Categories
Dapur

Ini Dia Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya

Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya

Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya, sudah dikenal cukup luas. Buah yang berasal dari meksiko ini memang cocok untuk dikembang biakkan di Indonesia. Hasilnya saat ini di setiap pasar tradisional dan modern, buah ini ada.

Ini Dia Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya

Buah pepaya mungkin adalah salah satu buah paling mudah ditemukan di musim apa saja, selain pisang. Minim obat dan tidak perlu perlakuan khusus untuk merawatnya. Namun buah pepaya yang masak tidak bisa dibiarkan terlalu lama, sebab ia akan dengan mudah menjadi busuk. Pepaya yang dibanderol seharga tidak lebih dari Rp 50.000, nyatanya memiliki banyak manfaat. Bukan hanya buahnya, namun daun dan juga biji keringnya.

Berikut adalah Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya:

• Buah

Buah pepaya masak biasa dihidangkan untuk makanan pencuci mulut, salah satu buah dalam rujak manis, dibuat es buah dan dapat pula dimakan untuk kudapan. Buah pepaya yang masih mudah dipergunakan untuk beragam sayuran, mulai sayur pedas, sayur kare dan beragam olahan lainnya. Buah pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk pencernaan. Anda yang mengalami sembelit sebaiknya mengkonsumsi pepaya untuk melancarkannya. Selain kaya serat, pepaya kaya vitamin A dan C.

• Daun

Daun pepaya muda yang pahit banyak dipergunakan untuk sayur, dengan mancampurkannya dengan beluntas atau singkong. Sambal terasi cocok sebagai pelengkapnya. Selain untuk sayur, daun pepaya dapat dipergunakan untuk mengempukkan daging. Remas-remas daun pepaya pada daging, kemudian rebus daging. Kandungan vitamin C pada daun pepaya lebih tinggi dibandingkan pada buahnya.

• Biji

Biji pepaya kering dapat dipergunakan untuk pengobatan kanker. Namun bahayanya, biji kering ini dapat mengakibatkan terjadinya keguguran. Jadi sebaiknya wanita hamil tidak mengkonsumsi biji pepaya.

• Bunga

Beberapa makanan khas Indonesia, menggunakan bunga pepaya sebagai bahannya. Sebut saja salah satu masakan khas Aceh, menggunakan bunga pepaya rebus, dicampurkan dengan beragam bumbu dan cabe dengan cara ditumis. Tentu saja hasilnya adalah tumisan khas nusantara yang pedas, menggetarkan lidah.

Pepaya hanya meninggalkan batangnya, yang kurang memiliki manfaat baik untuk masakan atau kesehatan. Namun ternyata semua bagian pepaya dapat dimanfaatkan untuk manusia.

Pepaya sebenarnya cukup mudah untuk ditanam. Bijinya cukup disebar dan tidak perlu perlakuan khusus. Siram setiap pagi dan berikan pupuk kandang saat telah muncul daunnya. Dalam waktu kurang lebih 2 tahun, buah pepaya akan muncul disertai daun yang lebat. Jika anda memiliki pohon pepayan tentu dapat memanfaatkannya secara maksimal. Demikian Manfaat Buah, Daun dan Biji Pepaya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Baca juga: Menu Sarapan Praktis Untuk 1 Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *