Toast (Roti Bakar)

0
53

roti bakar

Dari sejak kecil, setiap kali menonton film-film keluarga dari negeri Paman Sam sana, saya selalu ngiler untuk mencicipi sarapan ala mereka. Salah satunya adalah toast. Adegan pada saat roti yang telah berubah warna menjadi cokelat, setengah meloncat keluar dari mesin pemanggang, selalu membuat saya terpesona. Ingin rasanya memiliki mesin ajaib tersebut.

Namun sampai sekarang, harapan tersebut tak kunjung tercapai. Selalu saja ada alasan untuk menunda memilikinya. That’s okay! Bukankah “mamang-mamang” tukang roti bakar pun masih bisa berjualan tanpa adanya si mesin ajaib itu?

Oke, mari kita membuat toast menggunakan frying pan saja. Namun, toast yang akan saya buat tidak akan seberminyak seperti toast buatan “mamang-mamang” tukang roti bakar. Walaupun memang dengan penggunaan margarin yang banyak, akan dihasilkan toast yang tetap moist pada saat sudah dingin. Namun, saya tetap lebih menyukai toast yang tidak terlalu berminyak, garing di luar, dan lembut di dalam.

Toast (Roti Bakar)

cara membuat roti bakarBahan:
  • Roti tawar, dipotong-potong sesuai selera
  • Selai
  • Keju parut
  • Margarin
Cara membuat:
  1. Panaskan frying pan dengan api kecil.
  2. Ambil 2 lembar potongan roti. Olesi dengan selai, ditaburi keju parut, atau diberi isian lainnya. Tangkupkan kedua lembar potongan roti membentuk sandwich. Lakukan hingga habis.
  3. Olesi seluruh permukaan luar sandwich dengan margarin. Panggang di atas frying pan hingga kedua sisinya berwarna cokelat.
  4. Jika menginginkan toast yang garing, panggang lebih lama dengan menggunakan api yang kecil sekali.

Mudah sekali ya, membuat toast tanpa toaster. Oiya, toast ini sangat nikmat disajikan dalam keadaan masih panas. Jika sudah dingin, akan terasa agak alot. Selamat mencoba, Mak.

cara membuat roti bakar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here