Tips Memotret Gerhana Matahari

0
10

gerhana matahari

Untuk Anda yang hobi Fotografi tentu tidak ingin ketinggalan mengabadikan momentum gerhana matahari yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. Fenomena alam yang terjadi hanya beberapa menit saja yang sayang sekali untuk dilewatkan. Apalagi jika kota Anda dipastikan akan dapat melihat penampakan gerhana matahari ini. Tentu Anda tidak mau kan, sudah menunggu-nunggu waktu gerhana tapi ternyata Anda tidak bisa mendapatkan foto yang bagus? Agar hal tersebut tidak terjadi baca tips memotret gerhana ini sampai habis ya, Mak. Berikut tipsnya:

Gunakan Kaca Mata Khusus

Melihat dibalik lensa melalui view finder atau bahkan melihat langsung gerhana matahari dapat merusak mata ,Mak. Itulah sebabnya sebaiknya bersiaplah berburu kacamata khusus agar mata Anda aman dari bahaya akibat melihat langsung gerhana matahari ini. Efek terparah jika Anda tetap memaksa untuk melihat melalu jendela bidik kamera atau mata langsung adalah kebutaan akibat sinar tersebut. Salah satu kacamata yang sudah terbukti efektif untuk melindungi dari sinar gerhana diantaranya adalah berbagai kacamata gerhana yang sudah bersertifikat ‘CE-Approverd’.

Jika tidak mendapatkan kaca mata khusus ini Anda bisa melihat penampakannya dari layar (live view). Jika kamera Anda tidak memiliki fasilitas ini maka jalan satu-satunya yaitu dengan men-setting kamera Anda dengan mengira-ngira posisi yang pas. Settingannya yaitu dengan menggunakan iso terendah, speed dial paling tinggi, jangan lupa diafragma diset dengan bukaan paling kecil. Settingan ini juga berlaku untuk memotret dengan melihat layar atau viewfinder dengan kacamata khusus untuk mendapatkan foto gerhana yang keren karena Anda bisa melihat dan membidik langsung foto yang akan diambil tentunya.

Baca juga: 5 Cara Melihat Gerhana Matahari Secara Aman

Lensa yang Pas untuk Memotret Gerhana Matahari

Lensa yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan foto gerhana yang bagus yaitu lensa tele. Setidaknya dengan focal length 200mm sudah cukup lumayan untuk mendapat foto gerhana yang bagus. Lebih besar lebih bagus lagi. Lensa Astrosolar dapat juga digunakan sebagai lensa tambahan untuk menghilangkan kekhawatiran terjadinya kerusakan kamera Anda akibat sinar dari gerhana matahari. Selain lebih aman hasilnya juga menjadi lebih tajam hingga bisa dipastikan foto Anda akan terlihat, Wow!

Gunakan Filter

Tanpa lensa Astrosolar, filter bisa menjadi alternatif yang bisa digunakan untuk melindungi kamera Anda. Filter Neutral-Density 10 (ND 10) adalah filter yang tepat untuk digunakan untuk melindungi sensor kamera. Kekurangannya tentu harganya yang cukup lumayan menguras kantong. Kecuali jika Anda memang menjadikan fotografi sebagai salah satu profesi Anda nampaknya bisa menjadi salah satu koleksi yang harus dimiliki. Jika tidak ada atau belum mampu membelinya bisa menyewa atau menggunakan ND8+ND3 untuk mendapatkan gambar yang keren dan kamera tetap aman.

Gunakan Tripod

Ada beberapa manfaat penggunaan tripod saat moment gerhana matahari nanti:

  • Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil gambar sequensial.
  • Memudahkan Anda untuk mengatur speed kamera yang disesuaikan dengan light meter ketika kondisi gerhana masih parsial. Pasalanya, ketika gerhana matahari terjadi kondusi cahaya akan berubah-ubah mulai dari ketika matahari masih terlihat hingga gerhana total yang membuat langit terlihat seakan gelap gulita.
  • Pengaturan speed dan diafragma ini akan sangat membantu Anda untuk mengabadikan foto berlangsungnya gerhana matahari di tanggal 9 Maret nanti.

Memotret dengan Kamera HP

Pernah dengar bahwa foto yang terbaik bukan ditentukan oleh kamera terbaik, tapi bagaimana cara Anda memotret? Jadi jangan berkecil hati bila Anda belum memiliki mirrorless apalagi DSLR, kamera HP juga bisa digunakan. Lupakanlah untuk mendapatkan foto gerhana matahari yang super keren seperti yang bisa dilakukan dengan menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, tapi Anda bisa mengambil foto dengan cara yang unik. Tentunya dengan memanfaatkan momment gerhana matahari nanti. Caranya yaitu dengan memasang fitur timelapse atau landscape potrait dengan fokus utama siluet yang dihasilkan dari gerhana matahari ini. Setelah itu, mainkan kepandaian Anda dalam mengedit foto dengan fotoshop. walaupun hasilnya bukan foto gerhana terbaik tapi foto Anda bisa menajdi foto gerhana matahari terunik dan keren tentunya. Semoga berhasil ya, Mak!

Baca juga: Selfie Saat Gerhana Matahari, Berbahayakah?


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here