Categories
Karier

Kiat Bekerja dengan Tenggat Waktu

Bekerja dengan Tenggat Waktu
Bekerja dengan Tenggat Waktu

Bagi yang tidak terbiasa, bekerja dengan tenggat waktu alias deadline bisa jadi suatu hal yang bisa menimbulkan stres.  Padahal gak perlu stres juga loh Bunda, karena tenggat waktu sebenarnya dilakukan bukan untuk mempersulit, tapi mempermudah dengan segala hal yang teratur dan trencana. Makanya, jika Bunda bisa mengatasinya dan menghadapi dengan tenang, pasti segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Kiat Bekerja dengan Tenggat Waktu

Berikut ini beberapa hal yang perlu Bunda persiapkan agar lancar menghadapi deadline:

Manfaatkan Pengingat

Mau menggunakan pengingat waktu, pengingat tanggal, hingga pengingat apapun yang bisa membantu Bunda untuk mengingat jatuh tempo mengerjakan sesuatu, tentu bisa membantu Bunda agar lebih rapih dalam menyelesaikan pekerjaan dan tidak lupa. Karena kadang tenggat waktu yang diberikan bisa sangat lama, belum lagi jika Bunda masih memiliki segudang tugas lain yang perlu diselesaikan.

Bisa-bisa pekerjaan Bunda yang satu ini malah keteteran. Agar lebih mudah, Bunda bisa dengan sengaja membuat pengingat ini dalam hp yang Bunda bawa kemana-mana, atau dengan membuat coretan-coretan tanda pengingat dalam kalender.

Kenali Cara Kerja dan Hindari Memulai di Saat Akhir

Tipe orang bermacam-macam, ada yang lebih terpacu adrenalinenya dengan mengejar deadline di akhir waktu. Ada juga yang sengaja menyicilnya sejak jauh hari, bahkan menyelesaikannya dengan fokus tanpa ingin diganggu dengan urusan lain. Hal yang paling penting adalah tidak memulainya di saat akhir.

Makanya Bunda perlu membuat estimasi waktu kesanggupan kerja apabila bekerja dengan tenggat waktu. Jika Bunda sanggup bekerja sehari selama 4 jam, dan dalam 4 jam tersebut bisa mengerjakan 10% pekerjaan, maka Bunda bisa mengestimasi  sendiri waktu yang Bunda butuhkan untuk menyelesaikan keseluruhan pekerjaan.

Membagi Tugas

Jika Bunda menghadapi pekerjaan deadline yang dilakukan dalam bentuk tim, maka Bunda perlu secara bijak membagi pekerjaan tersebut sesuai kemampuan serta kapasitas yang dimiliki masing-masing individu. Namun jika Bunda menghadapi deadline sendirian, maka Bunda perlu membagi tugasnya dalam batasan waktu dari mulai yang paling mudah dengan batasan waktu yang berbeda dengan yang paling sulit. Hal ini bisa membantu Bnda menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.

Tetap Memacu Semangat

Adakalanya ketika bekerja dengan tenggat waktu Bunda akan menemukan banyak kendala. Baik yang berasal dari luar ataupun dalam. Jika ingin menyelesaikannya sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, maka Bunda memerlukan motivasi yang jelas agar tidak terjadi penurunan semangat yang menyebabkan pekerjaan Bunda malah keteteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *