Menata Dapur agar tampak Indah dan Rapih (Part 2)

0
9
http://www.rumahidealis.co/
                                                                                                                                          http://www.rumahidealis.co/

Mak, kita lanjutkan bahasan tentang bagaimana cara untuk mensiasati dan menata dapur kecil di rumah menjadi indah dan tetap nyaman untuk melakukan aktifitas didalamnya. Yuk simak ulasannya berikut

  • Tempat penyimpanan perabot yang tepat.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masalah tempat penyimpanan perabot. Seringkali dapur kecil terasa semakin sesak karena perabot tidak diatur dan ditata sehingga terlihat berantakan dan menghabiskan banyak ruang. Untuk Mak yang punya dapur yang kecil, memilih perabot bentuk lemari yang memiliki banyak rak bisa menjadi solusi karena daya tampung yang cukup banyak namun tidak tetap terlihat rapih. Pada saat tidak digunakan, pintu kabinet bisa didorong kembali. Dengan begitu, selain akan menghemat tempat, bahan dan perabotan yang disimpen juga akan lebih terjaga dari debu dan kotoran.

  • Memodifikasi kabinet.

Apabila sebelumnya anda menggunakan kabinet yang keseluruhannya dari kayu, cobalah menggantinya menjadi berdetail kaca pada bagian pintu kabinet atau menempelkan kaca pada bagian luar pintu. Kaca memberikan efek kesan ruangan terasa lebih luas

  • Mengatur pencahayaan yang masuk secara tepat.

Dengan menempatkan cahaya lampu yang mengarah ke meja dapur, dapat memberikan kesan lebih luas pada semua bagian dapur. Selain itu, untuk pemakaian warna pada setiap bagian dapur, gunakan warna-warna cerah.

  • Menggunakan kabinet tinggi .

Membuat kabinet berukuran tinggi yang dapat mencapai plafon dapur akan dapat menyimpan banyak perabotan dapur anda. Tempatkan peralatan dapur yang sering digunakan di bagian bawah yang mudah terjangkau, sementara peralatan dapur yang jarang digunakan dapat ditempatkan di bagian atasnya.

  • Pemandangan keluar ruangan.

Buatlah jendela dapur yang berukuran besar yang bisa langsung menghadap ke luar rumah, sehingga anda dapat melihat keluar rumah sambil melakukan aktivitas di dapur. Selain akan menciptakan suasana nyaman di dapur, cara ini juga akan memberikan kesan bahwa dapur tampak lebih luas.

  • Efisiensiensi peralatan dapur.

Dapur yang sempit ditambah berantakan, biasanya disebabkan banyaknya peralatan yang tidak terpakai dari menumpuk di dapur apalagi jika peralatan dapur yang sudah tidak digunakan lagi. Perabotan itu bisa anda berikan kepada orang yang membutuhkan atau dijual kembali.  Jika efisiensi peralatan dapur anda bisa dilakukan, dapur anda akan tampak lebih luas.

  • Buatlah ruangan makan.

Terkadang dapur sengaja dipersempit disebabkan adanya meja makan yang ditempatkan di dapur. Oleh sebab itu, buatlah satu ruangan yang terpisah yang dikhususkan untuk ruang makan dan penyimpanan makanan. Selain berfungsi sebagai ruang makan, ruangan tersebut hendaknya dilengkapi juga dengan kabinet untuk menyimpan peralatan dapur yang jarang digunakan sehingga dapur menjadi lebih luas.

  • Bersihkan selalu meja dapur setelah digunakan.

Peralatan dapur yang diletakkan di atas meja dapur akan memberikan kesan dapur menjadi sempit. Karena itu, tempatkan microwave, toaster, dan lain sebagainya dibagian bawah meja atau ditempat yang semestinya.

  • Dinding yang terbuka

Apabila meja makan harus ditempatkan bersebelahan dengan dapur, pertimbangkan untuk menyekatnya dengan dinding yang terbuka ini akan memudahkan anda melakukan aktivitas dari dapur ke ruang makan.

  • Buatlah rak terbuka

Rak terbuka yang menempel di dinding ini dapat digunakan untuk tempat piring dan gelas serta teko yang menjadi koleksi anda. Warna-warna cerah pada piring, gelas, dan teko bisa membuat kesan dapur lebih cantik dan lebih luas. Bila tidak memungkinkan untuk membuat rak baru, anda dapat menyiasatinya dengan melepas pintu kabinet yang ada dan mewarnai bagian dalamnya dengan sentuhan warna cerah, sehingga dapur tampak lebih cantik dan terbuka.

 

Demikian tips agar dapur minimalis yang Mak punya di rumah tetap terlihat bersih, nyaman dan rapi. Jadi jangan berkecil hati karena tidak punya dapur luas ya Mak. Dengan sedikit kreatifitas desain, maka dapur Mak bisa berubah menjadi lebih indah dan aktifitas di dapur pun menjadi lebih menyenangkan. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here