Tips membuat dan merawat kamar mandi 

0
7

k mandi

Banyak orang bilang bahwa kamar mandi merupakan cerminan dari penghuninya. Oleh karenanya, tak heran bila ada orang yang begitu memperhatikan betul pembuatan kamar mandi ketika membangun rumah, mereka begitu memperhatikan kamar mandi sesuai dengan selera. Hal yang sama juga dalam pemeliharaan kamar mandi,  banyak orang yang begitu memeprhatikan kebersihan kamar mandinya, ada menganggap kamar mandi sebagai tempat untuk mendapatkan inspirasi dan masih banyak lagi orang yang begitu mengistimewakan kamar mandi di rumahnya. Bila mak berencana untuk membuat kamar mandi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, diantaranya:

Faktor kesehatan (higienis)

Untuk mendukung faktor higienis ini, sebaiknya semua bahan atau material terutama lantai dan dinding harus kedap air. Dengan demikian, otomatis kamar mandi dengan mudah dapat dibersihkan.

Sirkulasi udara.

Karena kamar mandi merupakan area yang menghasilkan bau tidak sedap, maka diperlukan area yang menghasilkan bau tidak sedap, maka diperlukan ventilasi udara yang memadai. Usahakan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi, sehingga bakteri-bakteri yang ada dengan cepat akan hilang.

Faktor kenyamanan

Untuk mendukung faktor ini, usahakan menggunakan warna-warna yang cerah. Apabila kamar menggunakan warna gelap, kotoran yang menempel tidak akan terlihat. Hal inilah yang membuat kamar mandi tidak sehat dan tidak nyaman.

Saluran air yang lancar.

Dikarenakan aktivitas di kamar mandi berhubungan dengan air, maka perlu disediakan sumber air bersih serta pembuangan air kotor dari kamar mandi harus lancar.

Faktor keamanan (safety).

Lantai maupun bak air menggunakan material yang tidak licin. Semua material yang ada di dalam kamar mandi harus berkualitas dan kokoh termasuk pemasangannya. Misalnya, pemasangan westafel atau rak bahkan cermin harus benar dan kokoh agar aman.

Bila kamar mandi Anda dirumah tidak begitu besar, mak bisa mencoba tips berikut ini agar kamar mandi yang berbentuk minimalis tampak nyaman

  1. Memasang Cermin Besar.

Efek kaca yang besar ini akan memberikan kesan kamar mandi yang kecil tampak besar walaupun sebenarnya hanya manipulasi. Kaca bisa di pasang di dekat pintu, disamping bak mandi, atau diatas westafel

  1. Gunakan warna terang pada lantai.

Warna lantai yang terang akan memberikan kesan luas dan nyaman pada ruangan. Warna yang digunakan bisa baby blue atau krem, off white, putih atau baby pink.

  1. Gunakan warna cerah pada dinding.

Sama seperti lantai untuk dinding sebaiknya gunakan warna yang lebih muda dan pucat. Bila menggunakan motif sebaiknya sebagian saja , jangan semua dinding di beri motif.

  1. Warna Bingkai Jendela.

Bila di kamar mandi menggunakan jendela atau pentilasi kecil, sebaiknya gunakan warna yang cenderung gelap, ini bertujuan memberikan efek terang pada ruangan disekitar jendela.

  1. Pemilihan Lampu.

Gunakan lampu neon dengan warna putih dan terang. Karena selian hemat lampu neon warna putih membantu memberikan kesan luas.

  1. Kurangi penempatan rak pada dinding.

Banyak menggunakan rak pada dinding  akan membuat kesan sempit, sebaiknya gunakan  1 rak atau kabinet yang terpusat dengan posisi yang ideal untuk dijangkau.

 

Apabila hal-hal tersebut di atas diperhatikan, maka kamar mandi yang telah didesain akan dapat memenuhi kebutuhan serta mendukung penampilan kamar mandi anda menjadi lebih nyaman untuk digunakan tidak terkecuali kamar mandi minimalis. Jika sudah demikian, kamar mandi di rumah Mak dapat tampil menarik dengan segala bentuk dan aksesorisnya. Selamat berkreasi ya Mak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here