Kiat Semangat Menghadapi Waktu Lembur

1
14
Menghadapi Waktu Lembur
Menghadapi Waktu Lembur

Menghadapi waktu lembur seringkali dijalankan dengan tidak bergairah oleh kebanyakan orang. Alasannya sangat banyak, dan rata-rata memang akan menganggapnya sebagai suatu hal yang menyebalkan. Bagaimana tidak, waktu luang yang seharusnya digunakan untuk bersantai dan istirahat selepas kerja, justru dihabiskan untuk bekerja lebih lama di kantor. Apalagi lembur ini juga berkecenderungan membuat pikiran jadi overload.

Kiat Semangat Menghadapi Waktu Lembur

Bukan itu saja, forsir tenaga pun akan terjadi sehingga terasa lelah dan menjadi lebih entan terhadap penyakit. Jelas jika hal ini sudah terjadi maka deperesi akan lebih mudah menyerang, terutama kondisi mental.

Meskipun demikian, lembur tetap harus dikerjakan karena merupakan sebagian dari tugas. Suka atau tidak, mau ataupun tidak, keadaan ini tetap harus dihadapi. Jika merasa terbebani hal ini tentu akan menjadi lebih berat. Begitu juga jika bisa dibawa santai dengan didukung semangat, pasti bisa terasa lebih ringan. Mengenai cara agar bersemangat menghadapi waktu lembur, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

Mendengar Musik yang Bisa Membangkitkan Semangat

Mendengar musik telah terbukti sejak lama dapat meredam stres yang muncul, bahkan meredakan stres yang mengganggu. Hal ini juga berlaku ketika mengahadapi waktu lembur yang seringkali mudah memancing stres. Lagu yang membuat semangat pada intinya bisa membuat tenang, bukan yang terlalu melankolis, memiliki kenangan buruk, atapun terlalu keras.

Menyiapkan Makanan

Ketika lembur, tubuh akan lebih sering meminta asupan makanan tambahan. Hal ini karena tubuh lebih banyak mengeluarkan energi dan memfokuska konsentrasi menyelesaikan pekerjaan agar tidak mengantuk. Pilih makanan dengan kandungan protein tinggi dan karbohidrat kompleks. Kedua kandungan tersebut dapat menghasilkan asam amino tyrosine yang mampu merangsang munculnya norepinephrine dan dopamine bagi konsentrasi otak dan membiarkan otak lebih rileks.

Ingat Bayaran Lebih Saat Lembur

Percaya atau tidak, hal ini bisa menambah semangat dan membuat siapa pun bertahan ketika harus lembur. Ketika tubuh mulai merasa lelah, segera ingat keuntungannya dan berbagai hal menyenangkan yang bisa dilakukan dengan bayaran lebih tersebut. Bayangkan saja hal-hal yang indah, sehingga semangat tersulut, dan beban lembur pun terasa lebih ringan.

Ingat untuk Beristirahat

Istirahat saat lembur sangat dibutuhkan, paling tidak dengan mnyediakan waktu selama beberapa menit setiap satu jam. Hal ini berguna untuk menghindari bebban stres ketika menghadapi waktu lembur. Minimal dengan melakukan sedikit peregangan atau melakukan hal yang menyenangkan seperti jalan-jalan dan bercanda dengan teman sekantor yang kebetulan juga sedang lembur.

1 COMMENT

  1. seorang wanita yang menjadi tulang punggung keluarga itu luar biasa. walaupun tenaganya tak sekuat laki-laki, tapi dia mampu bekerja keras untuk dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here