Tahap Perkembangan Anak Dua Tahun Sampai Lima Tahun

0
17
tahap
tahap perkembangan anak dua tahun

Setelah membahas 3 fase usia tahap perkembangan anak, di akhir tema ini akan di bahas tahap perkembangan anak dua tahun sampai lima tahun dimana usia inilah anak akan mulai banyak berkenalan dengan orang banyak dan hal-hal baru.

Pada umur prasekolah ini anak berubah dari bayi yang bergantung menjadi makhluk insani yang sosial.

Perkembangan Fisik

Pada usia ini berat badan anak akan bertambah setiap tahunnya sekitar 3-5 pon.  Pada saat usia 5-6 tahun, berat badan anak harus kurang 7 kali berat badan ketika anak tersebu lahir. Untuk tinggi badan pada usia ini akan mengalami pertambahan kira-kira 3 inci setiap tahunnya, jadi ketika anak menginjak usia 5 atau 6 tahun tinggi badannya sekitar 46,6 inci. Sedangkan postur tubuh akan terlihat jelas perubahannya pada usia ini seperti anak yang bertubuh kurus atau gemuk dan terlihat jelas tubuh anak ketika usia bayi dengan usia kanak-kanak ini.

Baca juga : Tahap Perkembangan Anak 1 tahun hingga 2 tahun

Perkembangan bahasa

Pada masa anak-anak ini akan sangat berbeda dengan masa bayi karena anak akan mampu dengan cepat menghafal atau mengucapkan banyak bentuk kosakata, bahkan ia mampu menggunakan 3 ataupun 4 kata untuk kalimat yang akan ia ucapkan

Perkembangan sosial

Perilaku sosial dengan anak lain melewati tiga tahap yang khas meskipun peralihannya berangsur-angsur dan tahapannya tumpang tindih.

Pada tahap pertama anak tak acuh atau menjauhkan diri dari anak lain dan lebih suka bermain sendiri. Pada tahap berikutnya anak menunjukkan sikap bermusuhan, memandang anak lain sebagai saingan dan iri. Pada tahap ketiga anak menjadi bersahabat dan kooperatif, senang bermain bersama dan berbagi mainan.

Pada usia ini seharusnya anak sudah mulai melakukan hubungan atau kontak dengan orang yang ada disekitar atau lebih karena masa ini adalah masa dimana anak akan melakukan hubungan intelektual yang sangat baik untuk dimulai, usia inilah yang diistilahkan “Golden Age” .

Taman kanak-kanak sangat bermanfaat untuk anak 3 tahun ke atas. Variasi permainan di sana pasti jauh lebih banyak dibanding dirumah dan mendorong anak mandiri. Saat anak mencapai tahap bersahabat dengan anak lain, mereka belajar memberi dan menerima.

Baca juga : Tahap Perkembangan Anak, Enam Bulan sampai Satu Tahun

Hubungan dengan ibu

Anak sudah melewati tahap ketergantungan pada ibu dan masuk tahap penolakan. Tahap ini akan berlangsung 3 tahun, tetapi dengan semakin banyak gerak, kuat, dan mandiri, hubungan anak dengan ibu seharusnya lebih mantap.saat anak sadar kalau ibu akan kembali, kecemasan terhadap perpisahan berkurang, dan bila anak cukup percaya diri, sekali-kali ia ingin keluar rumah, misalnya menginap di rumah kakek. Jika periode 2 tahun pertama berjalan tenang dan bahagia, anak kemungkinan besar akan bertumbuh bahagia dan pandai bergaul.

Pelatihan ke Toilet

Beberapa ana sudah mampu buang air kecil di pispot pada usia dua tahun. Namun, ada juga yang baru bisa setelah 3 atau 4 tahun. Sedangkan untuk Perkembangan fisik dan bermain sama dengan kerja, agar keterampilan fisik berkembang, anak harus punya ruang dan mainan. Keterampilan fisik membuat anak percaya diri, mandiri, dan mengandalkan diri sendiri, juga membantu perkembangan emosional.

Demikianlah 4 bahasan tahap perkembangan anak dua tahun hingga lima tahun. Semoga kita bisa mendidik anak-anak kita sesuai dengan usianya ya mak.. selamat menikmati menjadi ibu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here