Peluang Bisnis Makanan untung Besar

0
191

Peluang bisnis makanan memang tidak ada matinya. Dari hari ke hari terus saja bermunculan snack dengan merek baru, toko kue baru, toko roti baru, café baru. Restoran baru, dll. Hal ini karena peluang bisnis makanan adalah salah satu usaha yang memang tidak pernah mati. Selain karena makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia rupanya kini sudah bergeser menjadi sebuah gaya hidup.

peluang bisnis makanan

Peluang Bisnis Snack

Snack/makanan ringan atau sering kita sebut dengan camilan adalah salah satu peluang yang selalu ada dalam bisnis makanan ini. Apalagi kegiatan ngemil ini seakan menjadi salah satu kegiatan yang hampir menjadi favorit semua orang. Terutama mereka yang memiliki banyak waktu luang. Bahkan mereka yang memiliki banyak kesibukanpun menjadikan ngemil sebagai aktifitas selingan ngemil untuk mengisi perut mereka sementara waktu makan belum tiba, terutama kaum hawa seperti kita, Mak.

Secara umum ada 2 jenis bisnis makanan ringan yang bisa dijadikan peluang usaha untuk Anda yang ingin memulai bisnis makanan ini:

  1. Makanan Ringan Kering

Makanan ringan kering ini terdiri dari berbagai jenis kue kering, keripik, bahkan gorengan. Keunggulan keringan ini tentu karena biasanya lebih tahan lama. Karena sudah banyak orang-orang yang memulai usaha pada makanan ringan kering ini maka Anda harus memikirkan sebuah inovasi makanan kering yang belum pernah ada.

Anda juga bisa mencoba memodifikasi yang sudah ada hingga menjadi sebuah makanan kering jenis baru yang memiliki pasar yang masih sangat luas. Apalagi internet bisa menjadi lapak yang bisa Anda gunakan juga untuk pengembangan pemasaran makanana ringan Anda. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kemasan agar makanan ringan yang Anda jual tetap higienis, lebih tahan lama, dan tidak mudah rusak.

Baca juga: 7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia

  1. Makanan Ringan Basah

Walaupun makanan basah lebih cepat basi namun makanan ini juga termasuk kudapan yang cepat habis. Menjadi jenis makanan ringan yang seringkali dibutuhkan tidak hanya untuk camilan keluarga di rumah tapi juga untuk berbagai acara yang diadakan. Mulai dari arisan, pengajian, meeting, rapat, rekruitmen, dll untuk dijadikan konsumsi. Alasannya tentu karena memiliki banyak ragam yang bisa dipilih makanan ringan jenis ini juga bisa lebih mengenyangkan dibandingkan makanan ringan kering.

Karena lebih cepat basi Anda harus memperhatikan lokasi penjualan yang tepat agar mudah dijangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri menerima pesanan untuk acara tertentu agar mereka dengan para konsumen mudah menemukan Anda untuk memesan kue basah yang Anda buat.

Baca juga: Inovasi Kreatif yang Efektif untuk Mendongkrak Bisnis Kuliner

Peluang Bisnis Restoran

Untuk bisnis restoran modal yang dibutuhkan tentu lebih besar karena Anda juga harus menyiapkan tempat yang strategis dan alat promosi lain untuk mempromosikan restoran Anda. Pada umumnya ada 2 jenin peluang bisnis restoran ini:

  1. Spesialis Makanan Tertentu

Jika Anda merasa memiliki kemampuan untuk membuat sebuah masakan tertentu maka bisa menjadikannya sebagai bisnis Anda. Misalnya ketika soto ayam buatan Anda banyak yang memuji, mie ayam, bakso, sate, gulai, dll yang Anda buat disukai banyak orang makan jadikan ini sebuah peluang usaha. Makanan-makanan yang memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Alasannya karena memang sasaran utamanya adalah mereka yang menjadikan makanan tersebut sebagai makanan favorit mereka ketika sedang lapar atau sengaja mencari kuliner.

Saingan Anda memang banyak, tapi ketika Anda bisa menyajika rasa yang autentik dengan modifikasi penampilan atau resep menjadi lebih lezat pasti akan menjadi buruan para pencinta kuliner. Akan selalu saja ada yang menjadi pemenang. Tidak hanya karena rasanya lebih enak bisa juga karena penyajiannya yang lebih menarik atau bahkan tempat yang lebih bersih, dll. Banyak pertimbangan yang membuat orang lebih menyukai makan makanan tertentu di tempat tertentu.

  1. Semua Jenis Makanan

Karena yang dijual adalah semua jenis makanan mulai dari makanan pembuka hingga penutup maka Anda tidak hanya harus memikirkan resep yang paling enak untuk membuat semua makanan yang Anda jual tapi juga soal penyajian. Pun dengan kebersihan, interior, promosi, keramahan pelayanannya, kelengkapan alat pembayaran, dll. Pilihan yang disediakan lebih variatif hingga akan banyak menu dan lebih banyak juga modal yang dikeluarkan.

Tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan chef khusus untuk spesialis dari setiap jenis makanan yang disajikan agar menjadi salah satu yang unggul dibandingkan yang lain. Biasanya setiap restoran memiliki menu andalan yang membuat orang kembali dan kembali lagi ke restoran tersebut. Tidak hanya memesan menu andalan tersebut tapi juga dengan menu lainnya. Itulah sebabnya tidak ada salahnya jika Anda mencoba menjagokan beberapa menu tertentu.

Bisnis yang mana Mak yang kira-kira cocok untuk Anda? Jangan lupa untuk segera action ya agar lahan ide bisnis Anda tidak diambil pesaing lainnya. Baca juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Kuliner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here