Categories
Dapur

Ibu, Yuk Simak Menu Sarapan Praktis Untuk 1 Minggu

Menu Sarapan Praktis untuk 1 Minggu

Menu sarapan praktis untuk 1 minggu, tentu akan memudahkan ibu dalam menyiapkan sarapan anggota keluarga. Sarapan memang memiliki manfaat yang tinggi, sehingga perlu dipersiapkan dengan baik. Sarapan harus mengandung cukup gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ibu, Yuk Simak Menu Sarapan Praktis Untuk 1 Minggu

Sarapan sebaiknya dilakukan setiap pagi. Setidaknya ada 5 alasan sarapan, mulai untuk menjaga metabolisme sampai penigkatan konsentrasi. Menilik pentingnya sarapan, maka menu sarapan harus disediakan dengan kecukupan vitamin, mineral dan beragam zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut menu sarapan praktis untuk 1 minggu:

  • Senin

Nasi putih hangat, tempe goreng, sambal terasi, sayur lalapan terdiri dari: selada, kacang panjang dan mentimun. Minumnya susu. Menu ini hampir memenuhi kriteris 4 sehat 5 sempurna, bagus untuk mengawali minggu.

  • Selasa

Nasi goreng yang dilengkapi dengan daging ayam dan taburan bawang goreng, telur mata sapi, buah apel, dilengkapi dengan jus jeruk. Menu ini kaya dengan vitamin c, vitamin d dan karbohidrat.

  • Rabu

Nasi putih, sayur pecel tentunya beserta bumbu pecel, dan tempe goreng atau rempeyek kacang tanah. Minumnya cukup air putih atau teh hangat. Bumbu pecel dapat dibuat sehari sebelumnya, dan sayuran untuk merebusnya tidak perlu waktu terlalu lama. Menu ini akan membuat anak bersemangat sekolah

  • Kamis

Bosan dengan nasi, maka buat menu roti bakar, telur mata sapi, keju atau selai, buah apel atau pisang baik untuk pencuci mulut. Jus tomat akan membuat suasana menjadi segar. Menu ini cukup praktis.

  • Jum’at

Roti isi bisa jadi menu yang menarik untuk hari sekolah yang pendek. Sediakan roti tawar dua helai, kemudian beri isian keju, daging, tomat dan selada. Susu bagus sebagai minumannya. Menu ini cukup menyediakan energi namun tidak terlalu mengenyangkan. Jum’at umumnya sekolah atau instansi mengadakan kegiatan olahraga atau jum’at bersih.

  • Sabtu

Kembali menyediakan nasi baik untuk mencegah kebosanan. Rawon yang dibuat sehari sebelumnya, tentu tidak merepotkan ibu untuk menyediakan sarapan. Tambahkan kecambah dan sambal untuk tambahan vitamin. Jus buah segar baik untuk mendampingi rawon yang mengandung lemak dan nasi berkabohidrat.

  • Minggu

Minggu adalah hari yang panjang. Umumnya anggota keluarga ada di rumah, sehingga semuanya dapat diminta bantuan untuk memasak. Masaklah menu yang agak istimewa, seperti sop dilengkapi dengan perkedel, tahu goreng dan tempe goreng. Sambal kecap tentu membuat suasana lebih hidup. Minumannya bisa susu atau jus. Semua anggota keluarga tentu akan dengan senang hati menunggu dan menikmati sarapan di hari minggu.

Demikian menu sarapan praktis untuk 1 minggu. Semoga bermanfaat dan menambah referensi menu untuk anda.

Baca juga: Langkah Tepat Membuat Nasi

One reply on “Ibu, Yuk Simak Menu Sarapan Praktis Untuk 1 Minggu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *