Tahap Perkembangan Anak, Enam Bulan sampai Satu Tahun

0
9
mpasi1
tahap perkembangan anak enam bulan

Melanjutkan pembahasan tumbuh kembang anak yang sebelumnya periode awal lahir sampai enam bulan. Berikut ini akan membahas tahap Perkembangan Anak enam bulan sampai satu tahun.

Pada usia 6 bulan biasanya Bayi mulai merangkak, tertarik pada semua benda, tetapi belum punya keterampilan koordinasi untuk berhati-hati. Semua barang dimasukkan ke mulut, inilah cara bayi belajar tentang dunia.

Makan

Saat ini bayi makan tiga kali sehari ditambah kudapan di pagi dan sore hari. Sistem pencernaanya sudah mampu menerima makanan yang dimakan keluarganya, asal saja dicincang atau dipotong kecil-kecil. Beberapa ibu lebih suka memberi makanan siap santap ke bayinya. Bayi mulai minum dari cangkir dan mulai menjajal makan sendiri. Beberapa bayi masih perlu tambahan susu formula sampai usia 1 tahun.

Baca juga : Tahapan Tepat Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Sampai 7 Bulan

Menangis

Bagi menangis karena frustasi dan marah, akibat tidak bisa melakukan apa yang ia inginkan, atau karena nyeri akibat cedera saat merangkak atau mencoba berjalan. Mereka juga menangis jika ditinggal sendirian, bayi mengira ia akan kehilangan orang tuanya setiap kali ditinggal.

Perkembangan sosial dan bermain

Dibanding sebelumnya, bayi kini kurang suka bergaul dengan orang yang tidak dikenal dan kadang-kadang curiga serta ketakutan. Mainan yang ia butuhkan sudah lebih banyak.

Perkembangan fisik

Selama beberapa bula ini bayi belajar duduk tegak ditopang, kemudian meragkak. Mereka mulai berdiri bahkan berjalan tanpa melalui tahap merangkak sama sekali. Begitu  bisa berdiri, anak mulai menjelajah ruangan dengan berpegangan pada perabotan dan tangannya juga sudah lebih terampil. Pada usia 1 tahun, 2 gigi depan atas, 2 gigi depan bawah dan 1 gigi geraham sudah tumbuh.

Pada fase ini kemampuan motorik halusnya semakin berkembang. Setelah tahu bahwa ia mampu menggunakan tangannya untuk memegang, melempar dan menyentuh berbagai benda, pada fase ini ia akan juga belajar bagaimana menggunakan jarinya satu persatu atau bersama-sama untuk mengambil benda yang lebih kecil, kemampuan ini akan terus berkembang dalam beberapa bulan kedepan.

Baca juga : Tahap Perkembangan Anak Saat Lahir Sampai Enam Bulan

Hubungan dengan ibu

Dari sisi emosi, anak semakin terikat dengan ibunya dan mulai dekat dengan anggota keluarga lainnya serta hewan peliharaan. Anak terus menerus ingin dekat dengan ibunya dan menjadi rewel bila ditinggal meskipun jika si ibu di dekatnya ia dengan gembira bermain sendirian. Anak terganggu jika si ibu menunjukkan ketidaksetujuan, tetapi ingatannya masih pendek sehingga ia akan mengulang perbuatannya beberapa menit kemudian, hukuman tidak ada gunanya pada tahap ini.

Di taman kanak-kanak anak terbiasa bermain dengan anak lain dan mereka belajar bekerja sama serta berbagi mainan.

Yang perlu mak ketahui juga bahwa pada usia ini, jangan terpancing membandingkan bayi anda dengan bayi lainnya, sebab bayi merupakan individu yang unik dengan minat dan preferensinya sendiri.

Pada tahap perkembangan anak enam bulan ini ada bayi yang lebih dominan mengembangkan kemampuan motorik kasarnya daripada motorik halusnya. Ada juga yang sudah mulai mencoba merangkak dengan menyeret perutnya di usia ini, ada juga yang lebih suka mengamati lingkungannya sambil duduk manis.

Pada pembahasan berikutnya tumbuh kembang anak usia 1 tahun sampai 2 tahun. Di lanjut ya mak

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here