Categories
Parenting

Punya Anak yang Pemalu? Yuk Simak 3 Jurus Hadapi Anak Terlalu Pemalu!

3 Jurus Hadapi Anak Terlalu Pemalu

3 jurus hadapi anak terlalu pemalu, dapat dilakukan oleh siapa saja. Tentu saja untuk orang-orang yang berhubungan dengan anak-anak, termasuk di dalamnya orang tua, guru, atau saudara dan sanak famili. Mempunyai anak terlalu pemalu memang terkadang membuat pusing kepala juga.

Punya Anak yang Pemalu? Yuk Simak 3 Jurus Hadapi Anak Terlalu Pemalu!

Anak pemalu sebenarnya adalah hal yang wajar. Bahkan para pemalu ini kadang terkesan tidak terlalu merepotkan. Mereka adalah anak manis, yang sangat senang patuh pada peraturan. Mereka merasa tidak perlu menonjol, dan mengikuti arus. Namun menjadi terlalu pendiam, akan menjadi masalah yang serius. Bisa saja mereka kesulitan mengekspresikan diri dan tidak dapat mencapai apa yang diharapkannya.

Sebagai orang tua, apabila melihat gelagat anaknya menjadi pemalu, sebaiknya tidak merasa tenang-tenanag saja. Tetap usahakan mereka menjadi pemalu yang mampu mengekspresikan diri dan bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Kunci sukses pergaulan masa dewasa, salah satunya adalah keberanian berekspresi dan bergaul.

Agar tidak pusing dengan anak pemalu, berikut adalah 3 jurus hadapi anak terlalu pemalu:

1. Pahami Emosional Anak

Memahami emosional anak adalah hal paling baik. Sifat pemalu bisa saja timbul dari dalam diri atau bawaan lahir. Namun ada juga sifat pemalu yang terbentuk karena tindakan keras orang tua. Pemahaman emosional anak oleh orang tua, akan menempatkan porsi pendidikan yang tepat. Ada kalanya anak perlu diperingatkan dengan keras, namun kebebasan berekspresi tetap hak anak. Pengekangan akan membuat anak menjadi pendiam dan kemudian pemalu.

2. Jangan Berharap Terlalu Tinggi

Harapan terlalu tinggi dari orang tua kepada anak, akan membuat anak merasa tertekan apabila tidak dapat memenuhinya. Jadilah anak yang tidak dapat memenuhi harapan tersebut, terpuruk dan menjadi pemalu. Banyak bukan anak yang sedemikian rajin dan pandai, namun tidak dapat sukses dalam hidupnya. Sangat mungkin ia mengalami banyak tekanan tarjet dan menilai dirinya sendiri terlalu rendah, sehingga yang timbul adalah menjadi pemalu.

3. Ajari Persaingan

Berikan pengertian pada anak, bahwa hidup adalah persaingan yang tidak terhindarkan. Jangan terlalu gembira jika ia mendapatkan kemenangan atau terlalu sedih jika kalah. Pendidikan seperti ini akan terus menerus menimbulkan percaya diri pada anak, dan pada giliranyya ia tidak menjadi terlalu pemalu.

Intinya adalah jadikanlah anak sebagai manusia seutuhnya. Manusia dengan segala dinamikanya. Anak yang mampu menerima kehidupannya, akan menjadi seorang yang lebih terbuka dan tidak pemalu.

Semoga 3 jurus hadapi anak terlalu pemalu, bermanfaat dan mudah untuk dilaksanakan.

Baca juga: Pengasuhan Anak Untuk Ibu Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *