Tips Keren untuk Ibu Bekerja di Rumah

0
11

Ibu bekerja di rumah bukanlah hal yang langka lagi saat ini. Hadirnya internet menjadi angin segar bagi banyak wanita yang masih ingin berpenghasilan tanpa harus meninggalkan anak-anak nya di rumah. Tapi tidak sedikit mereka yang kewalahan karena ternyata bekerja di rumah membutuhkan managemen waktu yang super karena pada kenyataannya akan banyak sekali peristiwa tak terduga yang akan mengganggu pekerjaan seorang Emak bekerja.

Nah, kali ini sebagai seorang emak yang juga bekerja di rumah, saya akan membagikan beberapa tips keren yang bisa dilakukan ketika Anda memilih untuk menjadi ibu yang bekerja di rumah.

Bangun Lebih Pagi

Semakin pagi Emak bangun akan lebih banyak hal yang bisa dilakukan. Alasan utamanya tentu karena seisi rumah masih tertidur. Situasi ini tentunya akan mempermudah Anda untuk melakukan banyak hal tanpa adanya gangguan dari semua penghuni rumah. Pada saat inilah Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan rumah dengan tenang. Beres-beres rumah dan berbagai pernak perniknya, cuci piring, cuci baju, menyiram tanaman, masak diakhiri dengan mandi pagi. Untuk Anda yang beragama Islam sebaiknya dahulukan shalat subuh sebelum melakukan aktivitas lainnya jika memang Adzan Shubuh sudah berkumandang. Kalau tidak, bisa-bisa keasyikan dengan tugas domestik lalu akhirnya kesiangan Shalat Subuh.

Buat Jadwal

Jadwal, selain untuk mendisiplinkan seisi rumah juga untuk membuat semua urusan Anda menjadi lebih mudah untuk diatur. Beberapa poin bisa dibuat jadwal tetap, tapi ada sebagian yang bisa diubah setiap minggunya. Bila perlu, buat rapat keluarga setiap akhir pekan untuk memastikan bahwa tidak ada yang keberatan dengan jadwal yang sudah dibuat. Tujuannya tentu agar semua pihak terpenuhi semua haknya dan dengan senang hati melakukan semua kewajibannya di rumah. Jika demikian, maka pekerjaan Anda juga bisa dikerjakan dengan tenang karena sudah diatur dalam jadwal.

Membayar Utang dengan Mengurangi Waktu Tidur

Banyak hal yang terjadi di luar kendali karena lingkungan atau berbagai situasi acap kali tidak mendukung terlaksananya jadwal dengan baik. Hasilnya jadwal yang sudah Anda siapkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan Anda digunakan untuk kepentingan lainnya. Di sisi lain bos atau klien Anda tidak mau tahu. Anda tetap harus profesional untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika hal ini sudah terjadi, maka mau tidak mau Anda harus merelakan waktu tidur Anda untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan pada waktu yang sudah Anda jadwalkan tersebut. Untuk menyiasatinya Anda bisa bangun jauh lebih pagi atau tidur lebih larut dari biasanya. Upayakan untuk masih memiliki waktu tidur efektif selama minimal 5 jam untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga Anda.

Jaga Kesehatan

Menjadi ibu bekerja di rumah membutuhkan tenaga ekstra. Percayalah, hanya emak super yang bisa melakukannya. Untuk itu kesehatan menjadi poin yang sangat penting untuk bisa menjadi seorang ibu bekerja di rumah yang baik. Dengan begitu, semua hal yang seharusnya Anda lakukan dapat dilakukan dengan baik. Sekalipun Anda harus melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Jika tubuh dan pikiran sehat maka Anda bisa lebih fokus. Dengan begitu semuanya dapat ditangani dengan baik. Tugas sebagai seorang ibu dan sebagai seorang pekerja berjalan dengan lancar.

Tetap Tenang

Terkadang tidak semua yang diinginkan berjalan seperti apa yang diharapkan. Selalu ada rintangan yang bisa jadi akan mengacaukan peran Anda sebagai ibu sekaligus sebagai pekerja. Untuk itu Anda harus membiasakan diri untuk tetap tenang dalam menghadapi semua kekacauan yang mungkin akan terjadi. Kendalikan diri dan pikiran Anda agar semua bisa ditangani sebaik mungkin. Hanya dengan tenang semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.

Nah, sekarang saatnya Anda mengeksekusi tips keren untuk ibu bekerja di rumah tersebut. Ketika seorang Ibu memiliki keahlian atau ilmu yang bisa membuatnya menghasilkan pundi-pundi uang tidak ada salahnya bekerja di rumah. Memang tidak mudah, tapi tanpa usaha dan keinginan untuk mencoba kita tidak akan pernah tahu bahwa sebetulnya kita bisa melakukannya. Jangan takut bekerja di rumah Mak!**

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here