Resep Kue Ulang Tahun Anak: Mini Gingerman Cake

0
43

Membuat kue ulang tahun tidak selalu harus bermodal besar lho, Mak. Misalnya saja resep kue ulang tahun anak yang imut, simple, dan lucu ini. Mini Gingerman Cake. Bahan-bahan yang diperlukan sangat sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah. Resep ini sangat cocok bagi Anda yang baru mencoba membuat kue ulang tahun.

Intip juga yuk, resep cupcake lucu: Beach Cupcake

resep gingerman cake

Cetakan yang saya gunakan untuk membuat kue ini adalah cetakan berbentuk gingerman pada 101 wilton cookie cutter set. Cetakan berbentuk gingerman ini ada yang berukuran besar dan kecil. Nah, cetakan dengan ukuran besarlah yang saya gunakan untuk mencetak kue ini. Panjangnya sekitar 15 cm dan lebarnya sekitar 12 cm.

Karena mini, kue ulang tahun ini cocok disajikan untuk perayaan ulang tahun cetakanyang hanya dihadiri oleh keluarga inti saja. Untuk perayaan yang lebih besar, Anda dapat membuat versi besar-nya. Atau Anda dapat membuat beberapa kue ulang tahun mini.

Proses menghias kue ini sangat sederhana. Namun, hasilnya tak kalah cantik dengan kue ulang tahun lain. Anda pun dapat melibatkan si kecil untuk turut serta dalam menghiasnya. Mereka tentu akan menyukainya. Yuk, langsung saja intip cara pembuatannya.

Mini Gingerman Cake

Bahan

Base cake:gingerman cake

  • 250 gr margarin (dapat diganti mentega atau campuran keduanya)
  • 175 gr gula pasir
  • 5 butir telur
  • 225 gr tepung terigu serbaguna
  • ½ sdt baking powder

Hiasan:

  • 1 kotak whip cream bubuk
  • Air es secukupnya (disesuaikan dengan takaran yang tertera pada kemasan)
  • Pasta cokelat
  • Susu kental manis (opsional)
  • Pewarna merah dan hijau
  • Permen cokelat berbentuk bulat pipih warna-warni
Cara membuat

Base cake:

  1. Siapkan loyang kotak ukuran 20 cm x 20 cm x 5 cm, olesi dengan margarin, lalu taburi dengan tepung terigu. Sisihkan.
  2. Panaskan oven untuk memanggang.
  3. Kocok margarin dan gula pasir hingga pucat dan mengembang.
  4. Masukkan 1 butir telur, kocok rata. Tambahkan 2 sendok makan tepung terigu, kocok rata. Lakukan terus hingga telur habis.
  5. Campur sisa tepung terigu dengan baking powder, aduk rata. Tuangkan campuran tepung tersebut ke dalam adonan sedikit demi sedikit. Kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu panggang di dalam oven panas dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang. Angkat, keluarkan dari loyang, dan dinginkan.

Menghias kue:

  1. Trim (dikikis sedikit) lapisan bagian atas kue yang telah dingin agar krim dapat menempel dengan sempurna pada kue. Lalu, cetak menggunakan cetakan cookies berbentuk gingerman.

cara membuat kue ulang tahun

  1. Kocok whip cream dengan air es hingga mengembang. Ambil sedikit krim, lalu warnai dengan merah dan hijau. Ambil lagi sedikit adonan, biarkan berwarna putih. Masukkan 3 warna krim tersebut ke dalam plastik segitiga.
  2. Sisa krim diberi pasta cokelat secukupnya, aduk rata. Cicipi rasanya, tambahkan sedikit susu kental manis jika dirasa kurang manis, lalu aduk rata.
  3. Lapisi seluruh permukaan cake berbentuk gingerman dengan krim berwarna cokelat hingga rata.

resep kue ulang tahun anak

  1. Beri hiasan mata dengan menggunakan permen cokelat berwarna cokelat. Bentuk hiasan mulut, pita, kancing, dan hiasan lainnya dengan menggunakan krim warna merah, hijau, dan putih.

kue ulang tahun mini

  1. Terakhir, tempeli bagian pinggir cake dengan permen cokelat warna-warni.

Nah, Mini Gingerman Cake pun siap memeriahkan ulang tahun si kecil. Bagaimana Mak, mudah kan? Selamat mencoba resep kue ulang tahun anak yang simple dan lucu ini. Happy baking!

Dapatkan juga berbagai resep hidangan lezat di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here