Resep Kentang Goreng (French Fries), Hanya Dengan 2 Bahan

0
1623

Siapa yang pernah gagal membuat kentang goreng atau french fries? Bukannya garing dan renyah, kentang goreng yang dihasilkan malah lembek. Saya sering banget tuh, ngalamin hal itu.

Namun, sekarang tidak lagi! Asal tahu tips-nya, kentang goreng yang dihasilkan tidak akan lembek. Padahal, bahan yang digunakan hanya kentang dan garam saja, lho. Kentangnya pun hanya kentang sayur biasa.

Dicoba juga yuk, resep Toast a.k.a Roti Bakar yang praktis ini

french fries

Setelah browsing sana-sini, saya lihat kok resep kentang goreng ala Indonesia pada umumnya menggunakan tepung. Mungkin agar kentang goreng yang dihasilkan bisa crispy.

Karena saya ingin kentang goreng yang tanpa tepung, saya pun beralih ke website luar. Ternyata, cara membuat french fries itu sangat simple, lho. Bahannya hanyalah kentang dan garam saja. Kuncinya ada pada proses perendaman dan penggorengan kentang.

Jadi, kentang yang sudah dipotong-potong harus direndam terlebih dahulu selama sekitar 2 jam. Dapat juga direndam semalaman di dalam lemari es.

Hal yang paling penting adalah proses penggorengan. Untuk menghasilkan kentang goreng yang garing, perlu dilakukan proses penggorengan sebanyak dua kali.

Penggorengan tahap pertama dilakukan dengan api yang agak kecil, untuk mematangkan kentang. Penggorengan tahap kedua dilakukan dengan api yang lebih besar, untuk mengeringkan bagian luar kentang.

kentang goreng

Dengan cara tersebut, jadilah kentang goreng yang crispy. Setelah disimpan lama, tentu kentang goreng akan berkurang kegaringannya. Namun, ia tidak akan menjadi letoy dan lembek.

Penasaran bagaimana resep kentang goreng crispy ini? Yuk, diintip saja resepnya berikut ini.

Resep Kentang Goreng a.k.a French Fries

Bahan
  • Kentang ukuran besar secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • Pelengkap: saus sambal, saus tomat, atau mayonaise secukupnya
Cara membuat

1.  Kentang dicuci hingga bersih, dikupas, dipotong-potong panjang, lalu rendam dalam air. Rendam kentang selama sekitar 2 jam. Besar potongan kentang disesuaikan dengan selera. Namun, jangan terlalu tipis karena pada saat digoreng akan menciut.

resep kentang goreng

2.  Setelah direndam, tiriskan kentang di atas handuk atau serbet bersih hingga kering.

cara membuat kentang goreng

3.  Goreng kentang di dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang cenderung kecil hingga matang, selama sekitar 5 menit. Lalu, tiriskan minyaknya di atas kertas tisu. Lakukan hingga habis.

Pada saat menggoreng, jangan terlalu banyak memasukkan kentang. Penggorengan tahap ini, kentang tidak terlalu banyak berubah warna. Dan masih akan terlihat lembek ketika diangkat.

tips membuat kentang goreng crispy

4.  Goreng kembali kentang yang telah ditiriskan dengan menggunakan api sedang cenderung besar hingga kering dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan minyak berlebihnya. Kemudian, taburi dengan sedikit garam. Aduk rata.

resep french fries

Nah, kentang goreng crispy pun pun siap dinikmati selagi hangat bersama sambalnya. Membuatnya praktis dan simple sekali kan, Mak? Apalagi, bahan utamanya sangat mudah didapat. Selamat mencoba resep kentang goreng ini, ya.

Ingin tahu bagaimana cara membuat cireng yang empuk? Klik saja di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here