Puding Wortel Jeruk: Puding Segar dan Sehat

0
34

Di tengah hari yang terik, memang paling enak jika menikmati puding segar. Namun, akan lebih oke lagi bila puding segar tersebut sekaligus dapat menyehatkan. Salah satunya Puding Wortel Jeruk ini. Terbuat dari wortel dan jeruk segar. Ah, wortel segar kan baunya kurang sedap. Bau langu gitu, deh! Eits, jangan dulu protes ya, kalau belum coba resep yang satu ini.

Ingin resep segar dan sehat lainnya? Coba ya, 10 Resep Infused Water.

resep puding segar

Puding segar yang terbuat dari wortel dan jeruk ini sama sekali tidak berbau langu. Mengapa? Yup, betul sekali! Ini berkat jasanya si jeruk yang memiliki aroma sangat harum. Jadilah puding wortel jeruk yang enak, segar, dan sehat.

Bagaimana cara membuat puding ini? Mudah sekali kok, Mak. Air wortel dan jeruk segar dicampur dengan bahan lainnya. Lalu, dimasak hingga mendidih. Setelah ditambahkan selasih, adonan puding dimasukkan ke dalam cup puding yang lucu dan imut. Jika tidak memiliki cup puding, Anda dapat menggunakan cetakan puding, mangkuk, atau loyang.

Lihat juga yuk, resep olahan dari wortel lainnya: Muffin Wortel.

Lalu bagaimana cara mendapatkan air wortel? Anda dapat menggunakan mesin juicer, Mak. Dalam sekejap, air wortel segar pun didapat.

Namun, jika Anda tidak memiliki mesin juicer, jangan khawatir. Tinggal masukkan saja wortel yang telah dipotong-potong kecil bersama air jeruk ke dalam blender. Lalu, proses hingga halus. Setelah itu, saring dan peras airnya. Agar mendapatkan perasan air yang maksimal, gunakan serbet bersih untuk membantu memerasnya. Caranya, tampung ampas wortel di tengah-tengah serbet. Lalu, peras perlahan hingga ampas benar-benar kering.

Puding ini saya lengkapi dengan vla yang terbuat dari susu kedelai dan serbuk vanilla asli. Teksturnya sengaja saya buat sangat kental. Tujuannya agar puding tampak lebih cantik pada saat difoto. Jadi, bagi anda yang tidak mau repot-repot membuat vla, jangan khawatir, ya. Tanpa vla pun, rasa puding ini sudah enak.

Namun dengan penambahan vla, rasa puding ini menjadi lebih kaya. Anda dapat membuatnya lebih encer jika tidak menyukai vla yang kental. Selain itu, penggunaan susu kedelai dapat diganti dengan susu sapi. Serbuk vanilla pun dapat diganti dengan 1/4 sdt vanillin.

Ini dia Mak, resep lengkap cara membuat puding segar ini. Selamat mencoba.


Puding Wortel Jeruk

Bahancara membuat puding wortel

Puding:

  • 200 gr wortel organik
  • 200 ml air jeruk
  • 1 sdt agar-agar bubuk warna putih
  • 1 sdt jeli instan bubuk plain
  • 4 sdm gula pasir (disesuaikan dengan selera atau tingkat kemanisan air jeruk)
  • Sejumput garam
  • 2 sdt biji selasih kering (direndam di dalam air hingga mengembang, lalu ditiriskan airnya)

Vla vanilla:

  • 200 ml susu kedelai
  • 5 sdt tepung maizena
  • 4 sdt gula pasir
  • Sejumput garam
  • ½ batang vanilla, diambil serbuknya (lihat caranya di sini)
Cara membuat
  1. Setelah dicuci bersih, wortel dimasukkan ke dalam mesin juicer hingga didapat airnya. Sisihkan.
  2. Campur agar-agar bubuk, jeli instan bubuk, gula pasir, dan garam. Aduk rata. Tuangkan air wortel dan air jeruk, aduk rata.
  3. Masak adonan puding hingga mendidih dengan api sedang, lalu angkat. Masukkan selasih yang telah mengembang ke dalam adonan puding, aduk rata.
  4. Tuang adonan puding ke dalam cup atau cetakan puding. Dinginkan sebentar, lalu masukkan ke dalam lemari es.
  5. Vla vanilla: Campur dan aduk rata seluruh bahan vla. Lalu, masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat, lalu dinginkan sambil terus diaduk. Vla yang dihasilkan akan sangat kental, seperti vla untuk isian sus. Jika menginginkan vla yang agak encer, cukup gunakan tepung maizena sebanyak 3 sdt saja.
  6. Sajikan puding segar ini bersama vla vanilla.

Selain dibuat puding dan minuman segar, ternyata jeruk dapat juga dijadikan MPASI dan berguna untuk kecantikan kulit lho, Mak. Yuk, dicek saja Tahapan Tepat Pemberian MPASI dan 7 Makanan yang Membuat Kecantikan Kulit Semakin Nyata.

puding sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here