Tips Merawat Rambut Rusak dan Rontok

0
12
Merawat Rambut Rusak dan Rontok
Merawat Rambut Rusak dan Rontok

Hingga saat ini masih banyak orang yang kebingungan, bahkan tidak tahu bagaimana caranya merawat rambut rusak dan rontok. Ada yang merasa rambutnya sangat sulit diatur sekalipun telah melakukan perawatan ke salon, ada juga yang menjadi berlebihan dan malah salah ketika merawat rambutnya demi mendapatkan hasil idaman.

Tips Merawat Rambut Rusak dan Rontok

Apalagi kecenderungan yang lebih sering terjadi saat ini adalah keinginan memiliki rambut yang sesuai dengan para trendsetter dunia. Tanpa memperhatikan efek jangka panjang yang bisa terjadi, Padahal, rambut yang indah adalah yang tumbuh berawal dari kealamiannya. Tanpa perlu terlalu dikotak-katik, hanya dirawat agar tetap sehat dan kuat.

Oleh karena itu, agar tidak mudah termakan tren, atau menjadi terlalu sibuk melakukan perawatan yang mahal akibat rambut yang menjadi rusak dan rontok, perlu dikenali dan diketahui cara merawat rambut rusak dan rontok dengan perawatan yang tepat sesuai jenis kerusakan rambut seperti berikut ini:

Rambut Rusak

Rambut rusak bisa dikenali secara selintas dari penampakkannya. Apabila rambut memiliki banyak cabang, terlihat kusam, ataupun sangat kering, bisa dipastika rambut yang anda miliki memang rusak dan memerlukan perawatan intensif agar dapat kembali normal.

Cara yang mudah dan sederhana untuk mengecek apakah rambut tersebut benar rusak atau tidak adalah dengan mengetes kesehatan sehelai rambut. Letakkan rambut tersebut ke dalam segelas air. Apabila rambut mengapung di permukaan, berarti tingkat kelembabannya masih baik dan tergolong rambut sehat. Apabila rambut terus masuk ke bagian bawah gelas, bahkan hingga berada di dasar gelas, bisa dipastikan rambut anda mengalami kerusakan serius dan perlu ditangani secara intensif.

Untuk menanganinya, perlu treatment rutin dan sederhana sejak di rumah. Tidak perlu terus menerus rutin ke salon tapi cenderung mengabaikannya dalam perawatan sehari-hari. Cara paling mudah adalah dengan mengoleskan minyak zaitun ke tiap helai rambut setiap hari, mendiamkannya selama satu jam, baru membilas dan mengeringkan seperti biasa.

Rambut Rontok

Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal. Di antaranya penggunaan sampo yang tidak cocok, salah cara perawatan, pola tidur yang tidak seimbang, hingga yang paling umum yaitu stres. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, lakukan cara berikut ini:

•    Setiap kali keramas, cobalah untuk memijatnya dengan lembut dan tidak perlu terlalu keras atau menekan

•    Hindari menggaruk kulit kepala dengan kuku yang menyebabkan kulit terbongkar lapisannya.

•     Kenali penyebab stres agar rambut tak lagi rontok, dan segera ganti sampo jika menyebabkan rontok.

Dengan memahami cara menanganinya maka tidak akan ada lagi kendala serta kesulitan dalam merawat rambut rusak dan rontok. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here