4 Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues Pada Ibu Muda

0
18
Sindrom Baby Blues Pada Ibu Muda
Sindrom Baby Blues Pada Ibu Muda

Sindrom baby blues pada ibu muda seringkali terjadi dan merupakan hal yang wajar. Umumnya sindrom ini akan menyerang para ibu yang baru saja melahirkan, sekalipun bukan lagi anak yang pertama.

4 Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues Pada Ibu Muda

Pemicunya bukan hanya karena usia yang masih tergolong muda ketika melahirkan, tapi perasaan-perasaan tertekan akibat merasa terlalu lelah, tidak dimengerti, kebingungan, ditambah kekagetan serta kurangnya pengetahuan untuk menangani sang buah hati. Sehingga sang ibu akan lebih mudah merasa terbebani oleh stres, yang menyebabkan dirinya menderita baby blues.

Fase sindrom baby blues pada ibu muda perlu dikenali agar dapat segera disadari dan diatasi. Karena jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, kecenderungan psikologis yang terjadi akan semakin hebat, sehingga memungknkan ibu merasa depresi dan tidak ingin mengurus anaknya. Berikut ini beberapa langkah efektif untuk mengatasi sindrom baby blues, terutama yang sering menyerang ibu muda:

Banyak Berbagi

Tekan kehadiran sindrom ini dengan membiarkan orang lain mendengar segala keluh kesah ibu. Cukup membagi apa yang kita rasakan pada orang lain, tanpa harus membebaninya. Oleh karena itu, mulailah dari orang-orang terdekat yang mengenal ibu dengan baik seperti keluarga atau teman.

Minta juga dukungan mereka untuk turut membantu. Karena penyebab utama munculnya sindrom ini adalah perasaan tidak dipahami dan juga tidak dimengerti, terutama oleh keadaan.

Banyak Istirahat

Kendala kurang tidur akan sangat berpengaruh dalam menangani kasus ini. Karena kebanyakan ibu muda cenderung masih awam dalam menangani pola hidup. Termasuk pola penanganan bayi yang tidak mudah terlelap di malam hari, sementara aktifitas lain masih perlu dijalankan seharipenuh. Sehingga kadang kehadiran bayi akan terasa memperberat keadaan. Oleh karena itu, perbanyaklah istirahat dengan ikut mencuri waktu tidur ketika bayi tertidur.

Mengatur Pola Makan

Pola makan yang baik dapat mengikis derita baby blues yang dialami ibu muda. Hal ini pun berpengaruh dengan tingkat produksi air susu yang dapat menenangkan bayi, ataupun perasaan bahagia ketika mengurus bayi yang membuatnya ikut merasa nyaman. Konsumsi jenis makanan yang dapat menghasilkan hormon penekan depresi dan pemicu kesenangan.

Mengatur Waktu

Sindrom baby blues pada ibu muda dapat diatasi dengan mengenali terlebih dulu pola kehidupan rumah tangga, termasuk jam-jam aktif bayi. Atur waktu sedemikian rupa yang memungkinkan ibu bisa tetap mengurus bayi sambil melakukan pekerjaan yang lain selama ia tertidur. Sehingga ibu perlahan bisa beradaptasi dengan perubahan dan melepas sindrom baby blues.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here