5 Manfaat Penting Saus Sambal dan Tomat Bagi Kehidupan Sehari-hari

0
148
Saus Sambal dan Tomat
Saus Sambal dan Tomat

Camilan dan berbagai jenis makanan memang akan bertambah lengkap citarasanya jika ditambahkan saus sambal dan tomat. Pilihannya pun berbagai macam, untuk sambal ada yang rasanya sangat pedas hingga agak manis, dan untuk tomat rata-rata memiliki rasa khas yang sama dengan kepekatan berbeda.

5 Manfaat Penting Saus Sambal dan Tomat Bagi Kehidupan Sehari-hari

Selain praktis dan mudah ketika digunakan sebagai pelengkap makanan, saus sambal atau tomat ternyata juga bisa digunakan untuk berbagai kepentingan lain dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana 5 hal berikut ini:

Bahan Campuran Masakan

Untuk makanan jenis tertentu, atau makanan variasi hasil eksperimen, kunci utama kelezatannya justru terletak pada campuran sambal atau saus tomatnya. Ahakan beberapa resep yang terbilang nikmat,atau bumbu siap saji pun memiliki kunci penambah kelezatan yang terletak pada penamabahan sambal serta saus yang digunakan.

Membersihkan Peralatan Dapur

Peralatan dapur, terutama yang terbuat dari logam tembaga, bisa lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan saus sambal dan tomat. Kandungan yang terdapat di dalamnya memungkinkan kotoran membandel pada peralatan dapur yang tebuat dari logam tembaga seperti panci, pisau, ataupun wajan, lebih mudah terkikis. Sehingga peralatan dapur pun menjadi lebih bersinar dan terlihat seperti baru, tanpa harus terpapar pembersih logam berbahan kimia yang sangat bahaya jika terkonsumsi.

Membersihkan Onderdil Mobil

Setiap kali akan membersihkan onderdil mobil, daripada kesulitan dan merasa bingungĀ  seandainya pembersih khususnya sudah habis, bisa juga dengan menggantikaannya dengan menggunakan saus sambal. Cara ini terbukti lebih ampuh. Karena saus sambal secara efektif mampu membersihkan noda yang telah melekat lama sekalipun.

Agar efeknya lebih kuat, anda bisa menambahkan saus ke dalam campuran sabun dan air untuk membersihkan kotoran-kotoran lain yang membandel.

Antiseptik Luka dan Pereda Rasa Nyeri

Apabila anda mengalami luka yang terasa perih ataupun memar yang menyebabkan bengkak ataupun rasa nyeri kebiruan, saus sambal atau tomat dalam saset dapat segera mengatasinya. Ternyata kandungan saus sambal atau tomat yang dibekukan terlebih dulu dalam freezer , dapat berfungsi seperti cara kerja antiseptik, ditambah pereda rasa nyeri.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengompres langsung pada bagian-bagian yang terasa sakit akibat luka atau memar dengan sambal beku yang sudah dikeluarkan dari dalam saset.

Penetralisir Kaporit

Ketika berenang, seseorang tanpa sadar akan bersatu dengan kaporit. Oleh karena itu, tak jarang pula rambut dan kulit seseorang akan berubah lebih kering akibat efek kaporit yang digunakan untuk membersihkan dasar kolam renang. Terutama rambut yang segera memperlihatkan ciri kerusakannya, saus sambal dan tomat bisa menetralisir kembali kerusakan pada rambut akibat kontaminasi kaporit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here