6 Cara Jitu Mengatasi Kulkas yang Bau

0
27
Mengatasi Kulkas yang Bau
Mengatasi Kulkas yang Bau

Kulkas yang bau akan mengganggu penciuman da juga mengurangi kualitas makanan. Seringnya karna tidak keburu waktu, bau awal yang muncul pada kulkas malah disepelekan dan tidak menjadi perhatian serius. Padahal, kulkas yang berbau bisa menularkan sejumlah penyakit. Tentu Anda ingin mengatasi kulkas yang bau bukan?

6 Cara Jitu Mengatasi Kulkas yang Bau

Sekalipun Bunda rutin membersihkan kulkas, bukan berarti bau tersebut tidak akan muncul. Karena bau pada kulkas akan muncul dengan sendirinya dari bakteri yang masih berkembang pada bahan makanan tertentu. Terutama jenis makanan yang sudah terbuka dari kemasan, ataupun sayuran yang diletakkan pada tempat yang salah.

Untuk mengatasi kulkas yang bau, berikut ini beberapa cara jitu yang bisa Bunda lakukan agar kulkas tidak lagi bau:

Memisahkan Makanan

Jenis sayuran dan buah-buahan tertentu memiliki senyawa yang membuatnya terus berkembang dan mengalami pematangan, sekalipun telah masuk dalam kulkas. Misalnya saja tomat dan melon. Efeknya jika diletakkan berdekatan dengan jenis makanan lain, akan memicu bahan makanan di sekitarnya menjadi layu ataupun membusuk, dan mengeluarkan bau. Olehkarena itu, ada baiknya Bunda memisahkan jenis makan tersebut agar tidak menimbulkan bau,

Menutup Makanan

Ketika Bunda menyimpan makanan dalam kulkas, biasaka untuk menutupnya. Misalnya saja ketika Bunda menyimpan daging yang telah dibersihkan dalam wadah. Jika tidak ditutup, bakteri pada daging akan berkeliaran dan justru menimbulkan bau pada kulkas.

Menggunakan Penyerap Bau

Penyerap bau yang dijual secara instan di pasaran, bisa jadi alternatif termudah untuk menyerap bau tak sedap pada kulkas. Hanya saja, kadang efeknya kurang ampuh dan masih meninggalkan sisa bau yang bisa tercium.

Menggunakan Biji Kopi

Sebagaimana manfaat kopi yang bisa menghilangkan berbagai macam bau pada tubuh, kopi yang masih berbentuk utuh seperti bijinya memiliki efek khusus secara alami menyerap bau tak sedap pada kulkas.

Menggunakan Oatmeal

Oatmeal seringkali digunakan orang sebagai makanan sehat saat sarapan. Fugsinya sangat banyak, di antaranya mengatasi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Percaya atau tidak, semangkok oatmeal yang belum diseduh lalu diletakkan dalam kulkas, ternyata dapat meminimalisir bau tak sedap dan bahkan menghilangkannya. Hal ini, karena oatmeal memeiliki fungsi lebih yaitu menyerap polutan, dan juga menguraikan bakteri penyebab bau.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda sangat multifungsi dalam mengatasi kulkas yang bau. Jika dicampur air, bahan ini bisa digunakan untuk membersihkan kulkas. Sedangkan jika ditabur dalam kulkas, atau diletakkan dalam wadah terbuka, maka ia akan menyerap bau tak sedap pada kulkas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here