Sate Donat

0
132

donat mini

Setiap kali membuat donat, hal yang “wajib” saya lakukan adalah membuat sate donat untuk ketiga keponakan saya. Bagi anak kecil, tampilan makanan memang hal yang sangat penting. Kesan pertama harus begitu menggoda. Selanjutnya… Hap, nyam nyam nyam… Makanan yang rasanya biasa-biasa pun bisa habis, apalagi yang super duper enak.

Sate donat ini saya buat dari adonan donat kentang andalan saya. Lalu, menghiasnya dengan topping yang menarik. Berhubung saya tidak suka topping yang ngejreng, saya cukup menggunakan DCC (dark cooking chocolate) yang dicampur dengan sedikit mentega agar tekstur cokelat menjadi agak empuk. Lalu, diberi sedikit taburan cokelat meises, trimits, atau taburan apapun yang tersedia di lemari dapur.

Jika ingin hiasan yang paling simple, gulingkan saja bola-bola donat mini tersebut di atas gula donat atau gula palem, Mak. Tertarik untuk membuatnya? Simak yuk, cara membuatnya.

Sate Donat

Bahan:cara membuat sate donat

Adonan donat kentang atau adonan donat lain

Topping:

  • 150 gr dark cooking chocolate (dicincang)
  • 2 sdm mentega
  • Trimits
  • Cokelat meises
  • Crispy rice ball

Stik cokelat atau tusuk sate

Cara membuat:
  1. Siapkan adonan donat. Setelah diistirahatkan selama 30 menit, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil seberat 15 gr atau sesuai selera. Lalu, istirahatkan kembali selama 20 menit.
  2. Goreng adonan di dalam minyak panas yang cukup banyak hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Angkat, tiriskan minyaknya di atas kertas tisu, dan dinginkan.
  3. Lelehkan potongan dark cooking chocolate bersama mentega. Aduk hingga halus dan rata.
  4. Celupkan donat ke dalam cokelat leleh, lalu taburi dengan trimits, cokelat meises, crispy rice ball, atau taburan lainnya. Biarkan hingga cokelat set.
  5. Tusuk-tusuk donat dengan menggunakan stik cokelat atau tusuk sate.

Sate donat ini dapat dijadikan alternatif sebagai camilan sehari-hari, bekal sekolah, bekal piknik, juga sajian pada pesta ulang tahun. Oiya, Anda pun dapat menjadikan ide sate donat untuk bisnis kuliner.

Selamat mencoba, Mak.

resep sate donat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here