Tempat Seru untuk Wisata Gerhana Matahari Total 2016: Sulawesi Tengah

0
8

Wisata gerhana matahari total? Memangnya aman? Selama dilakukan dengan prosedur yang dianjurkan, tentu tidak akan berbahaya. Gerhana matahari total 9 Maret 2016 tinggal hitungan hari. Fenomena alam yang langka dan mengagumkan ini sungguh sangat sayang untuk dilewatkan.

Beberapa wilayah yang akan dilalui jalur totalitas adalah sebagian dari Sulawesi Tengah. Berikut ini informasi wisata gerhana matahari total di Sulawesi Tengah.

Baca juga: 5 Cara Melihat Gerhana Matahari Secara Aman.

Wisata Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016: Sulawesi Tengah

Sumber Materi: gerhana.langitselatan.com

Palu

Di Pulau Sulawesi, gerhana matahari total pada tanggal 9 Maret 2016 akan melintas provinsi Sulawesi Tengah. Ibukota Sulawesi Tengah, Palu berada pada jalur totalitas. Meskipun kota ini sudah mendekati area perbatasan gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian.

wisata gerhana matahari total di Palu
Taman Nasional Lindu – Sumber: id.wikipedia.org

Di sekitar 60 kilometer sebelah Selatan kota Palu, terdapat Taman Nasional Lindu. Selain kota Palu, taman ini pun dapat dijadikan alternatif untuk mengamati gerhana matahari total. Di kota Palu gerhana total akan berlangsung selama 2 menit 3,3 detik. Sementara, di Taman Nasional Lindu, gerhana tootal akan dapat dinikmati sedikit lebih lama, yaitu 2 menit 41,6 detik.

Waktu terjadinya gerhana total

Awal gerhana sebagian: 07:27:49.2 WITA
Awal gerhana total: 08:37:44.5 WITA
Puncak gerhana: 08:38:45.8 WITA
Akhir gerhana total: 08:39:47.7 WITA
Akhir gerhana: 10:00:28.8 WITA

Poso

Selain di Palu, wilayah lain di Sulawesi Tengah yang akan dilalui jalur totalitas gerhana matahari adalah Poso. Di kota Poso, pemburu gerhana akan menikmati gelap total dengan durasi total 2 menit 40 detik.

Danau Poso
Danau Poso – Sumber: my-indonesia.info

Waktu terjadinya gerhana total

Awal gerhana sebagian: 07:28:10.2 WITA
Awal gerhana total: 08:38:21.4 WITA
Puncak gerhana: 08:39:41.3 WITA
Akhir gerhana total: 08:41:01.8 WITA
Akhir gerhana: 10:02:01.4 WITA

Di Poso, para pengamat gerhana pun dapat berwisata ke Danau Poso. Danau terbesar ketiga di Indonesia ini merupakan salah satu danau terindah di dunia. Pasir putih yang terhampar di tepi hingga ke dasar danau, merupakan salah satu pesona daya tarik danau ini.

Berminat untuk mengunjungi salah satu wilayah tersbut? Selain dapat mengamati prosesnya gerhana matahari total, Anda pun dapat menikmati berbagai objek wisata yang menarik. Semoga informasi mengenai wisata gerhana matahari total ini bermanfaat. Jangan lupa, utamakan keselamatan Anda.

Baca juga: Tempat Seru untuk Wisata Gerhana Matahari Total 2016: Maluku Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here