Waspadai Kesehatan Reproduksi Anda dari 5 Gejala Ini!

0
38

waspadai kesehatan reproduksi Anda

Kesehatan reproduksi adalah salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian kita, Mak. Apalagi untuk Anda yang masih dalam usia subur dan masih berharap untuk memprogram kehamilan untuk anak berikutnya. Kelalaian kita bisa berakibat fatal, bahkan dapat merusak harmonisasi hubungan Anda dengan suami. Untuk itu sebaiknya waspadai 6 gejala berikut ini:

Daging Kecil Saat Menstruasi

Perhatikan selalu pembalut Anda ketika akan menggantinya atau setiap kali buang air kecil dalam kondisi sedang menstruasi. Jika Anda menemukan daging kecil yang keluar dari vagina Anda setiap kali menstruasi sebaiknya periksakan pada dokter ahli kandungan. Bisa jadi terdapat kista pada rahim Anda. Penangan yang semakin cepat membuat bahayanya lebih mudah diatasi atau diantisipasi.

Sakit Berlebihan Saat Menstruasi

Rasa sakit yang timbul saat menstruasi sebetulnya biasa. Hal ini disebabkan meluruhnya dinding rahim yang menyebabkan keluarnya darah menstruasi tersebut. Waspadai ketika rasa sakit tersebut jauh lebih sakit dari biasanya. Apalagi jika rasa sakit tersebut berlangsung dalam kurun waktu  yang lama setiap kali menstruasi. Kekhwatirannya rasa sakit ini adalah sebuah gejala adanya myom atau kista. Jika masih kecil, kemungkinan masih bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat yang direkomendasikan dokter kandungan Anda.

Menstruasi yang Terlalu Lama

Menstruasi yang normal berkisar antara 5-7 hari. Biasanya peluruhan terjadi 5 hari, 2 hari sisanya adalah pembersihan. Itulah sebabnya, ketika menstruasi Anda lebih dari 7 hari, bahkan mencapai 2 minggu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Kekhawatirannya adalah kesehatan reproduksi Anda terganggu. Gejalanya tentu dengan terjadinya pendarahan yang Anda alami. Gangguanya bisa diketahui lebih lanjut dengan pemeriksaan mendalam yang akan dilakukan dokter kandungan langganan Anda.

Keputihan

Keputihan yang sering terjadi sebelum atau setelah menstruasi adalah kondisi normal yang dialami setiap wanita. Tapi waspadalah ketika keputihan yang Anda alami muncul di luar waktu tersebut. Keputihan yang menimbulkan rasa gatal atau bau tidak sedap harus diobati dengan menggunakan obat keputihan. Apalagi yang muncul bentuknya menyerupai serbuk sebesar butiran nasi bisa jadi seagai gejala dari kemandulan yang mungkin Anda derita. Terutama untuk Anda yang sudah lama menikah tapi belum juga memiliki anak.

Baca juga: Cara Efektif Memprogram Kehamilan Anak Laki-Laki

Celana Dalam Berbahan Satin

Celana dalam yang baik adalah celana dalam dengan bahan katun yang dingin dan mudah menyerap keringat. Ini akan membantu sirkulasi yang baik pada alat reproduksi Anda. Selain itu juga membuatnya tetap kering hingga sangat kecil kemungkinan terkenan jamur yang membuat rasa gatal seringkali menyerang. Untuk mengikuti trend, celana satin kerap kali menjadi pilihan untuk digunakan. Padahal, satin termasuk bahan yang tidak direkomendasikan untuk celana dalam. karakteristik bahannya sangat rapat hingga tidak ada sirkulasi dan tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Waspadai celana bahan satin ini ya, Mak. Sebaiknya segera ditinggalkan. Jika sayang untuk meninggalkannya boleh digunakan tapi harus sering diganti untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda.

Kebiasaan Memangku Laptop/Menyimpan HP di Saku Celana

Walaupun memangku laptop adalah salah satu cara tersantai dalam berselancar di dunia maya hal ini merupakan kebiasaan yang harus dihentikan. Pun dengan mengantongi HP pada saku celana Anda. Waspadai radiasi berlebih yang mungkin menyerang organ intim Anda. Radiasi berlebih pada alat reproduksi dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, terutama penyakit reproduksi. Penyebabnya tentu radiasai yang dapat merusak sistem tubuh Anda. Hasilnya Anda dengan mudah terserang berbagai penyakit reproduksi mulai yang ringan hingga yang berat. Kanker rahim, kanker leher rahim, atau bahkan kemandulan.

Itu dia beberapa hal yang harus Anda waspadai mengenai kesehatan reproduksi Anda, Mak. Menjaga selalu lebih baik daripada mengobati. Mengobati lebih baik daripada mendiamkannya hingga lebih parah. Jika bukan diri kita yang waspada terhadap organ reproduksi kita, lalu siapa lagi?

Baca yang ini juga ya, Mak: 5 Fakta Kelebihan Perempuan yang Jarang Disadari 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here