Panduan dan Resep MPASI Bayi Usia 6-7 Bulan

0
1572
resep mpasi, http://ibudanmama.com/r
resep mpasi, http://ibudanmama.com/r

Selamat Mak, akhirnya waktu yang dinantikan sudah datang. Kini waktunya si kecil sudah bisa menikmati makanan pertamanya selain Air Susu Ibu (ASI).  Selamat untuk Mak yang mau dan sanggup bersabar untuk memberikan MP ASI perdana di usia 6 bulan. Karena masih banyak kita temukan, orangtua yang memberikan MPASI terlalu dini kepada bayi dengan berbagai alasannya. Padahal sudah seringkali diingatkan bahwa pemberian MPASI pertama kali saat usia bayi 6 bulan. Nah, buat Mak yang masih kebingungan apa dan bagaimana cara menyiapkan MPASI, kali ini saya akan memberikan beberapa panduan dan resep MPASI untuk bayi yang berusia 6-7 bulan.

Kapan Sebaiknya Memulai MPASI

Dulu, beberapa tahun yang lalu, pemberian MPASI pertama kali adalah saat bayi berusia 4 bulan. Tapi kini, saat ilmu pengetahuan dan penelitian terus dilakukan diketahui bahwa waktu ideal untuk memberikan MPASI perdana adalah saat bayi berusia 6 bulan.

Kenapa harus diberikan saat usia 6 bulan? Cek artikel berikut ya : 3 Alasan Kenapa MP-ASI Diberikan Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Hal sepele lainnya yang seringkali diributkan adalah kapan sebetulnya waktu yang tepat memberikan MPASI. Apakah saat bayi genap berusia 6 bulan ? Atau bolehhkan diberikan 1-2 hari sebelum atau sesudah tanggal lahirnya? Waktu yang tepat adalah dihitung 180 hari sejak hari kelahirannya, khusus untuk bayi yang terlahir cukup bulan. Sedangkan untuk bayi yang prematur, waktu MPASI perdananya dihitung 180 hari sejak tanggal lahir bayi seharusnya.

Panduan Singkat MPASI

Sebelum Mak memulai pemberian MPASI, ada beberapa panduan yang harus dipahami agar MPASI tepat dan sesuai dengan tahapan perkembangan bayi.  Panduan pemberian makanan pada bayi maupun anak, dikenal dengan singkatan AFATVAH, yaitu :

  1. Age, artinya MPASI harus diberikan pada saat usia yang tepat yaitu 6 bulan atau 180 hari yang dihitung sejak tanggal kelahirannya.
  2. Frequency, artinya seberapa sering bayi mendapatkan MPASI dalam sehari juga diatur. Misalnya pada dua minggu pertama cukup 1-2 kali dalam sehari, kemudian di minggu ketiga  hingga bayi berusia 9 bulan makanan diberikan 2-3 kali dalam sehari ditambah dengan menu selingan seperti buah. Di usia 9 bulan hingga 1 tahun, anak dibekan makanan 3 kali menu utama dan 2 kali menu selingan.
  3. Amount, artinya jumlah makanan yang diberikan haruslah pas. Di minggu-minggu awal, cukup berkan 2 hingga 3 sendok makan dewasa tiap kali bayi makan, secara perlahan tambahkan jumlahnya hingga di usia 1 tahun anak sudah bisa makan 250 ml per porsi makannya.
  4. Texture, artinya tektur pemberian MPASI disesuaikan dengan usia, kesiapan dan keterampilan makan bayi. Berdasarkan panduan WHO terbaru, bayi langsung diberikan makanan yang semi kental. Jadi sudah tidak dianjurkan lagi dicairkan terlalu banyak ya Mak. Hal ini karena nutrisi yang terkandung pada makanan yang kental atau semi kental lebih banyak dibandingkan pada makanan yang encer.
  5. Variety, artinya banyak pilihan jenis makanan yang bisa diberikan pada bayi di awal MPASI nya. Tidak hanya buah-buahan, Mak juga bisa mengenalkan bayi untuk makan sumber karbohidrat seperti beras, ubi, jagung, kentang, atau sumber protein baik yang berasal dari hewani atau nabati.
  6. Active, artinya Mak harus aktif memberikan respon saat menemani si kecil makan. Misal dengan cara terus menjaga kontak mata, tersenyum, ajak bicara, motivasi anak untuk makan, dan lain sebagianya
  7. Hygiene, artinya makanan yang disajikan haruslah memperhatikan kebersihan baik saat mengolah ataupun menyajikannya. Pastikan makanan terbebas dari kimia berbahaya, cuci terlebih dahulu hingga bersih, masak dengan menggunakan peralatan masak yang bersih, dan sajikan dengan baik. Jangan lupa ya Mak untuk cuci tangan terlebih dahulu.

Baca juga : Tahapan Tepat Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Sampai 7 Bulan

Resep MPASI bayi usia 6-7 bulan

Karena tekstur yang dianjurkan untuk bayi usia 6-7 bulan adalah bubur semi kental, maka hampir semua jenis bahan makanan dibuat dengan cara disaring atau diblender dengan tambahan sedikit air.  Pada 2 minggu pertama pemberian MPASI sebaiknya bayi diberikan menu tunggal untuk memudahkan Mak mengetahui apakah muncul reaksi alergi setelah bayi diberikan makanan tertentu atau tidak. Setalah lulus di 2 minggu pertma, Mak bisa mulai memadu-madankan setiap bahan makanan. Prinsip makanan yang disajikan haruslah memenuhi standar 4 bintang, artinya harus mengandung karbohidrat, protein, sayuran dan lemak tambahan.

Resep Bubur Saring

Bubur Ubi Wortel

Bahan : wortel, ayam yang dicincang, ubi, bawang putih

Cara membuat :

  • Didihkan air
  • Masukkan bawang putih yang sudah digeprek
  • Masukkan ayam cincang
  • Setelah ayam terlihat setengah matang, masukkan ubi dan wortel
  • Aduk hingga matang
  • Diamkan sebentar hingga hangat, blender hingga halus

Bubur Jamur Hati

Bahan : wortel,jagung, ati atam, jamur kancing, bawang daun, daun salam

Cara membuat :

  • Rebus wortel dan jagung hingga setengah empuk
  • Masukkan ati ayam, jamur kancing, daun bawang dan daun salam bersamaan. Masak hingga matang
  • Angkat, diamkan hingga hangat
  • Haluskan dengan menggunakan blender, jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air rebusan

Itulah Mak beberapa resep mpasi praktis yang bisa Mak praktekkan untuk diberikan kepada si kecil. Jangan lupa ikuti panduan pemberian makanan agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here