Ini Pentingnya Pelukan Ibu Bagi Anak

0
21
Pelukan Ibu Bagi Anak
Pelukan Ibu Bagi Anak

Pelukan ibu bagi anak telah diuji oleh berbagai penelitian memiliki manfaat penting bagi perkembangan anak dan kebaikan psikologis ibu. Anak yang tumbuh dengan mendapatkan kasih sayang bukan hanya melalui kata-kata, tapi juga bentuk nyata seperti sering dipeluk, akan memiliki kepribadian yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan anak-anak  lain. Begitu pula hal-hal menakjubkan yang didapatkan setelah berpelukan dan tidak terbayangkan sebelumnya.

Ini Pentingnya Pelukan Ibu Bagi Anak

Penelitian mengenai pelukan ibumenyumbangkan pengaruh besar bagi ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang psikologi. Bukan tidak mungkin, hubungan yang terjadi antara anak dan ibunya merupakan ikatan kuat yang berhubungan dengan mental dan kejiwaan seseorang. Hebatnya, hal ini akan berlaku  selamanya. Berikut ini beberapa data penting efek dari pelukan ibu bagi anak:

Obat Penyembuh dan Penenang Alami

Penelitian ini secara garis besar menjawab hubungan cinta dengan proses penyembuhan. Banyak anak yang merasa dicintai dan ingin balik mencintai terbukti mampu bertahan, bahkan bangkit dari sakitnya hanya karena sebuah pelukan dari ibu. Mereka merasa tenang, hangat, dan nyaman saat dipeluk, hingga akhirnya berangsur sembuh.

Percaya Diri dan Kebebasan

Pelukan ibu bagi anak terbukti bisa meningkatkan rasa percaya dirinya. Secara langsung anak akan merasakan energi kekuatan dan kehangatan yang membuat dirinya menjadi lebih bebas berekspresi karena percaya diri. Terlebih lagi mereka juga merasa yakin bahwa orang-orang di sekitarnya, terutama ibu, akan selalu memberi perhatian dan kasih sayang melalui pelukan.

Mengantisipasi Sikap Berlebihan

Setiap anak memiliki potensi dan kecenderungan untuk memperlihatkan sikap berlebihan pada keadaan kecewa, marah, senang, ataupun sedih. Mereka melakukannya akibat banyak hal, misalnya untuk mengekspresikan diri ataupun meminta perhatian. Ketika mulai mengganggu, memeluk merupakan cara ampuh untuk mengatasinya .

Pribadi Menyenangkan

Ibu yang sering memeluk anaknya, bahkan setelah memarahi, akan membentuk pribadi anak menjadi lebih pengertian. Ia akan mengetahui dengan sendirinya “mengapa ia dimarahi’. Dengan memeluk, anak ikut merasa apa yang dirasakan orang lain. Hal ini menanamkan sifat empati hingga dewasa. Mereka juga cenderung menjadi pribadi menyenangkan karena bisa memahami orang lain dan menyampaikan apa yang ada di dalam hatinya, dengan selalu bersifat terbuka.

Ibu yang Lebih Baik

Ketika ibu sedang gundah atau terbebani masalah, memeluk anak merupakan cara ampuh mengurangi tekanan dalam diri. Karena pada setiap pelukan yang terjadi akan melepaskan hormon yang mempengaruhi perasaan senang. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa setiap ibu yang menyempatkan diri memeluk anaknya di pagi hari, akan mampu meredam mood jelek, kecemasan, dan stres lainnya selama melakukan beragam aktifitas sehari penuh.

Nah, ibu, sekarang tahu kan bahwa pelukan ibu bagi anak ternyata sangat penting untuk dilakukan, bahkan dibiasakan. Jadi tunggu apa lagi untuk segera memeluk sang buah hati dan mengatakan “sayang” padanya. Selamat mencoba,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here