Tips Rumah Sejuk Tanpa AC

0
29

Rumah sejuk tanpa AC (Air Conditioner) tentu menjadi dambaan banyak orang. Apalagi saat ini bumi semakin panas. Tidak hanya mereka yang hidup di dataran rendah yang merasakan matahari yang terik pun dengan mereka yang di dataran tinggi. Masalahnya penggunaan AC atau pendingin ruangan merupakan isu yang cukup santer bagi para pemerhati lingkungan. Karenanya perlahan tapi pasti, kesadaran masyarakat meninggalkan sedikit demi sedikit penggunaan AC ini. Selain dapat merusak lingkungan juga memerlukan voltase yang cukup besar. Untuk AC dengan voltase yang lebih hemat harganya juga cukup lumayan menguras kantong.

Sebagai seorang ibu, tentu yang kita inginkan adalah keluarga kita dapat tinggal dengan nyaman di rumah. Tanpa kepanasan namun tetap sehat. Bila perlu dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal itu juga tidak memakan biaya yang besar. Itulah alasannya kali ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk solusi masalah ini. Agar rumah Anda bisa tetap sejuk tanpa perlu menggunakan AC. Berikut tipsnya:

Buat Plafon yang Tinggi

plafon lebih tinggi rumah sejuk tanpa ac

Plafon yang tinggi selain membuat rumah tampak lebih lega juga dapat membuat udara terasa lebih sejuk. Anda juga bisa membiarkan ruangan terbuka tanpa plafon hingga terlihat bagian atap sebagai solusi untuk masalah ini. Jangan lupa gunakan pelapis alumunium foil pada bagian bawah atas yang dapat membuat suhu ruangan lebih sejuk lagi. Intinya membuat jarak pandang yang lebih tinggi antara Anda dengan pembatas di bagian atas baik plafon maupun atap secara langsung. Alumunium foil berfungsi untu memanipulasi suhu hingga bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk daripada di luar.

Baca juga:

Perbanyak Tanaman

perbanyak tanaman untuk rumah sejuk tanpa ac

Rumput atau tananman rambat bisa menjadi solusi yang tepat untuk  mendapatkan rumah sejuk tanpa AC. Warna hijau dari rumput dan dari dedaunan yang merambat selain dapat menyerap panas matahari untuk fotosintesis mereka juga dapat menyejukan pandangan mata kita. Selain itu kedua jenis tanaman ini tidak memerluakan halaman yang luas. Jadi rumah dengan halaman sempitpun bisa mendapatkan rumah yang sejuk dengan kehadiran kedua tanaman ini. Jika halaman Anda lebih luas maka Anda lebih leluasa lagi dalam memperbanyak tanaman untuk menyejukan tempat tinggal Anda.

Jika terlalu lembab terkadang timbul masalah jamur, Mak. Ini penting dibaca: Isi Lemari Anda Jamuran? Pakai Serap Air

Menggunakan Dinding Styrofoam

Selain sebagai peredam suara yang bagus, ternyata styrofoam ini juga dapat menjadi solusi yang murah untuk mendapatkan suhu ruangan yang lebih sejuk. Alasannya karena styrofoam ini bukan merupakan benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Itulah sebabnya suhu di dalam ruangan yang berdinding styrofoam lebih sejuk. Anda bisa gunakan yang polos atau berwarna sambil bermain dengan  interior ruangan agar terlihat lebih cantik.

Perbanyak Jendela

perbanyak jendela untuk rumah sejuk tanpa ac

Jendela yang banyak membuat banyaknya cahaya yang masuk secara alami. Dengan begitu rumah jadi terlihat terang dan sejuk karena udara keluar masuk melalui ventilasi yang banyak.  Gunakan sistem ventilasi silang dengan memasang dua jendela yang berhadap-hadapan dengan  lubang angin terbuka. Dengan begitu sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga Anda tidak hanya mendapat udara yang sejuk tapi juga sehat.

Itu dia beberapa tips hemat  yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah sejuk tanpa AC yang Anda dan keluarga dambakan. Rumah yang sejuk membuat hati menjadi lebih tenang dan nyaman. Jika sudah begini semua anggota keluarga akan betah dan merasa nyaman di rumah. Hasilnya Anda dan keluarga dapat hidup dengan bahagia di rumah sendiri. Home Sweet home bukan lagi sebuah impian, Mak.

Perlu Referensi untuk Desain Rumah Anda? Baca: Tips Mendesain Rumah Agar Nyaman

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here