Categories
Rumah Tangga

Hal-hal Penyebab Rumah Tangga Taklagi Hangat

Rumah Tangga Taklagi Hangat
Rumah Tangga Taklagi Hangat

Pernikahan yang tidak terjaga dengan baik bisa menyebabkan rumah tangga tak lagi hangat. Tentu saja, karena menikah adalah pertemuan dua orang berbeda yang kemudian tinggal satu atap. Mungkin saja dari luar sebuah pasangan akan terlihat sangat serasi dan kompak. Bahkan hampir tidak ada yang tahu mereka pernah punya masalah. Padahal, mereka seringkali meributkan satu atau banyak hal. Alasannya pun beragam, bisa dari masalah yang besar hingga sangat kecil, seperti hal-hal berikut ini:

Hal-hal Penyebab Rumah Tangga Tak lagi Hangat

Ada berbagai alasan yang dapat menjadi penyebab rumah tangga tak lagi hangat. Antara lain sebagai berikut.

Masuknya Orang Ketiga

Orang ketiga dalam hubungan rumah tangga bisa berarti siapa saja. Terutama orang-orang yang kemunculannya dirasa mengusik oleh salah satu pasangan terhadap pasangan lainnya. Untuk anggapan yang tidak terlalu parah pada dasarnya masih bisa diselesaikan dengan bicara dan saling memahami satu sama lain. Karena hal seperti ini sering dilandaskan pada rasa cemburu.

Misalnya saja terlalu ikut campurnya orangtua ke dalam hubungan rumah tangga yang akhirnya dianggap pasangan sebagai orang ketiga, atau pasangan yang mungkin belum terlalu membatasi diri terhadap cara pertemanan setelah menikah yang seharusnya tidak selonggar ketika berpacaran. Hal terparah adalah anggapan masuknya orang ketiga ini sebagai bentuk perselingkuhan yang terjadi dengan lawan jenis.

Pudarnya Asmara

Ketika pasangan memasuki tahap pengenalan, mereka cenderung menikmati hal-hal baru mengenai pasangannya dan menjadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak. Seiring perjalanan waktu, banyak hal mengenai pasangan terasa tidak lagi baru dan menarik. Bahkan mereka cenderung lebih banyak komplen terhadap sikap-sikap bertentangan yang ditunjukan pasangan atau hal-hal kecil yang sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan dan dibesar-besarkan hingga menyebabkan rumah tangga taklagi hangat.

Kurangnya Waktu Bersama

Pernikahan perlu dijaga dengan komunikasi yang memunculkan sikap saling pengertian. Jika komunikasi menjadi jarang akibat salah satu atau keduanya terlalu sibuk, tentu akan ada pasangan yang merasa dirinya diabaikan. Takjarang hal ini memancing pertengkaran kecil dalam hubungan rumah tangga, dan jika semakin dibiarkan akan berubah menjadi  pertengkaran besar.

Pandangan dan Cara Mengenai Kebersihan

Umumnya antara suami dan istri memiliki cara pandang yang berbeda mengenai cara kebersihan. Ada istri yang sudah membereskan rumah dengan rapih, menyusun dan meletakkan kembali barang yang berantakan ke tempatnya agar anggota keluarga bisa merasa nyaman. Tapi suami malah tidak paham dengan kembali mengacaknya dengan mudah.

Misalnya dengan meletakkan baju atau barang sembarangan setelah pakai. Hal ini bisa menimbulkan perasaan tidak dihargai akan jerih payah sang istri, menciptakan pertengkaran kecil hingga penyebab rumah tangga taklagi hangat.

Baca juga: Pentingnya Pelukan Ibu Bagi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *