Stik Keju Puff Pastry: Renyah dan Ngeju Banget

1
117

Membuat stik keju itu ribet? Enggak juga, ah. Coba saja Stik Keju Puff Pastry ini. Membuatnya mudah dan simple sekali. Soal rasa jangan ditanya lagi. Gurih, renyah, dan yang pasti ngeju banget. Kress… kress… kress… Tidak terasa deh, satu stoples bisa ludes dalam sekejap.

Cek juga ya, resep praktis puff pastry lainnya: Puff Pastry Waffle.

stik keju

Stik keju yeng enak dan renyah ini terbuat dari adonan puff pastry siap pakai. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membuat adonannya. Tinggal oles-oles, tabur-tabur, potong-potong, panggang-panggang, jadi deh. Pokoknya, enggak pake ribet. Menurut saya, ini salah satu kue kering yang paling simple.

Adonan puff pastry siap pakai ini dapat Anda beli di supermarket atau toko bahan kue. Biasanya, dia akan berjejer dengan manisnya di bagian makanan beku-bekuan. Adonan puff pastry yang beku harus didiamkan terlebih dahulu pada suhu ruang sebelum digunakan. Setelah melunak, baru deh adonan siap digunakan.

Penasaran bagaimana cara membuat stik keju puff pastry ini? Ini dia resepnya, Mak.


Stik Keju Puff Pastrystik keju puff pastry

Bahan:
  • Adonan puff pastry siap pakai
  • 1 kuning telur dicampur dengan 1 sdt air dan ½ sdt minyak
  • 100 gr keju cheddar parut
Cara membuat:
  1. Potong adonan puff pastry dengan ukuran 10 cm x 23 cm. Buat sebanyak 2 lembar. Ukuran dapat disesuaikan dengan panjang stik keju yang diinginkan.
  2. Simpan adonan puff pastry di atas plastik. Olesi permukaan atas adonan dengan campuran kuning telur hingga rata. Taburi dengan ¼ bagian keju parut.
  3. Balik adonan. Olesi permukaan adonan yang satunya dengan kuning telur. Taburi kembali dengan keju parut. Dengan demikian, bagian bawah dan atas adonan beroleskan kuning telur dan bertaburkan keju parut.
  4. Bungkus adonan dengan plastik. Simpan dalam lemari es selama sekitar 30 menit.
  5. Potong-potong adonan selebar 1,5-2 cm, dengan panjang 10 cm. Pilin dengan kedua tangan. Lalu, tata di atas loyang yang dialasi kertas roti.

cara membuat stik keju puff pastry

  1. Panggang adonan di dalam oven panas dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, keluarkan dari loyang, dinginkan, lalu simpan dalam stoples kedap udara.

Membuatnya mudah sekali kan, Mak? Oiya, stik keju puff pastry ini harus disimpan di dalam stoples kedap udara. Ini supaya kerenyahannya tertap terjaga. Namun sebelum dimasukkan ke dalam stoples, pastikan terlebih dahulu stik keju ini sudah benar-benar dingin. Selamat mencoba, Mak. Happy baking!

Ingin resep-resep kue dan masakan enak lainnya? Cek saja di sini ya, Mak.

resep stik keju puff pastry

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here