Begini Cara Menyelesaikan Pertengkaran yang Tepat

0
425
Menyelesaikan Pertengkaran
Menyelesaikan Pertengkaran

Menyelesaikan pertengkaran antara suami istri memang dibutuhkan untuk membina laju rumah tangga kembali normal. Anda tidak perlu memandang pertemgkaran sebagai hal yang negatif yang malah dibesar-besrakan, terutama hal-hal yang terjadi akibat letupan kecil. Karena pertengkaran merupakan hal yang wajar terjadi dalam rumah tangga.

Begini Cara Menyelesaikan Pertengkaran yang Tepat

Setiap pertengkaran yang bisa terselesaikan dengan baik, justru akan menimbulkan rasa lebih memahami pasangan, yang membuat ikatan cinta dalam  rumah tangga semakin kuat dan lebih hangat dari sebelumnya.

Mengenai cara penyelesaiannya, ini yang seringkali dialami secara berbeda oleh setiap pasangan. Ada yang menyelesaikanya dngan baik, namun ada pula yang membiarkannya setengah-setengah, hingga menyisakan ketidaktuntasan yang menyebabkan salah satu atau kedua pasangan merasa tidak puas.

Bahayanya, keadaan ini lebih sering diungkit-ungkit sebagai suatu hal yang terdengar fatal dan memicu terjadinya suatu pertengkaran yang bahkan lebih hebat dibanding ketika pertama kali bertengkar.

Oleh karena itu, untuk mnciptakan hubungan yang sehat setelah prtengkaran, perlu juga mengetahui cara tepat untuk menyelesaikannya, seperti berikut ini:

Tidak Menunda Menyelesaikan Masalah

Menunda menyelesaikan masalah hanya akan memberi jalan agar masalah bertambah besar.  Bukan solusi, malah masalah baru yang ikut muncul. Ada baiknya setiap pasangan rumah tangga yang bertengkar untuk segera menyelesaikan masalahnya dengan cara apa pun tanpa membiarkannya berlarut-larut. Karena keadaan ini seringka;I mengubah keadaan rumah tangga merenggang.

Lihat Sikon

Sekalipun tidak boleh menundanya, bukan berarti setiap permasalahan bisa diselesaikan saat itu juga. Waktu, situasi, dan kondisi yang tepat perlu diperhitungkan agar setiap pasangan memiliki waktu lebih dalam merenungkan kesalahannya. Terutama mengenai permasalahan yang dijadikan alasan bertengkar. Bicarakan masalahnya ketika perasaan hati sudah lebih dingin, agar penanggapan pun lebih rasional dan bijak dalam mengarahkan solusi. Itu adalah salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan pertengkaran.

Selesaikan Masalah Secara Personal

Pasangan menikah tertuntut secara dewasa menyelesaikan masalahnya. Cukup kedua pasangan yang mengetahui titik permasalahannya, selebihnya biar orang lain yang menilai sendiri apa yang terjadi. Sebesar apapun masalahnya, usahakan untuk selalu menyelesaikannya berdua. Karena melibatka orang lain hanya akan memperkeruh suasana, dan justru memojokkan salah satu pihak.

Fokus dan Mendengarkan Ketika Membicarakan Masalah

Kekesalan yang bertumpuk seringkali membuat orang jadi melantur ketika melampiaskan perasaannya. Sehingga hal inti yang dipermasalahkan jadi tersamarkan. Buruknya, keadaan ini bisa membawa permasalahan baru. Apalagi yang tidak pandai mengontrol emosi saat marah, kecenderungan untuk bisa mendengar unek-unek pasangan pun lebih kecil. Oleh karena itu, selalu fokus pada inti permasalahan dan berusaha tidak egois  dengan mendengarkan dapat  menyelesaikan pertengkaran secara tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here