Puding Cokelat Oreo

0
18

Keluarga saya bukanlah orang-orang yang gemar mengkonsumsi susu. Seringkali, susu sisa membuat puding atau pun kue berakhir di tong sampah karena terlalu lama terabaikan pemiliknya. Oleh karena itu, saya sering menyimpannya di dalam freezer. Risikonya, susu pun menjadi bergumpal-gumpal. Menjadi kurang indah di pandang mata ketika diolah menjadi puding. Namun, itu jauh lebih baik ketimbang membiarkannya basi.

Hari ini, saya ingin mengeksekusi susu yang telah cukup lama terbaring membeku di dalam freezer. Ternyata, masih ada sebanyak 500 ml susu. Pas sekali untuk membuat 1 loyang kecil puding cokelat oreo.

Sebenarnya, puding cokelat oreo ini merupakan pesanan keponakan saya sejak lama. Namun dengan alasan belum sempat, pesanan tersebut sempat terlupakan. Oke, hari ini, saya tidak mau menunda-nunda lagi untuk membayar utang janji. Walaupun menggunakan susu yang sedikit bergumpal-gumpal, akhirnya jadilah puding cokelat oreo ini.

resep puding cokelat

Seperti biasanya, para bocah sangat menyukai puding ini. Hap, nyam nyam nyam… Dalam sekejap, puding pun ludes. Puding ini memang favoritnya mereka. Hampir setiap kali datang ke rumah, mereka meminta untuk dibuatkan ini.

Penasaran dengan resepnya, Mak? Berikut ini cara membuat puding cokelat oreo.

Puding Cokelat Oreo

Bahan:cara membuat puding cokelat
  • 100 gr gula pasir
  • ½ bungkus bubuk agar-agar warna putih
  • ½ sdt bubuk jeli instan plain
  • 3,5 sdm cokelat bubuk
  • ¼ sdt garam
  • 500 ml susu cair
  • 1 kuning telur
  • 50 gr dark cooking chocolate (dicincang)
  • 10 keping biskuit oreo (Masing-masing dipotong menjadi 2 bagian)
Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 19,5 cm x 8 cm x 7 cm. Bilas dengan air matang (jangan dilap), sisihkan.
  2. Campur gula pasir, bubuk agar-agar, bubuk jeli, cokelat bubuk, dan garam. Aduk rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit, aduk adonan hingga tercampur rata.
  3. Masak adonan puding dengan api agak kecil sambil diaduk hingga mendidih. Kocok lepas kuning telur, beri sedikit adonan, aduk dengan cepat, lalu tuangkan ke dalam adonan yang sedang dimasak. Aduk rata.
  4. Matikan api. Masukkan dark cooking chocolate, aduk hingga cokelat meleleh dan tercampur rata.
  5. Masukkan sedikit adonan puding ke dalam loyang, tata potongan oreo, beri sedikit lagi adonan puding, lalu biarkan sebentar hingga setengah set. Lakukan hingga adonan puding dan oreo habis.
  6. Setelah puding menjadi set, keluarkan dari loyang, lalu potong-potong.

Oiya, jika Anda melihat foto puding ini terlihat berbintik-bintik putih, jangan khawatir. Kesalahan bukan pada mata Anda. Bukan pada layar gadget Anda. Juga bukan karena fotonya pecah. Ini memang pudingnya yang berbintik-bintik putih kecil. Seperti yang sudah disinggung tadi bahwa susu yang digunakan bergumpal-gumpal karena disimpan di dalam freezer. Jika menggunakan susu yang masih segar, Anda akan mendapatkan puding cokelat yang mulus tanpa bintik-bintik putih.

puding cokelat enak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here