Tips Mengasuh Anak untuk Ibu Baru (Part 2)

0
1

Untuk Anda yang sudah membaca tips sebelumnya, masih ada beberapa tips mengasuh anak lainnya yang tidak kalah penting. Ini dia tips selanjutnya.

Baca juga: Tips Mengasuh Anak untuk Ibu Baru (Part 1)

tips mengasuh anak
Kredit: barrymoreonline.org

Biasakan untuk Selalu Melihat Perkembangan Mereka dari Sisi Positif

Semakin bertambahnya usia buah hati kita tentu akan membuatnya semakin cerdas lagi. Setiap hari ada hal baru yang ia pelajari dan ia dapatkan. Tidak hanya dari Anda sebagai Ibunya, tapi juga dari orang-orang di sekitarnya, pun dari berbagai acara TV, Film atau berbagai bacaan yang sudah dibacanya. Hal ini tentu sangat berpotensi membuat tingkah polahnya bisa jadi menjengkelkan, membuat Anda lelah atau bahkan merasa stress karena merasa tidak sanggup menghadapi ulah-ulah nakalnya.

Ingat Mak, mereka bukan nakal, tapi sedang mencoba bereksplorasi dengan semua hal yang sudah ia ketahui dan ia dapatkan di sekelilingnya.  Lihatlah setiap kenakalannya ini dari sisi positif. Ada hal baru yang buah hati kita dapatkan setiap harinya. Tugas kita hanya berusaha mengendalikannya untuk tidak melakukan berbagai hal yang bisa membahayakannya atau membahayakan orang lain. Selain itu tentu berusaha mendampingi mereka untuk mengarahkan mereka untuk selalu belajar berbagai hal baik dari setiap hal yang mereka alami.

Baca juga: Cara Efektif untuk Melatih Anak Menjadi Pendengar yang Baik

Bantulah Mereka untuk Bertumbuh Lebih Cerdas

Dalam mengasuh anak, berusahalah untuk membantu mereka untuk bertumbuh menjadi anak yang lebih cerdas. Jangan matikan kreativitasnya dengan banyak melarangnya  melakukan berbagai hal yang ingin dilakukannya. Jika hal tersebut memang membahayakan maka jelaskan dengan menggunakan bahasa yang mereka pahami.

Jangan memarahi mereka ketika mereka terus bertanya banyak hal pada Anda hingga Anda kewalahan. Ketika pertanyaan-pertanyaan kritisnya memang tidak mampu Anda jawab. Bila perlu, buat kesepakatan untuk mencari jawabannya dulu dan jika sudah mendapatkan jawabannya maka penuhi janji Anda. Mereka sedang belajar, dan mereka menganggap Anda mengetahui banyak hal.

Seharusnya Anda bangga akan hal itu hingga berusaha juga untuk tidak mengecewakannya dengan memberikan jawaban yang salah. Apalagi jika Anda justru memarahinya dan menyuruhnya untuk berhenti bertanya. Hal ini tentu akan mengecewakan hatinya hingga membuatnya kehilangan semangat untuk belajar lagi.

Berusahalan untuk Menjadi Panutan untuk Anak Anda

Betapa mudahnya jika Anda mengasuh anak yang mengidolakan Anda. Mereka akan meniru semua yang Anda lakukan. Mereka juga akan menuruti semua yang Anda perintahkan. Itulah sebabnya jadilah idola untuk mereka. Lakukan berbagai hal baik dengan mencontohkannya langsung. Jangan hanya bisa memerintah ini itu sementara Anda sendiri tidak melakukannya.

Hargai dan hormati mereka seperti bagaimana Anda ingin mereka hormati dan mereka hargai. Mereka akan lebih mudah ditaklukan ketika mereka menjadikan Anda sebagai idola dibandingkan sebagai musuh. Jika mereka menganggap Anda musuh mereka hanya akan menjadi pembangkang, pemberontak, dan cenderung melakukan berbagai hal yang justru Anda larang. Jika mereka menurut bukan karena kesadaran melainkan karena mereka takut, sementara di dalam hati mereka tersimpan rasa marah mereka pada Anda yang bisa jadi membahayakan masa depannya.

Bersabarlah

Ketika Anda merasa sudah melakukan segala cara tapi mereka masih menjadi anak yang sulit dikendalikan. Tidak bisa menjadi anak manis seperti yang Anda harapkan atau semakin besar justru semakin menguras emosi Anda maka bersabarlah. Ingat, Mak. Mereka masih anak-anak. Wajar apabila mereka belum bisa bertindak seperti apa yang kita inginkan dengan mulus karena ada tahap dimana mereka ingin diperhatikan, ingin selalu dianggap benar, tidak mau disalahkan, dan berbagai sikap egosentris lainnya.

Doakan mereka setiap hari agar hati mereka dilembutkan karena Allah maha pembolak balik hati. Berusahalah untuk tetap menjadi Ibu yang baik semampu yang bisa Anda lakukan. Jangan hardik buah hati Anda, jangan teriaki mereka atau bahkan menyiksa mereka karena emosi semata. Masih ada Allah Yang Maha Segalanya.

Tempat Anda meminta bimbingan dan pertolongan. Doakan mereka yang baik-baik, dan selalu limpahi mereka dengan kasih sayang dan cinta layaknya seorang Ibu. Percayalah, semua anak itu adalah manis dan mereka bisa menjadi tiket untuk Anda menuju surga. Tentu dengan syarat jika Anda bisa mengasuh anak Anda dengan sebaik-baiknya.***

Dapatkan berbagai resep dan tips membuat hidangan lezat di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here