Pentingnya Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga

0
27
Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga
Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga

Apakah penting sebuah pendidikan bagi ibu rumah tangga? Masyarakat Indonesia yang masih berpikir secara tradisional biasanya menganggap bahwa pendidikan formal bagi kaum perempuan tidaklah penting karena yang penting bagi mereka adalah ketika perempuan bisa menjalankan tugasnya dalam hal melayani suami, mengurus dapur, dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan baik.

Pentingnya Pendidikan Bagi Ibu Rumah Tangga

Pemikiran modern sekarang ini justru membuat perempuan wajib mengenyam pendidikan agar bisa menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Perempuan yang cerdas tentu akan mendidik anaknya untuk menjadi anak yang cerdas pula, sedangkan perempuan koservatif yang hanya memiliki kemampuan “sumur, dapur, kasur” mungkin hanya bisa mendidik anak sebatas hal-hal yang dialami dan diketahuinya sebagai ibu rumah tangga.

Hal inilah yang kemudian menjadi landasan mengapa Kartini mengadakan kegiatan perempuan yang bersifat emansipatif. Pada zaman dulu, perempuan hanya identikc sebagai pelaku rumah tangga yang keperluan dan kebutuhannya hanya sekadar urusan rumah tangga. Padahal, perempuan memiliki fungsi yang lebih matang dan lebih tinggi dibandingkan hal tersebut. Namun sekarang pendidikan bagi ibu rumah tangga lumayan penting.

Saat perempuan berpendidikan, maka ia tidak akan mudah untuk dibodohi, baik oleh anak maupun suaminya. Bahkan jika anak dan suaminya tidak memiliki sikap yang baik, maka sang ibu atau sang isteri bisa memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan keluarganya.

Dengan demikian, pendidikan bagi seorang ibu rumah tangga bukanlah sebuah jalan untuk mencari peruntungan dalam bidang materi, melainkan cara untuk bisa memperbaiki psikis dan wawsan keluarganya agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Dengan kelembutan seorang wanita maka ibu rumah tangga bisa mendidik anak dan suaminya agar menjadi pribadi yang menghargai perempuan. Dengan kekuatan dan kesabarannya, maka perempuan bisa memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya agar menjadi pribadi yang teguh dan berprinsip.

Oleh sebab itu, jika Anda masih menjadi pribadi yang tradisional dan memandang  bahwa pendidikan bukanlah hal penting bagi seorang ibu rumah tangga, maka pikirkan dan pertimbangkan kembali bagaimana anak-anak Anda nantinya akan memperoleh pendidikan yang baik dari ibu mereka.

Dengan pendidikan yang baik maka seseorang bisa memberikan pendidikan yang baik pula bagi anak-anaknya untuk bisa memahami, menelaah, dan menciptakan hal baru yang berguna bagi lingkungan sekitarnya. Jadi apa salahnya pendidikan bagi ibu rumah tangga?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here