Tips Penting Sebelum Memilih Program Asuransi

0
2

memilih program asuransi untuk keluarga

Sebagai seorang ibu yang sedianya juga sebagai manager keuangan keluarga sudah selayaknya memikirkan bagaimana memilih program asuransi yang penting untuk keluarga. Asuransi untuk diri sendiri, suami, dan anak-anak tentunya. Nah, dari berbagai program asuransi yang ditawarkan oleh banyak perusahaan asuransi seringkali membuat kita bingung untuk memilihnya. Agar tidak bingung lagi, sebaiknya  lakukan langkah-langkah berikut:

Kenali Apa yang Dibutuhkan dari Asuransi yang Akan Dipilih

manfaat memilih program asuransi

Jika Anda dan suami sering bekerja di luar lapangan atau sering berkendara sendiri maka bisa jadi Anda dan suami membutuhkan asuransi. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Ketika kita merasa sudah hati-hati dan disiplin berkendara, tapi pengendara lain belum tentu. Banyak lagi kemungkinan lain yang dapat menjadi penyebab kemungkinan terjadinya kecelakaan. Asuransi jiwa akan sangat menolong keluarga yang ditinggalkan untuk bisa survive jika sesuatu terjadi pada kita.

Jika anak baru saja lahir maka asuransi pendidikan bisa jadi yang Anda butuhkan agar kelak pendidikannya terjamin hingga ke jenjang perguruan tinggi. Pun ketika orang tua Anda mulai masuk usia lanjut, memilih asuransi kesehatan untuk menjamin kesehatan mereka juga tidak ada salahnya sebagai bakti kita pada mereka.

Selain itu tanyakan pula pada diri sendiri apakah lebih membutuhkan asuransi dengan pengembangan dana terbatas namun lebih aman dan terjamin atau asuransi yang berpotensi pengembangan yang optimal walaupun dengan sedikit resiko. Jika Anda lebih membutuhkan yang aman untuk menjamin resiko maka pilih asuransi murni. Jika ingin mencoba peruntungan untuk melambungkan nilai uang dari asuransi maka bisa pilih yang asuransi plus investasi.

Semakin cermat memilih membuat pilihan yang dipilih adalah yang paling bisa memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga. Dengan begitu, Anda akan meminimalisir kerugian yang mungkin Anda derita karena pembatalan polis di tengah kontrak asuransi. Selain itu juga untuk menghindari penyesalan di akhir karena Anda salah memilih asuransi sementara kontrak yang dibuat memakan waktu yang begitu lama.

Pastikan Berapa Premi yang Bisa Anda Bayarkan

Ini berkaitan dengan kemampuan kita untuk membayar asuransi setiap bulannya atau setiap jatuh tempo. Sebaiknya disesuaikan dengan besaran dana yang memang bisa digunakan untuk asuransi ini dalam setiap pos pengeluaran bulanan Anda.Ingat, asuransi ini memiliki jangka waktu yang cukup panjang. Ketidakmampuan Anda membayar premi berakibat penghentian kontrak asuransi sepihak hingga Anda tidak akan mendapat hak yang seharusnya Anda dapatkan dengan mengikuti program asuransi tersebut.

Masing bingung menganturnya? Baca ini: Bingung Mengatur Pemasukan? Yuk Cermat Mengatur Uang Bulanan!

Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Sebelum memilih asuransi mana yang akan dipilih sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin mengenai produk asuransi yang menjadi incaran Anda. Bisa bertanya pada agennya langsung atau jika sangsi terbawa promosi agen lebih baik tanyakan pada mereka yang sudah menggunakan asuransi tersebut bahkan sudah pernah merasakan manfaat dari asuransi tersebut.

Saat meminta informasi dari agen, mintalah dibuatkan ilustrasi dengan menggunakan besaran premi yang sama pada setiap produk asuransi yang menjadi incaran Anda. Jangan lupa tanyakan biaya apa saja yang dibebankan termasuk manfaat asuransi tersebut secara detil, termasuk pengecualian polis, dll yang dapat menjawab semua keingintahuan Anda.

Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Perusahaan asuransi yang kredibel bisa Anda ketahui dari performa perusahaan tersebut selama ini. Pastikan perusahaannya sudah terdaftar atau tidak pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), RBC (Risk base Capital), Stakeholdernya, sudah berapa lama perusahaan suransi itu berdiri, serta track reccord asuransi tersebut dalam menghadapi klien-kliennya. Ini bisa diketahui di berbagai media masa termasuk di dunia maya.

Pilih Agen Asuransi yang Qualified

Nah, untuk yang satu ini penting untuk memudahkan Anda dalam mendapat banyak informasi yang benar dan tepat mengenai berbagai hal yang ingin Anda tanyakan sebelum memilih asuransi. Agen yang qualified sudah dibekali berbagai pengetahuan yang mumpuni tentang produk asuransi yang ia jual. Dengan begitu pertanyaan apapun yang Anda ajukan kemungkinan besar bisa terjawab dengan tepat.

Mereka melewati serangkaian pelatihan dan ujian hingga berhasil mendapatkan sertifikat sebagai seorang agen sebuah perusahaan asuransi. Ini tentu dapat mengurangi kekhawatiran Anda memperoleh informasi yang salah. Dengan begitu Anda tidak akan merasakan kekecewaan telah memilih program asuransi yang menjadi pilihan Anda.

Simak yang ini juga, Mak: Ibu, Yuk Simak 5 Alasan Berinvestasi Emas yang Menguntungkan

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here