Bagaimana Peran Perempuan Islam dalam Dunia Politik?

0
27
Perempuan Islam dalam Dunia Politik
Perempuan Islam dalam Dunia Politik

Bagaimanakah peran perempuan Islam dalam dunia politik? Beberapa waktu ke belakang, saat perempuan mulai masuk ke dalam ranah politik, hal ini menjadi perbincangan yang memunculkan pro dan kontra. Di satu sisi, perempuan dianggap tidak akan mampu mengemban tugas yang bersifat politik jika dibandingkan dengan kaum laki-laki. Akan tetapi di sisi lain, perempuan justru membawa nilai-nilai yang baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kaum lelaki sebelumnya.

Bagaimana Peran Perempuan Islam dalam Dunia Politik?

Perempuan juga ternyata memiliki kualitas kekuatan yang baik dalam dunia politik sehingga tidak heran jika beberapa waktu yang lalu, banyak perempuan yang muncul di dalam dunia politik dan berusaha untuk mengangkat nilai-nilai perempuan di dunia ini.

Lantas, apakah perempuan dalam dunia politik yang Islami memiliki kedudukan seperti apa yang sekarang ini dihadapi kaum perempuan?

Perempuan juga memiliki berbagai tanggung jawab yang secara prinsipil mungkin tidak akan bisa diemban oleh kaum laki-laki, seperti halnya mengurus dan mendidik anak di rumah.

Namun ternyata, perempuan Islam dalam dunia politik diperbolehkan dalam Islam namun harusĀ  tetap berpegang pada syariat dan ketentuan Islam. Di sini, perempuan memperoleh hak yang sama dalam memberikan fatwa, berijtihad, dan lain sebagainya sehingga posisinya sama dengan kaum laki-laki yang bergerak di bidang politik.

Juga boleh berpartisipasi secara aktif dalam berbagai hal yang berkaitan dengan masalah umum, sebagai individu yang merupakan bagian dari masyarakat secara umum. Oleh karena itu, perempuan Islami bisa dikatakan sebagai penggerak niai-nilai kaum perempuan karena hanya perempuanlah yang bisa memahami apa yang dibutuhkan oleh kaum perempuan lainnya.

Perempuan Sebagai Pemimpin

Lantas, bagaimana hukumnya perempuan sebagai seorang pemimpin di dalam agama islam? Seperti yang sudah banyak dipahami, perempuan merupakan sosok yang sebenarnya berposisi sebagai orang yang dipimpin oleh kaum laki-laki. Hal ini terjadi bukan karena adanya diskriminasi, justru merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada kaum perempuan agar tetap bisa menjaga dirinya sendiri dari berbagai hal yang bisa saja membahayakan dirinya.

Meskipun banyak perempuan yang sekarang sudah jadi pemimpin, namun Islam tetap memprioritaskan kaum laki-laki sebagai pemimpin secara general agar perempuan bisa menyokong pemimpin-pemimpin ini dengan pemikiran yang mereka miliki.

Itulah bagaimana perempuan Islam dalam dunia politik. Semoga bisa menginspirasi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here