Begini Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak

0
24
Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak
Peran Ayah Bagi Perkembangan Anaran

Berdasarkan penelitian, peran ayah bagi perkembangan anak dalam kehidupan berkeluarga sebenarnya sangat besar. Sekalipun demikian,ternyata masih banyak ayah yang tidak sadar dan tidak mengetahuinya dengan baik.

Begini Peran Ayah Bagi Perkembangan Anak

Peran ayah bagi perkembangan anak bisa membentuk kepribadian anak menjadi karakter-karakter yang lebih mapan di kemudian hari. Sehingga memungkinkan mereka untuk tidak merasa sulit dalam mencari jati diri. Menyadari pentingnya peran ayah tersebut, berikut ini ulasan yang bisa dijadikan referensi bagi ayah dan Bunda:

Ayah yang Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Sejak zaman dulu, stereotip bahwa pekerjaan rumah tangga dan dunia dapur hanya digeluti oleh kaum hawa, ternyata tidak dibenarkan oleh berbagai penelitian yang telah dilakukan dunia Barat. Penelitian tersebut mengungkapkan data mengejutkan mengenai ayah yang ikut turun tangan dalam urusan rumah tangga yang selama ini lebih banyak dianggap remeh.

Seorang ayah yang memiliki anak perempuan dan membiarkan anaknya melihat atau turut membantu ketika sang ayah sedang mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, mencuci piring, atau menyapu dan bersih-bersih rumah, ternyata akan membentuk kepribadiannya menjadi lebih matang dengan berpikiran terbuka dan terdorong berkarir lebih baik ketika dewasa.

Hal ini disebabkan pengaruh yang besar mengenai stereotip yang telah lama terbentuk dan ternyata ditunjukkan secara berbeda oleh ayahnya. Ayah yang di matanya sangat kuat, ternyata tidak segan turun dan berkecimpung dalam urusan rumah tangga yang dianggap lebih ringan.

Sehingga anak perempuan pun menjadi lebih luas pemahamannya, bahwa ia juga berkemungkinan besar, mampu memiliki cita-cita diserta ambisi yang sama kuatnya dengan sang ayah, terutama dalam berkarir. Dengan kata lain, “Jika ayah bisa, tentu aku juga bisa”.

Sementara bagi ayah yang memiliki anak laki-laki dan tak segan melakukan pekerjaan rumah tangga dihadapannya, akan membentuk kepribadian sang anak secara lebih matang dan paham caranya menghargai perempuan. Apalagi ketika anak laki-laki melihat orangtuanya saling berbagi tugas, ini akan menanamkan pemahaman di pikirannya, bahwa apa yang akan dilakukan oleh laki-laki dan perempuan pada dasarnya tidak akan berbeda. Hal ini akan mendorongnya lebih menghargai perbedaan jenis, serta tidak mudah meremehkan perempuan.

Ayah yang Banyak Memeluk

Ayah yang banyak memeluk anak perempuannya akan menjadikan sang anak berkepribadian tegar dan tangguh. Karena bagi anak perempuan, ayah adalah sosok pertama yang akan dicintainya dan menjadi lambang pembela serta pemberi kesenangan. Sementara untuk anak laki-laki, pelukan ayah akan membentuk  kestabilan emosi serta rasa empati yang besar dalam dirinya.

Ia pun akan tumbuh menjadi sosok ayah yang mencintai anak-anaknya dengan baik, akibat kedekatan emosional dan psikologis yang telah terbentuk melalui peran ayah bagi perkembangan anak laki-lakinya lewat pelukan sejak kecil.

Baca juga: Waktu yang Tepat Buat “Me Time”


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here