Categories
Kesehatan & Kecantikan

Yuk Simak Informasi Seputar 5 Makanan yang Baik Untuk Otak

5 Makanan yang Baik Untuk Otak

5 makanan yang baik untuk otak, terdiri dari beragam makanan. Makanan tersebut mudah ditemukan di sekitar kita. Harganya jangan khawatir, pasti terjangkau. Jadi untuk membuat otak lebih sehat, tidak perlu biaya yang mahal.

Yuk Simak Informasi Seputar 5 Makanan yang Baik Untuk Otak

Otak adalah bagian terpenting dari manusia. Di sinilah terdapat pusat pengaturan beragam aktifitas tubuh, sadar atau tidak sadar. Memperhatikan asupan makanan untuk otak, tentunya juga akan berakibat baik bagi otak. Otak dengan nutrisi yang baik, akan membuat banyak hal berjalan lancar, termasuk lancar belajar di sekolah bagi anak-anak.

5 makanan yang baik untuk otak, yaitu:

1. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang mete, kacang tanah, hazelnut, walnut, almond, biji bunga matahari dan biji labu dikenal baik untuk kesehatan otak. Kandungan di dalamnya seperti vitamin B6, vitamin E, dan folat, berguna untuk menutrisi otak agar dapat berpikir secara jernih. Asam lemak omega 6 dan omega 3 dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, berfungsi sebagai antidepresan. Kandungan lainnya magnesium, tiamin dan mangan baik untuk fungsi kognitif dan daya ingat otak.

2. Buah Berry

Buah berry terdiri dari, blueberry, blackberry, strawberry dan raspberry, dikenal mengandung anti oksidan yang mampu meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik. Orang yang mengkonsumsi buah berry secara teratur memiliki daya ingat masa lalu yang baik.

3. Coklat

Kandungan flavonol pada biji kako sebagai bahan dasar coklat, mampu meningkatkan aliran darah ke otak. Kandungan ini tidak ditemukan pada jenis minuman lain, seperti teh hijau atau kopi. Peningkatan aliran darah ke otak, tentunya meningkatkan kinerja otak.

4. Ikan

Ikan tinggi kandungan omega 3. Sebagaimana kacang-kacangan, omega tiga berfungsi sebagai antidepresan. Untuk mengurangi resiko Alzheimer, maka disarankan untuk mengkonsumsi ikan 1 porsi dalam seminggu. Ikan yang paling baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon dan ikan tuna.

5. Sayuran Hijau

Kandungan vitamin B6 dan B12 pada sayuran hijau, baik untuk meningkatkan kinerja otak. Hal ini berlaku baik untuk anak-anak dan orang dewasa. Konsumsi sayuran hijau teratur juga memperkecil resiko Alzheimer.

Makanan-makanan tersebut adalah bagian dari makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi. Di pasar modern atau tradisional cukup mudah untuk didapatkan. Sehingga tidak perlu susah untuk mencarinya.

Demikian 5 makanan yang baik untuk otak. Ternyata tidak susah bukan mencarinya? Semoga bermanfaat dan salam sehat.

Baca juga: Sayuran Pahit Kaya Manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *