Puff Pastry Waffle

0
31

puff pastry waffle (1)

Puff pastry, camilan yang tipis berlapis-lapis dan renyah ini merupakan salah satu favorit saya. Selalu menyetok adonan puff pastry siap pakai di freezer sangatlah menguntungkan. Setiap saat, saya dapat mengeksekusinya menjadi berbagai kue yang lezat. Misalnya, bolen pisang, croissant, pizza, cheese stick, dan lain-lain.

Membuat adonan puff pastry memang cukup merepotkan dan memakan waktu yang relatif lama. Namun jangan khawatir, adonan puff pastry ini dapat dibeli di toko bahan kue atau pun swalayan. Anda dapat menemukannya pada bagian bahan beku.

Sebelum digunakan, adonan puff pastry yang beku harus didiamkan terlebih dahulu hingga menjadi lentur. Beri sedikit taburan tepung pada permukaan atas dan bawah adonan. Setelah itu, potong-potong dan bentuk sesuai selera.

Kali ini, saya akan mengeksekusi adonan puff pastry yang sudah cukup lama nangkring di freezer. Namun, karena sedang malas menggunakan oven, saya akan menggunakan pemanggang waffle untuk memanggang adonan puff pastry ini. Hasilnya adalah puff pastry waffle berikut.

Puff Pastry Waffle

puff pastry waffle (2)

Bahan:
  • Adonan puff pastry siap pakai
  • Tepung untuk taburan
  • Margarin untuk mengoles cetakan
  • Selai kacang dan cokelat meises untuk isian
Cara membuat:
  1. Siapkan adonan puff pastry, bentangkan di atas meja kerja yang telah ditaburi tepung tipis-tipis.
  2. Taburi permukaan puff pastry dengan sedikit tepung, ratakan, lalu potong-potong sesuai selera atau disesuaikan dengan cetakan waffle-nya.
  3. Panaskan pemanggang waffle. Olesi dengan sedikit margarin, lalu masukkan adonan ke dalam cetakan.
  4. Panggang adonan dalam cetakan selama sekitar 10 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  5. Setelah matang, angkat waffle dari cetakan, lalu tiriskan di atas tisu. Ketika masih panas, belah puff pastry waffle menjadi 2 bagian dengan menggunakan pisau. Lakukan dengan perlahan agar tidak hancur.
  6. Beri isian selai kacang dan cokelat meises atau sesuai selera.

puff pastry waffle (3)

Praktis dan mudah sekali kan, Mak? Selain menggunakan isian selai kacang dan cokelat meises, Anda dapat menggantinya dengan isian selai, krim kocok, madu, potongan buah, es krim, dan lain-lain. Selamat mencoba, Mak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here