Tips Hemat Membangun Rumah Impian

0
1

membangun rumah minimalis

Tips hemat membangun rumah akan sangat diperlukan untuk Anda yang ingin membangun rumah idaman tapi tidak memiliki dana yang tidak cukup besar atau terbatas. Untuk membangun rumah bukan perkara main-main. Alasannya karena pembangunan rumah ini akan melibatkan banyak pihak yang memang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Diperlukan perhitungan matang dalam membangun sebuah rumah. Salah sedikit perhitungan saja bisa membuat dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian menjadi membengkak.

Pembengkakan inilah yang akhirnya membuat membangun rumah menjadi momok yang menakutkan. Tidak sedikit orang yang terlilit hutang atau bahkan stress karena membangun rumah. Itulah sebabnya pembengkakan ini sebisa mungkin harus dihindari untuk memastikan rumah dapat dibangun sesuai dengan keinginan.

Ternyata ada beberapa tips hemat yang bisa digunakan untuk memangkas cukup banyak pengeluaran dalam membangun rumah impian. Berikut tipsnya Mak:

Dibangun Bertahap

Jika anggaran yang dimiliki terbatas untuk membangun rumah sebaiknya bangun rumah secara bertahap. Dimulai dengan bagian pondasi. Setelah itu istirahatkan agak lama sambil menabung untuk mendanai pembangunan tembok dan atap rumah idaman Anda. Selanjutnya barulah bagian rumah lainnya yang harus diisi mulai dari WC, dapur,  lantai, teras, plafon, dan seterusnya.

Pintar Membeli Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan tidak sama antara satu toko dengan toko lainnya. Survay harga terlebih dahulu, terutama untuk bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan dengan jumlah yang banyak . Misalnya semen, pasir, batu bata, dan keramik. Sambil melakukan pembeliaan barang-barang tersebut Anda bisa sekaligus survey untuk barang printilan lainnya seperti wastafel, toilet, dll. Pilih barang yang sama dengan harga yang lebih murah tentunya. Selain itu plih barang yang berkualitas sama dengan harga yang jauh lebih murah. Bisa juga memilih bahan yang memiliki fungsi yang sama namun harga yang lebih murah.

Selektif Memilih Tukang Bangunan

Ada baiknya mencari informasi sebelumnya pada mereka yang sudah perpengalaman membangun rumah di sekitar rumah Anda. Jangan langsung bertanya pada tukang jika Anda belum mendapatkan informasi yang pasti. Biasanya tukang bangunan dari daerah memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan yang di kota.

Desain Rumah Minimalis

Tidak perlu menggunakan arsitek atau sarjana teknik sipil untuk mendesain rumah Anda. Browsing di internet atau gunakan waktu luang Anda ke perpustakaan setempat untuk mencari informasi terkait hal ini. Selain hemat biaya Anda juga akan memiliki lebih banyak alternatif untuk desain rumah  minimalis impian Anda. Desain yang sederhana hingga tidak membutuhkan biaya banyak namun dengan bentuk yang cantik dan elegan.

Cari Pemborong

Jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk melakukan pembelian barang, mengawasi pekerjaan tukang dan kuli bangunan lebih baik serahkan pada ahlinya. Caranya yaitu dengan mencari pemborong. Lakukan tawar menawar harga sesuai dengan kemampuan Anda dan waktu yang diperlukan untuk itu. Biasanya mereka akan memberikan estimasi biaya yang diperlukan untuk mendanai pembangunan rumah tersebut. Ini bisa diturunkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa tips hemat membangun rumah idaman Mak. Rumah tentu menjadi satu bagian terpenting setelah kita menikah. Di sinilah kelah kita akan membangun keluarga dan memeliharanya hingga ia tumbuh dan berkembang sesuai dengan cita-cita dan harapan sebelum berumah tangga. Konon katanya, sebuah keluarga akan bahagia jika ketika Anda dan suami sudah memiliki rumah sebelum usia 40 tahun. Berani membuktikan?

U

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here