5 Jenis Tanaman Buah Dalam Pot yang Mudah Ditanam

0
86
strawberry
tanaman buah dalam pot

Ingin bertanam tanaman buah tapi bingung dengan lahan yang sempit? Jangan khwatir sekarang menanam tanaman buah tidak harus di tanah kebun yang luas, sekarang mak bisa mengembangkan tanaman buah dalam pot atau biasa disingkat tabulampot yang mudah untuk di tanam.

Beberapa tanaman buah ada yang mudah tumbuh di dalam pot tapi ada juga yang sulit berbuah bila di tanam dalam pot.  Selain itu, ada juga beberapa jenis tanaman buah yang pertumbuhannya bisa di percepat baik bunga maupun buahnya

Berikut ini ada 5 jenis tanaman buah yang dapat tumbuh dalam pot yang bisa mak super coba dirumah, agar rumah tampak cantik, asri terlebih manfaat buahnya yang bisa di makan anggota keluarga sebagai sumber vitamin atau untuk di jual.

  1. Jambu Biji

Jenis buah jambu yang satu ini tidak sulit untuk tumbuh walaupun di pot, selain mudah perawatannya juga  mudah tumbuhnya, anda cukup menjaga kesehatan tanaman, pemberian pupuk, dan penyiraman yang teratur. Di bandingkan tanaman buah jenis lain, jambu biji yang di tanam dalam pot biasanya hasil buahnya lebih banyak.  Jambu biji kaya vitamin C, serat larut,  kaya mineral terutama mangan dan magnesium, asam amino, fitokimia dan lain sebagainya. manfaat jambu biji untuk kesehatan manusia diantaranya mengobati diabetes, diare, sakit maag, masuk angin dan sariawan.  

  1. Buah Jeruk

Tanaman ini juga cocok bila di tanam dalam pot, bila pemilihan bibit dan cara menanamnya baik biasanya buah yang dihasilkan manis, buah jeruk akan senantiasa berbuah tak kenal musim. Manfaat dari buah jeruk banyak, di antaranya, sebagai sumber vitamin C, kekebalan tubuh, anti oksidan dan kesehatan kulit, kaya vitamin B6, pencegah Diabetes. Selain manfaat dari buahnya, tanaman jeruk juga bisa menambah kesan cantik rumah.

Baca juga : Infused Water Jeruk Vanilla: Mood Booster Sumber Vitamin C

  1. Buah Sawo

Sama dengan jeruk, buah sawo tidak mengenal musim, buah yang di hasilkan juga cukup banyak. Soal perawatan juga tidak sulit, cukup disiram, pupuk dan cukup sinar matahari, tanaman ini akan tumbuh. Manfaat yang terkandung dari buah sawo banyak sekali, diantaranya, memelihara tulang dan gigi, baik untuk perkembangan anak dan ibu hamil, mempercantik kulit, mencegah kanker usus dan lain sebagainya. selain buahnya, pohon sawo yang di tanam dalam pot juga dapat memberikan kesan cantik dan asri pada rumah

  1. Buah Naga

Belakangan ini pamor buah naga mulai naik seiring dengan harga belinya yang cukup mahal. Untuk menanamnya juga tidak terlalu sulit, hampir sama dengan tabulampot yang lain, buah naga juga bisa tumbuh dalam pot dengan mudah, hanya ada tamabahn untuk menanam buah naga ini, karena ukuran buahnya lebih besar daripada 3 jenis buah di atas, di media tanam (pot) di perlukan tambahan tiang untuk menopang buah-buahnya yang berukuran cukup besar. Buah ini banyak khasiatnya, di antaranya, sebagai penyembuhan berbagai penyakit seperti pencegahan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol dan mencegah diabetes melitus. Selain manfaat buahnya, nilai ekonomis dari buah ini adalah bijinya yang bisa di olah untuk dijual lagi sebagai bibit.

Baca juga : 10 Manfaat Matcha, Serbuk Hijau yang Ajaib (+Resep)

  1. Buah strowbery

Dibandingkan 4 buah di atas, strowbery lebih kecil, budidaya tanaman ini juga cukup mudah, selain di pot strowbery juga bisa di tanam dimedia tanam polybag, hanya saja menanam buah ini memerlukanketeraturan dan terjadwal, sebaiknya gunakan pupuk alami agar hasilnya lebih bagus. Manfaat strowbery banyak sekali, di antaranya untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan sistem pencernaan, anti-inflamasi, anti kanker, menjaga kesehatan tulang, menjaga sistem kekebalan tubuh. Nilai ekonomis buah ini bisa di jual baik dalam bentuk buah ataupun jus.

Semoga informasi jenis tanaman buah dalam pot ini bermanfaat. Salah satunya bisa mak pilih untuk di tanam di rumah, semoga hasilnya bagus, bermanfaat sebagai sumber makanan dan ekonomis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here