalam sehari akan mengalami kenaikan tekanan darah. Kenaikan tekanan darah inilah yang dapat berpengaruh pada rusaknya lapisan kolagen pada kulit. Ketika lapisan ini rusak maka akan timbul gejala penuaan diri mulai dari kerutan, kantung mata atau lingkaran hitam bawah mata. Contohnya yaitu aneka ikan asin yang melalui proses penggaraman agar lebih awet.

Makanan yang Terlalu Pedas

makanan super pedas penyebab penuaan dini

Jika Anda penyuka pedas sebaiknya sedikit direm, jika tidak ingin gejala penuaan dini segera menghampiri Anda. Makanan dengan rasa pedas berlebih dapat membuat kulit menjadi kemerahan akibat rasa panas yang ditimbulkan dari makanan super pedas ini. Bahkan pada wanita yang sudah mengalami monopouse makanan pedas dapat menjadi pemicu kerusakan kulit yang tentunya tidak diharapkan.

Ingin baca yang ini juga, Mak? Akibat Makanan Pedas bagi Kesehatan

Makanan yang Terlalu Manis

minuman bersoda penyebab penuaan dini

Masalah akan terjadi ketika tubuh mengalami glikasi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Glukasi inilah yang menjadi penyebab rusaknya kolagen pada kulit. Kerusakan ini mengakibatkan kulit mengendur dan terlihat keriput sebagai salah satu gejala penuaan dini. Jadi mulailah kurangi konsumsi makanan dengan rasa manis yang berlebihan mulai dari sekarang. Minuman bersoda adalah salah satu yang kambing hitam untuk masalah ini. Parahnya minuman bersoda juga selain membuat kerusakan kolagen juga penyebab dehidrasi yang juga memicu penuaan dini.

Makanan Berkafein

Makanan berkafein penyabab penuaan dini

salah satu efek dari makanan berkafein adalah efek diuretik yang menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan cairan lebih banyak baik dalam bentuk urin maupun keringat. Itulah sebabnya mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan Anda berpotensi mengalami dehidrasi. Akibatnya kulit kering hingga tidak telihat kencang lagi atau keriput. Salah satu gejala penuaan dini yang ditakuti banyak wanita yang belum siap untuk terlihat tua.
Kalau sudah terlanjur terjadi baca ini:Trik Make Up agar Terlihat Awet Muda

Makanan Berlemak Jenuh

Makanan berlemak jenuh adalah salah satu penyebab dari penyumbatan pembuluh darah termasuk arteri. Ketika hal ini terjadi maka elastisitas kulit menjadi berkurang. Akibatnya wajah jadi terlihat lebih tua dengan muculnya kerutan pada wajah karena kekencangannya berkurang drastis. Sebaiknya cukupi kebutuhan lemak di tubuh dengan mengonsusi lemak tak jenuh yang jelas lebih menyehatkan dan bermanfaat bagitubuh.

Daging Merah

daging merah penyebab penuaan dini

Sebetulnya memakan daging merah, apalagi yang tanpa lemak memberi manfaat yang sehat untuk tubuh. Namun bila berlebihan hingga mencapai lebih dari 1 kali dalam seminggu justru berakibat buruk bagi tubuh. Salah satu akibatnya yaitu munculnya gejala penuaan dini pada kulit seperti keriput, dll. Setidaknya begitulah menurut studi yang dilakukan Cleveland Clinic’s Wellness Institute.

Alkohol

Mengkonsumi minuman beralkohol dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan. Akibatnya kulit menjadi kering dan menyebabkan kulit Anda terlihat kendur dan keriput. Kedua gejala ini termasuk kondisi penuaan dini yang dapat terjadi pada para pecandu minuman keras yang menjadikan alkohol sebagai bagian dari gaya hidup mereka sehari-hari.

Karbohidrat Sederhana

karbohidrat sederhana penyebab penuaan dini

Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana memerlukan pengolahan yang lebih cepat hingga berpotensi menumpuk gula di tubuh dalam jumlah besar. Akibatnya terjadi kerusakan pada kolagan pada kulit hingga munculah berbagai gejala penuaan dini lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks yang lebih aman bagi tubuh dan kulit.

 

Ayo, sudah siapkah untuk menjauhi makanan-makanan tersebut, Mak? Lebih cepat lebih baik jika memang Anda ingin mencegah penuaan dini yang mungkin dapat Anda alami. Biarkan penuaan datang secara alami pada saatnya, jangan membuatnya lebih cepat karena akan membuat banyak perubahan yang dapat terjadi dalam hidup Anda. Mulai dari berkurangnya rasa percaya diri yang bisa jadi memiliki berbagai dampak terhadap hidup Anda. Mulai dari masalah sosial hingga masalah ekonomi. Masih banyak kesempatan yang akan datang dalam hidup Anda dan jangan biarkan tua sebelum waktunya menjadi penghalang.

Baca ini juga ya, Mak! : Ternyata Ada Loh Kebiasaan Buruk Berakibat Penuaan Dini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *