Tips Ampuh Lulus Psikotest

0
17

memberi tips lulus psikotest

Ketika berkas lamaran sudah masuk dan Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi, lulus psikotest adalah pos selanjutnya yang harus Anda raih. Psikotest adalah salah satu cara untuk menyeleksi siapa saja yang cocok dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar. Tapi tentu ini tidak bisa disepelekan karena akhirnya akan menentukan Anda bisa diterima atau tidak untuk bekerja di sebuah perusahaan.

Itulah sebabnya bagi Anda yang sudah sering mengkuti psikotest tidak bisa menganggapnya mudah, tapi bagi Anda yang belum pernah mengikuti psikotes juga tidak perlu dijadikan mimpi buruk. Bagian yang terpenting justru dengan selalu mencoba mengembangkan diri sendiri dan meningkatkan potensi yang Anda miliki jauh-jauh hari sebelumnya. Tapi jika psikotest sudah di depan mata, maka kami akan membantu Anda  untuk melewatinya dengan beberapa tips berikut:

Tidur yang Cukup

Psikotest adalah sebuah test dengan rangkaian yang panjang. Selain dibutuhkan konsentrasi yang tinggi juga membutuhkan tenaga dan tubuh yang fit saat pelaksanaan test. Itulah sebabnya sebaiknya menjelang psikotest tidurlah yang cukup. Tidur berkualitas yang dapat me-recharge diri Anda secara keseluruhan. Tidur lebih awal disarankan agar bisa bangun lebih pagi untuk memastikan bahwa Anda tidak terlambat sampai ke tempat test berlangsung.

Baca juga: Ini Bahayanya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Sarapan Dulu

Agar Anda bisa lebih fokus dan konstrasi penuh ketika psikotest berlangsung sebaiknya sarapan terlebih dahulu sebelum psikotest. Isi perut secukupnya agar rasa lapar tidak mengganggu konsetrasi Anda ketika proses psikotest berjalan. Orang yang sarapan di pagi hari terbukti memiliki konsentrasi lebih tinggi dibandingkan yang belum sarapan. Itulah sebabnya sarapan jangan sampai dilupakan sebelum Anda pergi ke tempat psikotes berlangsung.

Dilarang Belajar

Soal psikotes bukan berbagai pelajaran teori atau rumus-rumus yang Anda pelajari dari SD hingga kuliah, melainkan test untuk mengetahui berbagai potensi yang Anda miliki. Termasuk kepribadian Anda, motivasi, dll yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan untuk sebuah posisi. Itulah sebabnya, belajar hanya akan membaung waktu dan membuat Anda bertambah stress. Sebaiknya justru  bersenang-senanglah seblumnya. Bahagiakan diri Anda untuk menjadi pribadi yang menyenangkan dengan berbagai sikap positif dan optimis yang Anda miliki. Cara ini justru akan memperbesar kemungkinan Anda untuk bisa lulus psikotest.

Datang Lebih Awal

Ini dilakukan agar  Anda bisa beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi di lokasi psikotest. Semakin awal Anda datang, Anda bisa mencoba untuk menyamankan diri Anda sendiri. Jika sudah nyaman maka psikotest jenis apapun, selama apapun dapat Anda hadapi dengan tenang dan konsentrasi penuh. Dengan begitu psikotest dapat mencapai tujuannya dalam mencari tahu mengenai potensi dan kepribadiaan Anda.

Menjadi Diri Sendiri

Dengan berpura-pura menjadi orang lain atau seakan-akan menjadi orang lain dalam menjawab soal-soal psikotest hanya akan mengacaukan hasil psikotest Anda. Jadilah diri sendiri dan jawablah semua soal psikotest dengan baik seperti ketika Anda menjawab semua pertanyaan biasa dengan jawaban yang jujur. Menjadi diri sendiri memudahkan Anda dalam mengerjakan setiap rangkaian test yang ada, tidak ada beban serta perasaan cemas atau waswas.  Menjadi diri sendiri membuat Anda mendapatkan pekerjaan yang memang sesuai dengan diri Anda.

Ingat ya Mak, tidak lulus psikotest bukan berarti Anda bodoh. Bisa jadi hasil psikotest Anda terlalu tinggi untuk posisi tersebut. Bisa juga karena pekerjaan yang Anda lamar tidak cocok dengan diri Anda. Apa jadinya jika Anda bekrja di bidang yang tidak sesuai atau tidak cocok dengan diri sendiri? Tentunya pekerjaan tersebut tidak akan nyaman untuk Anda lakukan. Hasilnya Anda tidak akan bisa menunjukan performa terbaik yang Anda miliki karena pekerjaan itu sama sekali tidak sesuai dengan diri Anda.

Baca juga: Apa Pentingnya Harga Diri Perempuan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here